Skip to main
  • Blog
  • Tanya Jawab Seputar Layanan Klinik Pintar Telemedis

Tanya Jawab Seputar Layanan Klinik Pintar Telemedis

Mengalami kendala teknis saat konsultasi?

Jika Anda mengalami kendala teknis dalam penggunaan Klinik Pintar Telemedis, mohon isi formulir pengaduan: https://forms.gle/fEPu5WKBshMLNXeE9

...

Apa itu aplikasi “Klinik Pintar Telemedis”?

Aplikasi Klinik Pintar Telemedis adalah aplikasi yang disediakan oleh Klinik Pintar IDI untuk membantu pasien mendapatkan layanan telekonsultasi (konsultasi online) melalui video call bersama dokter di klinik untuk konsultasi pasca pemeriksaan di klinik ataupun konsultasi diagnosa awal sebelum datang ke klinik. Anda dapat melakukan telekonsultasi dengan tim dokter umum Klinik Pintar IDI melalui video call lewat aplikasi mobile (Android / iOS) atau website Klinik Pintar Telemedis.

...

Apa saja fitur aplikasi Klinik Pintar Telemedis?

  • Sistem penjadwalan online konsultasi pasien dengan dokter

    • Konsultasi sekarang

      Permohonan konsultasi Anda akan direview dan diterima oleh dokter yang tersedia saat itu.

    • Konsultasi terjadwal

      Anda dapat memilih dokter yang ingin Anda temui beserta jadwal yang telah disesuaikan.

  • Layanan konsultasi melalui video call dengan dokter

  • Pencatatan riwayat konsultasi

  • Akses rekam medis di aplikasi

  • Standar keamanan HIPAA di seluruh fitur

...

Apa saja manfaat telekonsultasi di aplikasi Klinik Pintar Telemedis?

  • Hemat waktu dan biaya untuk mendapatkan pelayanan medis
  • Mendapatkan pelayanan medis sesuai waktu yang diinginkan
  • Mengurangi resiko penularan penyakit saat melakukan kunjungan konsultasi fisik di klinik dan rumah sakit
  • Akses telekonsultasi kepada dokter yang bisa dihubungi selama jam kerja
  • Akses rujukan kepada layanan klinik, laboratorium, dan fasilitas kesehatan lainnya
  • Mempermudah dokter memonitor proses kesembuhan karyawan, termasuk isolasi mandiri akibat COVID

...

Di mana telekonsultasi dapat dilakukan?

Konsultasi online dapat dilakukan di mana saja, seperti di kantor, di rumah, atau di manapun selama pasien nyaman untuk konsultasi dan tersedia alat kesehatan pendukung seperti alat cek tekanan darah, saturasi oksigen, termometer, dan alat kesehatan lain.

...

Adakah jam operasional Layanan Klinik Pintar Telemedis?

Jam operasional Telemedis: Senin - Jumat (di luar hari libur nasional), pukul 08.30 - 15.30 WIB.

...

Apa yang harus saya persiapkan sebelum melakukan telekonsultasi?

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil
  • Pastikan Anda berada di ruangan yang tenang dan tidak ada suara bising yang dapat mengganggu percakapan
  • Pastikan Anda berada pada ruangan yang nyaman dengan pencahayaan yang baik untuk membantu Anda jika perlu menunjukkan area keluhan
  • Kenakan pakaian yang memudahkan Anda menunjukkan keluhan pada bagian luar tubuh.

...

Berapa lama durasi telekonsultasi?

Karyawan bisa berkonsultasi selama maksimal 15 menit/konsultasi. Fitur ‘Video Call’ yang digunakan saat proses telekonsultasi akan otomatis tertutup jika waktu telekonsultasi mencapai limit waktunya.

...

Apakah saya harus membuat janji terlebih dulu jika ingin konsultasi?

  • Ya, Anda dianjurkan membuat janji konsultasi via aplikasi paling lambat 1 hari sebelum konsultasi.
  • Namun, jika Anda ingin melakukan telekonsultasi secepatnya, aplikasi Klinik Pintar Telemedis memiliki fitur Temui Dokter Sekarang yang bisa digunakan hanya untuk keadaan darurat (15 menit sebelum konsultasi), Anda dapat mendaftar selama jadwal dokter masih tersedia.

