Skip to main

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Klinik Pintar

Update Terakhir : 7 Desember 2022
  1. Pendahuluan

    Anda disarankan untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) yang tercantum di bawah ini sebelum menggunakan Aplikasi Klinik Pintar / Klinik OS yang bernaung dibawah PT Medigo Teknologi Kesehatan (“Penyedia Layanan”). Syarat dan Ketentuan ini merupakan suatu perjanjian yang sah antara pengguna Aplikasi Klinik Pintar / Klinik OS (“Anda” “Pengguna” “Mitra” “Klinik”) dengan PT. Medigo Teknologi Kesehatan beserta afiliasi (“Klinik Pintar” “kami”). Syarat dan Ketentuan ini dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut akan berlaku setelah ditampilkan pada situs Kami. Anda bertanggung jawab untuk meninjau Syarat dan Ketentuan secara berkala. Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan, Anda dianggap telah membaca, memahami, mengetahui, menerima, dan menyetujui seluruh informasi, syarat-syarat, dan ketentuan-ketentuan penggunaan platform dan semua layanan yang kami sediakan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan ini termasuk kepada setiap perubahannya. Apabila Anda tidak setuju dengan sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan yang diuraikan sebagaimana di bawah ini, Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan dan/atau menghapus Aplikasi Klinik Pintar .

  2. Definisi dan Istilah

    a. “Klinik Pintar” merupakan merek dagang dari PT Medigo Teknologi Indonesia yang telah terdaftar untuk kelas dagang No. 42 dan 44, dengan nomor pendaftaran masing-masing IDM000793361 dan IDM000833327, pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang digunakan untuk penyelenggaraan Layanan Kesehatan.

    b. “Klinik Pintar” yang disebutkan dalam dokumen ini adalah sebagai:

    • Penyelenggara sistem elektronik: Klinik Pintar merupakan Badan Usaha yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik (prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan,menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan informasi elektronik) kepada Pengguna untuk keperluan pelayanan kesehatan.
    • Teknologi kesehatan: Klinik Pintar merupakan sebuah teknologi yang dirancang sebagai alat dan/atau metode yang ditujukan untuk membantu menegakkan diagnosa, pencegahan, dan penanganan permasalahan kesehatan pasien.

    c. “Aplikasi Klinik Pintar” atau Klinik OS” adalah sebuah sistem perangkat lunak manajemen klinik yang dikembangkan oleh PT. Medigo Teknologi Kesehatan.

    d. “Situs Klinik Pintar” adalah www.klinikpintar.id

    e. “Sistem Manajemen Klinik” adalah sekumpulan proses memasukan, mengolah dan menganalisis serta menampilkan data-data terkait pelayanan Klinik terhadap Pasien.

    f. “Proses Implementasi” proses yang diterapkan sebagai tahapan awal sebagai persiapan penggunaan aplikasi klinik pintar.

    g. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Klinik Pintar yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna.

    h. Aplikasi merupakan halaman antarmuka (User Interface) beserta bagian belakang layar (Backend) yang dapat dibuka pengguna di gawai maupun di personal komputer mereka untuk mengakses layanan Klinik Pintar

    i “Pengguna” “Mitra” atau “Anda” adalah orang, atas nama pribadi maupun badan usaha yang mendaftar dan/atau menggunakan platform dan layanan Klinik Pintar, termasuk dan tidak terkecuali seluruh mitra penyedia layanan kesehatan serta agen, vendor dan pemasok (seperti apotek, laboratorium, mitra asuransi, Klinik dan Rumah Sakit) maupun pihak lain yang sekedar mengakses Aplikasi Klinik Pintar.

    j. “Jaminan Layanan” adalah kepastian yang kami berikan kepada Anda dalam menggunakan Aplikasi Klinik Pintar.

    k. “Data” adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta yang dibuat dengan kata-kata, kalimat, simbol, angka dan atau lainnya sehubungan dengan penggunaan aplikasi ini.

    l. “Informasi Rahasia” adalah segala informasi dan data yang diberikan sehubungan dengan Perjanjian ini baik yang ditandai dengan kata “Rahasia” ataupun tidak yang meliputi tapi tidak terbatas pada Informasi yang tidak lazim untuk diketahui oleh publik yang apabila digunakan oleh pihak lain atau pihak pesaing dari salah satu Pihak dan/atau pihak afiliasinya dapat mengakibatkan kerugian moral maupun material bagi Pihak tersebut dan/atau pihak afiliasinya.

