Your browser does not support JavaScript!

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi berikut merupakan suatu perjanjian yang mengikat ("Perjanjian") antara pengguna Layanan Medigo ("Pengguna") dengan pemilik, pengembang dan pengelola Layanan Medigo yaitu PT Medigo Kesehatan Indonesia ("Medigo"). Perjanjian ini mengatur hubungan data pribadi antara Pengguna dan Medigo dalam hal penggunaan website, aplikasi seluler, aplikasi web dan semua layanan teknologi lain atau Layanan-layanan lainnya yang dikeluarkan oleh Medigo ("Layanan"). Medigo menetapkan Ketentuan Privasi ini untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai jenis informasi yang Medigo kumpulkan, mengapa Medigo mengumpulkan informasi pengguna, untuk apa Medigo menggunakan informasi pengguna, bagaimana pengguna dapat mengelola informasi pengguna, dan dalam keadaan apa, jika ada, informasi itu diungkapkan. Dengan menggunakan Layanan Medigo, pengguna menerima praktik yang dijelaskan dalam ketentuan privasi ini.

Pengguna dan Medigo secara bersama-sama disebut sebagai "Para Pihak". Para pihak sepakat mengenai hal sebagaimana tercantum berikut:

Pendahuluan

  • Pengguna diwajibkan membaca dan memahami semua ketentuan yang tertera di dalam Perjanjian ini sebelum menggunakan Layanan Medigo. Dengan menggunakan Layanan Medigo, Pengguna dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh ketentuan dalam Perjanjian ini.
  • Perjanjian ini berlaku untuk seluruh Layanan Medigo dalam hal penggunaan website, aplikasi seluler, aplikasi web dan semua layanan teknologi lain yang dapat diubah atau terdapat perbaruan dari waktu ke waktu.
  • Pengumpulan data pribadi yang Medigo kumpulkan, bertujuan untuk memastikan kebenaran Pengguna dalam memberikan data pribadi kepada Medigo agar Pengguna dapat menikmati Layanan yang ditawarkan dengan maksimal.
  • Medigo mungkin mengumpulkan data-data Pengguna pada saat Pengguna mendaftar untuk Layanan dan Pengguna dihimbau untuk memberikan data pribadi yang sebenar-benarnya. Pengguna mungkin diminta untuk memberikan informasi tertentu tentang diri Pengguna seperti alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin dan negara.
  • Medigo mungkin mengumpulkan data-data Pengguna saat Pengguna menggunakan Layanan seperti Layanan yang Pengguna telah daftarkan atau gunakan.
  • Medigo mungkin dapat memberikan data-data Pengguna kepada mitra yang bekerja sama dengan Medigo sehubungan dengan fungsi Layanan tertentu dalam bentuk lain yang disediakan oleh mitra Medigo.
  • Medigo mungkin dapat menerima data-data Pengguna dari mitra yang bekerja sama dengan Medigo sehubungan dengan penggunaan fungsi dan/atau produk dan/atau layanan dalam bentuk lain yang telah dinikmati oleh Pengguna dari mitra Medigo.
  • Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk, sewaktu-waktu mengubah atau menghapus ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini yang mana akan diinformasikan oleh Medigo kepada Pengguna dari waktu ke waktu. Dalam hal terjadi perubahan atau penghapusan ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian, Pengguna akan memberikan persetujuannya terhadap Perjanjian versi terbaru saat Pengguna menggunakan Layanan Medigo setelah perubahan atau penghapusan tersebut terjadi.
  • Pemberian data oleh Pengguna atau pengumpulan data oleh Medigo akan dikelola, disimpan atau digunakan oleh Medigo sesuai dengan tujuan dari Pengguna dalam menikmati Layanan. Medigo dengan ini menjamin bahwa data-data yang diberikan oleh Pengguna akan dikelola dengan baik meskipun tidak ada suatu sistem yang sepenuhnya aman.