...

Berapa biaya untuk sekali konsultasi?

Layanan ini GRATIS. Karyawan sama sekali tidak perlu membayar untuk menggunakan layanan telemedis ini. Perusahaan yang sudah bekerja sama akan menanggung biaya konsultasi.

...

Siapa yang bisa mendapatkan layanan Telemedis?

Siapapun yang didaftarkan oleh Perusahaan yang telah bekerja sama. Setiap peserta yang didaftarkan perusahaan, karyawan ataupun keluarga karyawan, memiliki akun untuk menggunakan layanan Telemedis ini secara GRATIS. Akun tersebut tidak dapat digunakan oleh orang lain (satu akun untuk satu orang).

...

Apa saja cakupan layanan Telemedis?

  • Anda dapat berkonsultasi perihal keluhan kepada dokter. Dokter akan membantu pasien mendapatkan informasi mengenai dugaan diagnosis dan prosedur penanganan medis sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

  • Dokter akan menjawab pertanyaan pasien terkait kontrol penyakit yang sedang dijalani pasien atau yang pernah dijalani oleh pasien.

  • Dokter dapat memberikan saran kepada pasien saat telekonsultasi tentang spesialisasi kedokteran yang cocok dengan masalah kesehatan yang dialami pasien

  • Pasien bisa mengirimkan foto atau memanfaatkan fitur video call ‘Klinik Pintar Telemedis’ agar dokter dapat melihat kondisi keluhan yang dialami pasien.

    • Jika menurut dokter kondisi pasien memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung, dokter dapat menyarankan pasien untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat
    • Jika menurut dokter kondisi pasien masuk dalam kegawatdaruratan yang butuh penanganan segera, dokter dapat menyarankan pasien untuk mengunjungi Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit terdekat
  • Pasien dapat mengkonsultasikan hasil pemeriksaan laboratorium, Elektrokardiografi (EKG) dengan mengirimkan foto hasil pemeriksaan dengan mengirimkan file tersebut melalui fitur upload dokumen pada platform.

  • Dokter dapat memberikan resep obat, surat rujukan dokter umum/spesialistik atau tindakan lebih lanjut ke laboratorium dan/atau fasilitas pelayanan kesehatan sesuai hasil pengamatan dokter terhadap pasien.

...

Apa yang dimaksud dengan Informasi Medis Elektronik (Electronic Medical Information)?

Informasi Medis Elektronik (IME) adalah informasi kesehatan yang disimpan dalam bentuk digital untuk kemudahan penyampaian informasi kepada dokter yang bersangkutan, agar dokter dapat memahami kondisi pasien secara aman, cepat dan nyaman. Informasi yang dimaksudkan disini antara lain adalah tanda-tanda vital, perawatan yang sedang dijalankan, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, alergi, riwayat sosial, dan riwayat kesehatan keluarga.

...

Apa saja batasan layanan Telemedis?

Berbeda dengan konsultasi temu langsung, layanan Telemedis memiliki beberapa batasan dalam pelaksanaannya. Telemedis hanya dapat digunakan sebagai pendukung atau pendamping pengobatan atau perawatan secara klinis. Batasan layanan Telemedis:

  • Dokter tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik secara langsung melainkan hanya melihat dari foto atau melalui fitur video call, sehingga hanya terbatas pada penegakkan diagnosis sementara.
  • Layanan Telemedis tidak dapat memberikan penanganan kegawatdaruratan.
  • Dokter tidak dapat mengeluarkan Surat Keterangan Sehat.
  • Kendala selama telekonsultasi yang disebabkan oleh gangguan sinyal dokter atau pasien, serta sistem aplikasi layanan yang error bisa saja terjadi.

...

Apakah data medis saya tersimpan dengan aman?

Media penyimpanan kami telah memenuhi standar lokal dan internasional, yaitu Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA). Seluruh dokumen Anda mulai dari riwayat kesehatan hingga hasil lab dan radiologi, tersimpan dengan aman di pusat penyimpanan data kami yang telah terenkripsi.

