Skip to main

Pentingnya Pakai EMR untuk Klinik Maupun Praktik Dokter

Sistem informasi saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi perusahaan atau instansi-instansi untuk mengelola data sehingga dapat memberikan informasi secara cepat dan akurat. Klinik maupun Praktik Dokter sebagai instansi kesehatan dalam skala kecil pun membutuhkan sistem informasi untuk mengelola data kesehatan pasien, termasuk didalamnya sistem pengelolaan rekam medis elektronik.

Penggunaan Electronic Medical Record (EMR) atau rekam medis elektronik (RME) semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini berkaitan dengan upaya industri kesehatan untuk menyediakan kualitas pelayanan medis yang lebih baik sekaligus peningkatan profitabilitas bisnis klinik dan fasilitas kesehatan lainnya. Ditambah lagi dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis, Fasyankes diwajibkan untuk menerapkan rekam medis elektronik (RME)

Manfaat Pakai Rekam Medis Elektronik

Rekam medis sendiri sudah mengalami begitu banyak transformasi sejak pertama kali digunakan Tujuan utama diperlukannya rekam medis agar bisa mencatat apa instruksi dokter untuk kondisi seorang pasien.

Melihat begitu banyak informasi yang perlu dicatat, maka diperlukan struktur yang baku dan jelas atas pencatatan informasi kesehatan tersebut.

Dengan pencatatan yang lebih rapi, maka mulai diusulkan agar format catatan rekam medis berbentuk digital. Lalu, digitalisasi informasi kesehatan ini pun menuntut agar informasi bisa diakses oleh sekian banyak pihak yang berkepentingan.

Rekam medis elektronik merupakan sumber daya yang semakin sering digunakan di berbagai rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lain. Kemudahan yang diberikan dalam pengumpulan informasi pasien dalam format digital membuatnya lebih dipilih ketimbang metode konvensional.

Seperti perpindahan dari sebuah sistem konvensional ke elektronik yang baru lainnya, rekam medis elektronik dirancang untuk membuat penyimpanan, pengorganisasian, dan pengeditan catatan kesehatan menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang didapatkan dengan sistem ini :

1. Mudah Atur Rekam Medis Pasien

Penggunaan rekam medis elektronik jauh lebih mudah dibaca dan diorganisir. Terlebih lagi, karena rekam medis jenis ini berada dalam satu format standar, maka jauh lebih mudah untuk menelusuri informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat.

2. Lebih Mudah Diakses

Setiap pasien memiliki hak untuk mengakses rekam medis mereka. Oleh karena itu, rekam medis elektronik memungkinkan mereka mengakses melalui sistem tertentu. Sistem rekam kesehatan elektronik seringkali menyediakan portal online bagi pasien untuk mengakses riwayat dan informasi medis mereka di mana pun dan kapan pun mereka mau.

3. Lebih Aman

Rekam medis konvensional lebih mudah hilang, rusak. Kelemahan tersebut dapat diatasi oleh sistem rekam medis elektronik yang menawarkan keamanan, karena disimpan di dalam database yang membutuhkan detail login untuk dapat diakses.

4. Lebih Praktis dan Cepat

Karena jauh lebih terorganisasi lebih baik, maka proses mengakses riwayat pasien melalui rekam medis elektronik juga akan lebih cepat. Ini akan memudahkan proses pelayanan pasien. Selain itu, sistem ini juga mengeliminasi kemungkinan kesalahan perintah akibat tulisan tangan yang sulit dibaca.


Baca Juga:

Sumber:

  • Health Buzz. 2022. EMR vs EHR – What is the Difference?
  • Quatris Healtcho. 2022 What is an EMR (Electronic Medical Record)?

Butuh aplikasi klinik yang mudah dipakai dan sesuai standar?

Aplikasi
Aplikasi klinik berbasis web siap RME terbaik di Indonesia
  • Terhubung ke IHS SATUSEHAT
  • Terhubung ke PCare BPJS & Mobile JKN
  • Direkomendasikan oleh IDI
Info Lengkap