Ketentuan Privasi

  • Pengguna dapat memberikan informasi mengenai nama, alamat, alamat surat elektronik, nomor telepon, informasi kartu kredit dan finansial. Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk menyimpan serta menampilkannya dalam akun Pengguna serta dalam data Medigo. Kerahasiaan data Pengguna terjamin dan akan digunakan hanya untuk keperluan interaksi dengan dokter yang dilakukan melalui Layanan Medigo. Pengguna mungkin dihimbau untuk memberikan jenis-jenis informasi/data yang akan dikumpulkan oleh Medigo atau mitra klinik yang bekerja sama dengan Medigo meliputi Data Pribadi, Data Operasional dan Data Medis (sebagaimana dijabarkan pada poin 3 Ketentuan Privasi). Pengelolaan data Pengguna dapat dilakukan oleh Medigo atau mitra klinik, dimana Medigo akan mengelola Data Pribadi dan Data Operasional sedangkan mitra klinik akan mengelola Data Pribadi dan Data Medis.
  • Dengan menggunakan Layanan, maka Pengguna menjamin seluruh data dan informasi yang Pengguna berikan dengan akurat dan sebenar-benarnya. Apabila ditemukan ketidakakuratan dan ketidakbenaran atas data pribadi yang diberikan oleh Pengguna, maka hal tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari Pengguna dan Medigo dengan ini dibebaskan oleh Pengguna dari setiap ganti kerugian atau tuntutan yang timbul dari pihak manapun sehubungan dengan ketidakakuratan dan ketidakbenaran data pribadi yang diterima oleh Medigo.
  • Data-data yang akan Medigo kumpulkan pada saat Pengguna mendaftar untuk Layanan adalah sebagai berikut:
    • Data Pribadi

      Data pribadi yang Pengguna berikan atau kami kumpulkan meliputi nama, jenis kelamin, foto, asuransi atau informasi-informasi lain yang mungkin dibutuhkan sebagaimana akan dimintakan dari waktu ke waktu. Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk merekam atau menyimpan segala bentuk interaksi atau komunikasi antara Pengguna dengan Dokter secara otomatis. Pengguna dapat memberikan atau mengunggah deskripsi pribadi, foto, dan/atau termasuk diantaranya informasi tentang kesehatan Pengguna, rekam medis, performa fisik dan mental, informasi penyakit dan disabilitas, ras, jenis kelamin, usia dan informasi sensitif lainnya. Segala data yang disimpan oleh Medigo yang berasal dari interaksi ataupun komunikasi antara Dokter dengan Pengguna akan digunakan oleh Medigo semata-mata untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan medis Medigo. Medigo menjamin kerahasiaan data Pengguna dan semua data tidak akan disebarluaskan dengan sengaja oleh Medigo.

    • Data operasional

      Data operasional yang Pengguna berikan atau kami kumpulkan meliputi data transaksi yang terjadi dalam Layanan termasuk data pada saat Pengguna akan melakukan registrasi, log in, reservasi, pembayaran, hingga pemberian ulasan termasuk tetapi tidak terbatas kepada setiap dan/atau seluruh interaksi Pengguna dalam menggunakan Layanan. Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk merekam atau menyimpan segala bentuk interaksi atau komunikasi antara Pengguna dengan platform secara otomatis. Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk merekam atau menyimpan segala bentuk interaksi atau komunikasi antara Pengguna dengan Dokter secara otomatis. Pengguna dapat memberikan atau mengunggah deskripsi pribadi, foto, dan/atau termasuk diantaranya informasi tentang kesehatan Pengguna, rekam medis, performa fisik dan mental, informasi penyakit dan disabilitas, ras, jenis kelamin, usia dan informasi sensitif lainnya. Segala data yang disimpan oleh Medigo yang berasal dari interaksi ataupun komunikasi antara Dokter dengan Pengguna akan digunakan oleh Medigo semata-mata untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan medis Medigo. Medigo menjamin kerahasiaan data Pengguna dan semua data tidak akan disebarluaskan dengan sengaja oleh Medigo.