...

Apakah aplikasi Klinik Pintar Telemedis bisa digunakan di semua perangkat?

Aplikasi Klinik Pintar Telemedis bisa digunakan di perangkat apa saja, selama dilengkapi dengan kamera dan koneksi internet yang memadai. Dari segi software, aplikasi Klinik Pintar Telemedis bisa digunakan pada:

  1. Android Lollipop 5.0 – 5.1.1, serta seluruh versi diatasnya
  2. iPhone iOS 12.0, serta seluruh versi diatasnya (dapat digunakan di iPhone, iPad dan iPod touch)

...

Bagaimana jika saya tidak dapat membuka website Klinik Pintar Telemedis?

Berikut adalah langkah yang dapat Anda ambil jika tidak bisa mengakses website Klinik Pintar Telemedis

  1. Pastikan Anda mengakses website Klinik Pintar Telemedis menggunakan Google Chrome, apabila memungkinkan.

  2. Pastikan bandwidth / sinyal internet anda berkisar antara 5-10 mbps atau sinyal internet kuat dan stabil. Pengecekan bandwidth dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi speed test yang tersedia di internet.

  3. Hapus cache (data yang disimpan sementara di memori browser Anda) dan refresh halaman Klinik Pintar Telemedis dengan menekan F5. Untuk menghapus cache, berikut adalah langkah yang dapat dilakukan:

    a. Buka aplikasi Google Chrome pada komputer Anda b. Pada pojok kanan atas, klik customize and control Google Chrome – pada umumnya merupakan merupakan gambaran simbol dengan 3 titik vertikal c. Pilih setting d. Pilih clear browsing data e. Anda dapat memilih rentang waktu atau pilih all time f. Pada halaman berikutnya, pilih clear data g. Apabila sudah, Kembali ke website Klinik Pintar Telemedis dan lakukan refresh (F5)

Jika Anda tetap tidak bisa membuka website Klinik Pintar Telemedis, mohon isi formulir pengaduan: https://forms.gle/fEPu5WKBshMLNXeE9

...

Bagaimana cara saya login?

  1. Apabila Anda menggunakan komputer atau laptop, silahkan klik disini. Apabila Anda menggunakan telepon seluler, silakan buka aplikasi Klinik Pintar Telemedis. Untuk pengguna iPhone, situs untuk mengunduh aplikasi dapat Anda temukan disini. Untuk pengguna Android, situs untuk mengunduh aplikasi dapat Anda temukan disini)
  2. Masukan username (nama pengguna) dan password (kata sandi) Anda.

...

Bagaimana cara saya menjadwalkan konsultasi?

  1. Login ke dalam akun pasien Anda
  2. Masuk ke laman konsultasi dan pilih ‘Permintaan Konsultasi’.
  3. Pilih jenis layanan yang Anda perlukan (contoh: Dokter Kapan Saja, Dokter keluarga / Dokter Umum)
  4. Isi data tanda-tanda vital pasien, keluhan, dan unggah lampiran apabila ada.
  5. Pilih apakah Anda ingin melakukan konsultasi dengan dokter kapan saja, atau dokter terjadwal.
  6. Apabila Anda memilih layanan dokter kapan saja, permintaan konsultasi Anda akan ditinjau dan diterima oleh dokter terdekat.
  7. Apabila Anda memilih layanan dokter terjadwal, Anda dapat memilih dokter yang ingin Anda temui, ataupun jadwal yang sesuai dengan keinginan Anda

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi panduan berikut

Harap diingat bahwa layanan telemedis tidak dirancang untuk kondisi medis yang bersifat darurat. Apabila ada keraguan, harap segera kunjungi dokter atau rumah sakit.

...

Bagaimana cara mengetahui jika konsultasi saya sudah diterima oleh dokter?

Kami akan memberikan notifikasi/ pemberitahuan via aplikasi Klinik Pintar Telemedis apabila konsultasi Anda telah diterima. Ketika Anda menerima notifikasi ini, maka dokter Akan segera memulai konsultasi. Kami sarankan Anda untuk masuk ke dalam aplikasi dan bersiap menerima permintaan video call dari dokter.

