Skip to main
  • Blog
  • Ini Dia Fasilitas Kesehatan dari Klinik yang Paling Dibutuhkan Saat Pandemi

Ini Dia Fasilitas Kesehatan dari Klinik yang Paling Dibutuhkan Saat Pandemi

Tag: Klinik

Hampir dua tahun berada dalam fase pandemi membuat masyarakat mengalami sejumlah perubahan perilaku. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam rumah membuat kebiasaan belanja online meningkat. Lantas bagaimana efeknya dengan kebiasaan saat berkunjung ke pusat-pusat kesehatan seperti klinik?

Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tentu turut mengalami perubahan. Dan para pengusaha klinik diharapkan bisa meningkatkan layanan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan itu. Apa saja fasilitas-fasilitas kesehatan yang paling dibutuhkan selama pandemi?

Telekonsultasi

Kekhawatiran terhadap kondisi pandemi membuat masyarakat enggan melakukan kunjungan ke klinik, dokter atau ke rumah sakit. Karena itu, mereka mulai mencari cara lain untuk bisa tetap mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus keluar rumah. Caranya adalah dengan layanan telekonsultasi dokter.

Telekonsultasi sendiri merupakan layanan kesehatan yang tersedia secara online. Dengan menggunakan layanan ini, masyarakat bisa tetap melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah dan bertatap muka secara langsung dengan tenaga medis terkait.

Home Service

Ketika layanan telekonsultasi tidak bisa memenuhi kebutuhan, maka langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memeriksakan diri secara langsung dengan dokter. Namun lagi-lagi pandemi kerap menjadi alasan banyak pasien mengurungkan hal tersebut. Di sinilah layanan home service dibutuhkan oleh masyarakat.

Home service sendiri merupakan program yang memungkinkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah. Artinya, dokter atau petugas medis dari institusi kesehatan terdekat yang datang untuk memeriksa pasien, alih-alih pasien sendiri yang datang untuk berobat.

Layanan home service ini tentu harus didukung oleh sejumlah fasilitas dan standar keamanan. Mulai dari proses penjadwalan kunjungan yang mudah, hingga standarisasi tenaga kesehatan yang ditugaskan untuk melakukan kunjungan langsung ke pasien. Selain untuk kebutuhan pengobatan, home service juga dibutuhkan untuk melayani keperluan kesehatan lain yakni vaksinasi anak.

Seperti yang kita ketahui, pandemi yang berlangsung membuat banyak orang tua enggan membawa anaknya ke posyandu atau dokter terdekat. Ini membuat banyak anak mengalami keterlambatan dalam menerima vaksinasi. Layanan vaksin dari rumah adalah solusi paling dicari untuk mengatasi persoalan ini.

Kemudahan Memperoleh Informasi Terkait Klinik Terdekat

Bagi pasien yang membutuhkan rawat inap, klinik adalah tempat yang dicari pertama kali. Masyarakat seharusnya bisa dengan mudah mengakses informasi terkait klinik terdekat serta ketersediaan bed rawat inap di tempat tersebut. Koordinasi dengan pihak klinik juga sebaiknya bisa dilakukan dengan mudah agar pasien tidak sampai terlantar tanpa perawatan yang mumpuni. Kemudahan Mendapatkan Obat-obatan

Selain untuk memeriksakan diri, banyak pasien terutama yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah kesulitan mendapatkan akses obat. Pemerintah Indonesia memang menyediakan paket obat isoman gratis. Hanya saja jangkauannya belum merata di seluruh Indonesia. Adanya layanan pesan antar obat atau belanja obat online tentu sangat penting di masa-masa seperti ini.

Tidak hanya untuk pasien isoman, kemudahan mendapatkan obat-obatan juga dibutuhkan oleh masyarakat yang mengalami sakit. Tidak hanya praktis, layanan pesan antar obat tentu akan meminimalisasi aktivitas yang dilakukan di luar rumah.

Kemudahan Mendapatkan Layanan Tes COVID

Tes COVID saat ini menjadi salah satu layanan kesehatan yang paling dibutuhkan. Sayangnya ketersediaan fasilitas kesehatan yang mendukung layanan ini masih sedikit. Klinik-klinik diharapkan bisa menjadi tempat di mana masyarakat bisa melakukan tes COVID dengan mudah.

Klinik Pintar hadir sebagai bentuk kerja sama dengan PB IDI untuk membantu para pengelola klinik menyediakan beragam solusi kesehatan paling dibutuhkan selama pandemi. Kami sudah menjalin kemitraan dengan lebih dari 100 klinik di seluruh Indonesia dan siap memperluas jaringan kerja sama. Tujuannya tentu saja agar semua klinik di tanah air siap melayani masyarakat yang membutuhkan beragam layanan khusus selama pandemi.

Pelajari selengkapnya info layanan kami di sini.

Mari Bermitra dan Tingkatkan Produktivitas Usaha Klinik Anda