Skip to main
  • Blog
  • FAQ - Seputar Medis Vaksin Gotong Royong COVID

FAQ - Seputar Medis Vaksin Gotong Royong COVID

Siapa saja yang boleh menerima vaksinasi COVID?

Berdasarkan Keputusan Kemenkes RI No. HK 02.02/II/368/2021, terdapat beberapa kondisi diperbolehkan, harus ditunda, dan kondisi tidak boleh melakukan vaksinasi.

Selengkapnya Tentang Klasifikasi Penerima Vaksin

...

Apa saja yang harus saya siapkan sebelum vaksinasi?

Pastikan istirahat cukup dan tidak begadang, hindari minum alkohol sebelum vaksin, dan pastikan tubuh terhidrasi saat menunggu giliran.

Makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi sebelum vaksinasi?

Anda boleh mengonsumsi makanan dan minuman apa saja, kecuali alkohol. Pastikan perut terisi, jangan vaksinasi dalam keadaan perut lapar.

Bolehkah saya mengonsumsi obat pereda nyeri dan melakukan Tes COVID sebelum vaksinasi?

Tidak disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri sebelum vaksinasi. Anda juga tidak perlu melakukan Tes COVID sebelum vaksinasi.

Pakaian apa yang harus saya kenakan saat vaksinasi?

Kenakan pakaian yang memudahkan vaksinator untuk mengakses lengan atas Anda, seperti kemeja lengan pendek, baju luar (outer), atau jaket yang mudah dilepas.

Selengkapnya Tentang Persiapan Hari-H Vaksinasi

...

Adakah efek samping yang akan muncul pasca vaksinasi COVID?

Efek samping pasca vaksinasi COVID dapat beragam, pada umumnya ringan dan bersifat sementara, dan tidak selalu ada, tergantung pada kondisi tubuh penerima.

Bagaimana cara mengatasi KIPI pasca Vaksinasi COVID?

KIPI Terdiri dari reaksi lokal, sistemik dan reaksi lainnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan meredakan efek samping pasca vaksinasi COVID.

Kapan saya harus menghubungi dokter terkait efek samping?

Efek samping dapat mempengaruhi produktivitas dan aktivitas sehari-hari, tetapi efek samping tidak akan berlangsung lama. Tapi, jika mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan, segera konsultasi dengan dokter.

Selengkapnya Tentang Himbauan Pasca Vaksinasi