...

Bagaimana cara membatalkan atau menjadwalkan ulang konsultasi yang sudah dijadwalkan?

Untuk pembatalan dan penjadwalan ulang konsultasi mohon kirim pesan ke CS Klinik Pintar Telemedis di +62 811 841 335 (Chat Only).

Mohon diperhatikan untuk pembatalan hanya dapat dilakukan selambat-lambatnya 23 jam sebelum jadwal konsultasi dimulai. Apabila pembatalan dilakukan setelah batas waktu tersebut, biaya akan tetap dikenakan secara penuh.

...

Saya melewatkan Janji Temu saya dengan dokter. Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat membuat konsultasi baru, atau jika Anda membutuhkan bantuan silakan kirim pesan ke CS Klinik Pintar Telemedis di +62 811 841 335 (Chat Only).

...

Apa yang akan terjadi jika saya terlambat datang ke konsultasi yang sudah dijadwalkan?

Kami akan mengirimkan notifikasi via SMS sebanyak 3 kali – saat baru membuat janji, 12 jam dan 15 menit sebelum konsultasi. Jika Anda terlambat datang ke konsultasi selama lebih dari 10 menit, sudah menjadi kewenangan para dokter untuk membatalkan konsultasi tersebut. Apabila konsultasi dibatalkan dari pihak dokter dikarenakan keterlambatan atau ketidakhadiran pasien, pasien tetap akan dikenakan biaya penuh untuk konsultasi

Untuk mengurangi kemungkinan Anda terlambat mengakses dan mengikuti konsultasi, Kami sarankan Anda sudah online dan siap menerima panggilan konsultasi dari dokter Anda, setidaknya 10 menit sebelum konsultasi dimulai.

...

Dokter tidak datang untuk konsultasi terjadwal, berapa lama saya harus menunggu?

Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Tidak hadirnya dokter dapat disebabkan oleh keadaan darurat. Kami berkomitmen untuk meminimalisir terjadinya hal seperti ini kepada Anda.

Dalam situasi seperti ini, Anda dipersilakan untuk meninggalkan konsultasi setelah menunggu selama 10 menit. Kami akan menghubungi Anda dan mengkonfirmasi terkait langkah selanjutnya yang Anda inginkan (penjadwalan ulang, pengalihan konsultasi ke dokter lain). Kami juga akan menghubungi dokter untuk mengkonfirmasi jadwal baru yang memungkinkan.

...

Apa yang bisa dilakukan apabila dokter mengubah jadwal pada menit terakhir?

Kami akan segera menghubungi Anda ketika menerima informasi pembatalan atau penjadwalan ulang dari pihak dokter. Menyesuaikan dengan pilihan Anda, kami akan melakukan penjadwalan ulang ataupun pengalihan konsultasi ke dokter lain.

...

Apa arti dari berbagai macam status konsultasi?

  1. Terjadwal

    Konsultasi telah didaftarkan, namun belum ada dokter yang menerimanya.

  2. Diterima

    Konsultasi telah diterima oleh dokter, dan akan segera dimulai.

  3. Aktif

    Konsultasi sedang berjalan dan belum diselesaikan oleh dokter. Konsultasi juga akan berstatus aktif apabila pasien tidak menerima permohonan video call.

  4. Ditutup

    Konsultasi telah dilengkapi dan diselesaikan oleh dokter.

  5. Dialihkan

    Konsultasi dialihkan karena (1) pasien menolak perlunya dilakukan konsultasi; (2) pasien memerlukan penanganan yang berbeda seperti spesialis, UGD, dsb. Konsultasi yang dialihkan secara otomatis akan Kembali ke antrian, dan merupakan kewajiban tim Klinik Pintar Telemedis untuk mencari dokter pengganti.

  6. Dibatalkan:

    Konsultasi telah dibatalkan oleh tim Klinik Pintar Telemedis dikarenakan (1) permintaan dari pasien; (2) dokter salah menerima konsultasi; (3) konsultasi yang terduplikasi

Hubungi Bantuan Klinik Pintar via WhatsApp