    • Data medis

      Data medis yang Pengguna berikan atau kami kumpulkan meliputi tinggi, berat badan, atau informasi riwayat penyakit termasuk hasil sebelum diagnosa, hasil konsultasi berupa rekaman medis atau hasil laboratorium. Pengguna memberikan hak kepada Medigo untuk merekam atau menyimpan segala bentuk interaksi atau komunikasi antara Pengguna dengan Dokter secara otomatis. Pengguna dapat memberikan atau mengunggah deskripsi pribadi, foto, dan/atau termasuk diantaranya informasi tentang kesehatan Pengguna, rekam medis, performa fisik dan mental, informasi penyakit dan disabilitas, ras, jenis kelamin, usia dan informasi sensitif lainnya. Segala data yang disimpan oleh Medigo yang berasal dari interaksi ataupun komunikasi antara Dokter dengan Pengguna akan digunakan oleh Medigo semata-mata untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan medis Medigo. Medigo menjamin kerahasiaan data Pengguna dan semua data tidak akan disebarluaskan dengan sengaja oleh Medigo.

  • Informasi yang secara otomatis diambil oleh Medigo adalah sebagai berikut:
    • Informasi teknis, termasuk di dalamnya alamat internet protocol (IP address) yang digunakan oleh ponsel ataupun peralatan lainnya untuk mengakses Layanan Medigo, informasi login, jenis dan versi dari sistem operasi (operating system), zona waktu, lokasi; dan
    • Informasi kunjungan Pengguna, termasuk di dalamnya Layanan dan jasa yang dilihat atau digunakan, waktu respon, informasi interaksi dan nomor telepon yang digunakan oleh Pengguna.
  • Medigo menggunakan informasi yang diberikan oleh Pengguna untuk:
    • Meningkatkan Layanan secara terus menerus
    • Memberikan informasi kepada pihak lain yang terkait seperti rekanan dokter dan/atau penyedia jasa kesehatan lainnya dalam rangka penyediaan Layanan dan layanan kepada Pengguna;
    • Proses pembayaran Pengguna untuk Layanan
    • Meninjau dan meningkatkan kualitas Layanan Medigo, termasuk di dalamnya pemantauan kepatuhan pada standar layanan klinis;
    • Membuat pengungkapan yang diperlukan atau berhubungan dengan permintaan beralasan dari badan pembuat regulasi termasuk di dalamnya Konsil Kedokteran Indonesia atau badan lain yang diperlukan untuk keperluan hukum dan/atau regulasi;
    • Sesuai dengan permintaan dan/atau persetujuan Pengguna untuk keperluan asuransi yang berkaitan dengan Layanan atau layanan yang diberikan;
    • Sesuai dengan permintaan Pengguna untuk memberikan informasi tersebut kepada fasilitas pelayanan kesehatan lain yang terkait dengan Pengguna, termasuk di dalamnya apabila Pengguna harus dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan tersebut;
    • Membantu dalam pendeteksian penipuan.
  • Medigo menggunakan informasi yang diberikan oleh Pengguna juga untuk:
    • Mengelola Layanan Medigo untuk operasional internal, termasuk di dalamnya untuk tujuan penyelesaian masalah, analisa data, keperluan statistik dan survei;
    • Mengembangkan Layanan Medigo untuk memastikan bahwa konten ditampilkan dengan cara yang paling efektif bagi Pengguna;
    • Mengizinkan Pengguna untuk berpartisipasi dalam fitur-fitur interaktif dari layanan Medigo, sesuai dengan keinginan Pengguna;
    • Tujuan lain seperti penelitian di mana nama Pengguna untuk data tersebut akan disamarkan atau ditiadakan (anonim);
    • Sebagai bagian dari usaha untuk tetap membuat Layanan Medigo aman dan terjamin kualitasnya;
    • Membuat saran dan rekomendasi kepada Pengguna tentang layanan yang mungkin menarik bagi Pengguna.
    • Memberikan kepada aplikasi atau layanan dari pihak ketiga atau mitra Medigo.
  • Medigo berhak untuk membatasi atau menghentikan penggunaan Layanan Medigo jika Medigo memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Pengguna telah melanggar ketentuan dalam Perjanjian ini, Syarat dan Ketentuan Medigo, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Jika sebagian atau seluruh aset Medigo diakuisisi oleh pihak ketiga, data yang dimiliki oleh Medigo menjadi salah satu bagian dari aset yang akan diserahkan.
  • Medigo dapat membuka informasi pribadi jika Medigo berada dalam kewajiban untuk membuka informasi pribadi Pengguna untuk kepatuhan dan kebutuhan hukum, untuk melaksanakan kesepakatan lain, atau untuk melindungi hak dan keamanan Medigo dan Pengguna.
  • Medigo menggunakan penyedia layanan pihak ketiga untuk menyediakan layanan yang melibatkan pemrosesan data, untuk pemeriksaan referensi, saran profesional (termasuk hukum, akuntansi, konsultasi keuangan dan bisnis), teknologi, situs web, penelitian, pemrosesan data, asuransi, forensik, pemasaran, dan layanan keamanan. Medigo memberikan informasi kepada perusahaan-perusahaan tersebut hal-hal yang mereka butuhkan untuk melakukan layanan mereka. Perusahaan-perusahaan ini akan dihimbau oleh Medigo untuk tidak menyalahgunakan data-data yang Medigo berikan selain dengan layanan yang berkaitan dengan medigo.id, dan medigo akan memastikan kerahasiaan data data pengguna sehingga tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak semestinya.

