Skip to main
  • Blog
  • Jenis Penyakit dan Kondisi yang Bisa Dikonsultasikan

Jenis Penyakit dan Kondisi yang Bisa Dikonsultasikan

Punya keluhan kesehatan tapi takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan?

Jangan khawatir, meskipun pandemi COVID-19 membatasi aktivitas, Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Klinik Pintar Telemedis menjadi layanan kesehatan alternatif, Anda tidak perlu ke rumah sakit.

Layanan Telemedis, yakni telekonsultasi dokter secara online, pada dasarnya dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan non-darurat.


Daftar Penyakit yang Dapat Dikonsultasikan Melalui Layanan Telemedis

  • Demam 1-2 hari
  • Sakit kepala
  • Batuk ringan dan pilek
  • Mual dan muntah ringan
  • Gangguan THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan)
  • Sesak nafas ringan dan atau gejala asma ringan
  • Gangguan pendengaran
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan kulit, seperti gatal-gatal pada kulit, luka pada kulit, dan lainnya
  • Sakit perut karena haid atau maag
  • Sakit otot dan tulang
  • Penyakit infeksi, seperti infeksi saluran kemih dan lainnya
  • Cedera luar yang ringan
  • Penyakit kronis yang sudah terkontrol seperti diabetes terkontrol dan darah tinggi terkontrol
  • Gangguan kesehatan mental akibat stress karena beban pekerjaan dan sulit tidur
  • Penyakit alergi (alergi makanan, debu dan lainnya)
  • Obesitas atau gangguan gizi lain

...

Tidak Semua Penyakit Dapat Ditangani Telemedis

Beberapa penyakit tidak dapat ditangani lewat telemedis, seperti penyakit-penyakit dengan keadaan yang mengancam nyawa (gawat darurat).

Jika mengalami kondisi yang mengancam nyawa atau gawat darurat, pengguna bisa meminta diagnosa dan pendapat dari dokter lainnya terkait keluhan yang dialami, serta tindak lanjut pengobatan setelah bertemu dokter langsung (tatap muka).

...

Jelaskan dengan Detail Keluhan kepada Dokter

Durasi dibatasi selama 15 menit per satu kali telekonsultasi, maka pastikan Anda menjelaskan keluhan yang dirasakan sejelas mungkin.

Jika mengalami gatal-gatal, jelaskan area mana saja yang mengalami gatal, sudah berapa lama keluhan dirasakan, jika mengetahui penyebabnya, jelaskan kepada dokter.

Pengguna juga bisa menunjukkan bagian yang bermasalah ketika telekonsultasi lewat video call, atau mengirimkan foto dan mengunduhnya ke dalam dokumen pada aplikasi. Dengan begitu, dokter dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah yang Anda alami.

...

Hal yang Didapatkan Setelah Telekonsultasi

Sama halnya dengan konsultasi tatap muka, terdapat beberapa hal yang akan Anda dapatkan setelah melakukan telekonsultasi di layanan Klinik Pintar Telemedis, yakni:

  • Resep obat

    Jika menurut hasil pengamatan dokter setelah telekonsultasi Anda membutuhkan resep obat, dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Anda dapat mengunduh resep tersebut melalui dokumen pada aplikasi setelah proses telekonsultasi selesai. Resep tersebut dapat ditebus di apotek terdekat.

  • Pemeriksaan laboratorium dan/atau radiologi

    Jika menurut hasil pengamatan dokter setelah telekonsultasi Anda butuh pemeriksaan lebih lanjut ke laboratorium atau radiologi, maka dokter akan memberikan form pemeriksaan lab atau radiologi yang bisa diisi dan dapat Anda bawa ke fasilitas kesehatan yang menyediakan pemeriksaan tersebut.

    Anda dapat mengunduh form melalui dokumen pada aplikasi setelah proses telekonsultasi selesai.

  • Surat rujukan dokter umum

    Jika menurut dokter kondisi Anda memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung, dokter dapat menyarankan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat dan bertemu dokter umum secara langsung.

  • Surat rujukan spesialistik

    Jika menurut dokter kondisi Anda memerlukan penanganan lanjutan dari dokter spesialis, dokter dapat menyarankan Anda untuk bertemu dokter spesialis sesuai kondisi kesehatan Anda. Jika menurut dokter kondisi Anda masuk dalam kegawatdaruratan yang butuh penanganan segera, dokter dapat menyarankan pasien untuk mengunjungi Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit terdekat.


Penting:

  • Telekonsultasi tidak ditujukan sebagai pengganti konsultasi tatap muka secara langsung oleh dokter di fasilitas kesehatan atau rumah sakit.
  • Layanan ini hanya sebagai alternatif konsultasi tatap muka.
  • Jika dari kondisi yang dialami dianggap perlu oleh dokter untuk mendapat pemeriksaan secara langsung, maka dokter tetap akan menyarankan Anda untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit terdekat.

Anda dapat melakukan telekonsultasi dengan tim dokter umum Klinik Pintar IDI melalui video call lewat aplikasi mobile (Android / iOS) atau website Klinik Pintar Telemedis.