Pemberitahuan

  • Segala bentuk pemberitahuan, permintaan informasi atau komunikasi kepada atau tentang Medigo akan dianggap diterima oleh Medigo jika telah dibuat secara tertulis dan dikirimkan ke alamat Medigo melalui kurir atau surat tercatat di:

    PT Medigo Teknologi Kesehatan

    Graha Chantia Lantai Dasar

    Jalan Bangka Raya No. 6, Pela Mampang

    Jakarta Selatan 12720

    Telepon: +6221 2271 8803

  • Segala bentuk pemberitahuan, permintaan informasi atau komunikasi kepada atau tentang Pengguna akan dianggap telah diterima oleh Pengguna jika: Medigo mengirimkan e-mail atau surat elektronik atau surat tertulis kepada Pengguna melalui alamat yang dicantumkan oleh Pengguna dalam akun Pengguna di Layanan Medigo; atau Jika dianggap diperlukan oleh Medigo, Medigo memasang pengumuman baik yang bisa diakses secara umum ataupun terbatas di Layanan Medigo.

Hukum yang berlaku & upaya pengamanan

Kebijakan Privasi ini ditafsirkan, tunduk, dan dilaksanakan sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia. Para Pihak wajib menaati seluruh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama yang berkaitan dengan penggunaan Layanan. Medigo berkomitmen untuk menjaga dan melindungi keamanan dan kerahasiaan informasi pribadi Pengguna. Medigo menghimbau kepada Pengguna untuk:
  • Tidak memberitahukan id atau Kredensial dari Pengguna kepada pihak manapun.
  • Tidak menampilkan informasi-informasi dalam Layanan yang mungkin dapat dilihat oleh pihak lain.
  • Selalu melakukan pembaruan terhadap versi-versi terbaru dari Layanan.
Medigo hanya akan memberikan informasi data Pengguna termasuk Data Pribadi, Data Operasional dan Data Medis kepada pihak lain sebagaimana dimaksud dalam Perjanjian ini. Medigo akan memberikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu atau memperoleh persetujuan dari Pengguna terhadap pemberian informasi data Pengguna kepada pihak lain. Medigo dalam memberikan data Pengguna kepada setiap karyawan atau pihak yang terafiliasi dengan Medigo akan menggunakan prinsip kehati-hatian dan akan menjaga setiap data Pengguna tersebut dengan sangat rahasia dan Medigo akan memastikan setiap karyawan atau pihak yang terafiliasi juga menerapkan prinsip dimaksud. Karyawan atau pihak yang terafiliasi dengan Medigo mungkin akan mengadakan perjanjian kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan dan keamanan data Pengguna. Medigo akan melakukan segala tindakan yang diperlukan atau dianggap perlu untuk memastikan seluruh data Pengguna selalu terjaga kerahasiaannya dan keamanannya. Untuk memenuhi maksud tersebut, Pengguna dengan ini memberikan izin kepada Medigo untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan. Pengguna dengan ini sepakat bahwa Medigo akan melakukan penyimpanan data Pengguna pada server milik pihak ketiga. Untuk menjamin kerahasiaan dan keamanan penyimpanan data tersebut, pihak ketiga dan Medigo mungkin akan mengadakan perjanjian kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan dan keamanan data Pengguna. Data Pengguna akan disimpan oleh Medigo sampai adanya permintaan penghapusan dari Pengguna. Penghapusan data Pengguna akan secara langsung dilakukan apabila perikatan antara Pengguna dan Medigo telah berakhir. Beberapa data Pengguna mungkin akan tetap dipertahankan oleh Medigo dalam periode tertentu untuk alasan hukum yang mungkin timbul seperti pencegahan penipuan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam melakukan tindakan kerahasiaan dan keamanan data Pengguna, Medigo melakukan tindakan sesuai dengan:
  • Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
  • Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 beserta dengan segala peraturan pelaksanaan dan perubahan-perubahannya.
  • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen berserta dengan segala peraturan pelaksanaan dan perubahan-perubahannya.
  • Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika R.I Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.

Penutup

  • Penggunaan dan akses ke Layanan Medigo diatur oleh Syarat dan Ketentuan serta Ketentuan Privasi Medigo. Dengan mengakses atau menggunakan Layanan Medigo, berarti pengguna telah memahami dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku di Situs ini.
  • Hubungan antara Medigo dan Pengguna merupakan suatu hubungan independen dan tidak memiliki hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan dibuat atau dibuat dengan adanya Perjanjian ini.
  • Judul di dalam Ketentuan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam pasal atau ketentuan tersebut.
  • Medigo memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut hak untuk setiap pelanggaran atas Perjanjian ini sepanjang yang dimungkinkan dan diperkenankan oleh hukum.
  • Pengguna dengan ini mengakui bahwa Medigo memiliki hak untuk memonitor akses penggunaan Layanan Medigo untuk memastikan kepatuhan Para Pihak atas Perjanjian ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya di Republik Indonesia.
  • Apabila terdapat 1 (satu) atau lebih ketentuan di dalam Perjanjian ini yang dinyatakan tidak berlaku, melawan hukum atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia maka keadaan tersebut tidak akan mempengaruhi keberlakuan ketentuan-ketentuan lain dalam Perjanjian ini. Dalam hal terjadi keadaan tersebut, Para Pihak berjanji untuk tetap berusaha memenuhi segala ketentuan yang terdapat di dalam Perjanjian ini.
  • Segala sengketa yang berkaitan dengan Perjanjian ini, akan pertama-tama diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat oleh Para Pihak. Dalam hal penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat tidak dapat dilakukan, Para Pihak memutuskan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi melalui Arbitrase.
  • Perjanjian ini diatur, ditafsirkan, serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan Para Pihak diwajibkan untuk tunduk kepada semua peraturan yang berlaku di Indonesia.
  • Perjanjian ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan.
  • Pasien setuju bahwa segala informasi dan data medis pasien, termasuk informasi dan data mana yang dapat diklasifikasikan sebagai Rahasia Kedokteran dan Rekam Medis berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Republik Indonesia, akan disetor, disimpan, dan/atau diproses dalam infrastruktur online milik PT Medigo Teknologi Kesehatan.