  3. Ketentuan Umum

    a. Aplikasi ini berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan sistem manajemen klinik yang dapat digunakan oleh Klinik dan dikembangkan oleh PT. Medigo Teknologi Kesehatan.

    b. Pengguna menyatakan bahwa secara hukum mampu mengadakan dan mengikatkan diri pada sebuah perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, khususnya Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna setidaknya telah berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak di bawah perwalian. Jika Pengguna berusia di bawah 21 (dua puluh satu) tahun dan belum menikah, maka Pengguna menyatakan dan menjamin telah mendapatkan izin dari orang tua atau wali sah Pengguna. Kecuali Pengguna menyatakan sebaliknya, dengan mengakses atau menggunakan Layanan. Anda setuju untuk bertanggung jawab atas semua tindakan terkait penggunaan aplikasi ini. Kami berhak untuk menutup atau membatalkan pendaftaran atas akun Anda apabila hal tersebut tidak benar. Anda selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan akan senantiasa mematuhi Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda mendaftarkan atas nama suatu badan usaha, Anda juga menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum tersebut dan untuk mengadakan dan mengikatkan badan hukum/entitas tersebut pada Ketentuan Penggunaan.

    c. Anda mengakui bahwa aplikasi dan layanan situs memiliki hak kekayaan intelektual yang tidak terbatas pada hak atas merek dan hak cipta (“Hak Kekayaan Intelektual”). Dengan ini Anda tidak diperbolehkan untuk mengurangi, menambah, memutilasi atau melakukan hal-hal lainnya terhadap Hak Kekayaan Intelektual yang dilarang dan selanjutnya dapat mengurangi hak moral dan hak ekonomi atau hak-hak lainnya yang dimiliki terkait Hak Kekayaan Intelektual kami.

    d. Situs ini mungkin berisi informasi kesehatan tetapi sama sekali tidak dimaksudkan untuk mendiagnosis, mengobati, atau menangani masalah kesehatan apa pun.

    e. Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian setiap informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik, dan nomor telepon genggam Anda yang Anda berikan ketika Anda membuka akun, maupun setiap informasi terkait riwayat kesehatan Anda tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini. Anda memahami dan setuju bahwa penggunaan Anda atas Aplikasi juga harus mematuhi Kebijakan Privasi Kami, sebagaimana dapat diperbaharui dari waktu ke waktu.

    f. Kami dapat menghentikan atau membatasi proses registrasi atau penggunaan Aplikasi oleh Anda jika ditemukan pelanggaran dari Ketentuan Penggunaan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  4. Penggunaan Aplikasi

    a. Sebelum menggunakan Aplikasi Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dan/atau pembuatan akun terlebih dahulu. Anda diwajibkan memberikan informasi yang benar dan akurat.

    b. Klinik Pintar memberi Anda hak untuk mengakses dan memakai Aplikasi Klinik Pintar dengan peran penggunaan yang sudah ditentukan, sesuai dengan jenis paket yang telah Anda pilih. Hak ini bersifat non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, serta dibatasi oleh dan bergantung pada Syarat dan Ketentuan ini. Anda mengakui dan menyetujui, dan bergantung kepada perjanjian tulis apapun yang berlaku antara Mitra dan Pengguna, atau hukum lainnya yang berlaku:

    • Bahwa adalah tanggung jawab Anda untuk menentukan siapa yang mendapat akses sebagai Pengguna (“User”) dan jenis peran dan hak yang mereka miliki untuk mengakses jenis data yang Anda miliki;
    • Bahwa tanggung jawab Anda untuk semua penggunaan Layanan oleh User;
    • Bahwa tanggung jawab Anda untuk mengendalikan setiap tingkat akses untuk User kepada organisasi dan Layanan yang relevan setiap saat, dan bisa menarik atau mengubah akses atau tingkat akses Pengguna kapanpun, untuk alasan apapun di dalam kasus manapun;
    • Jika ada perselisihan antara Anda dan User mengenai akses kepada organisasi atau Layanan apapun, Anda lah yang harus membuat keputusan dan mengatur akses atau tingkat akses ke Data atau Layanan yang User akan dapat, jika ada.
  5. Infrastruktur

    Infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengakses Aplikasi Klinik Pintar adalah:

    a. Jaringan internet yang stabil (minimal 10Mbps) untuk meningkatkan kenyamanan dalam mengakses Klinik OS kami merekomendasikan menggunakan jaringan internet 20 Mbps;

    b. Spesifikasi perangkat laptop minimal Intel i3 4GB RAM, untuk meningkatkan kenyamanan dalam mengakses Klinik OS kami merekomendasikan menggunakan device dengan intel i5 8GB RAM;

    c. Browser versi terbaru. Anda dapat menggunakan browser google chrome, firefox atau edge.

  6. Proses Implementasi

    a. Setelah Anda melakukan pendaftaran menggunakan Aplikasi Klinik Pintar, maka berikutnya akan dilaksanakan proses implementasi dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Pelatihan Online

      Dilakukan maksimal 1 (satu) sesi dengan durasi maksimal 2 (dua) jam. Trainer akan memaparkan cara penggunaan Aplikasi Klinik Pintar meliputi alur fitur utama, alur fitur tambahan, serta cara set up data master. Kemudian dilanjutkan dengan roleplay penggunaan Aplikasi Klinik Pintar. Pelatihan ini akan diberikan secara daring (Online) menggunakan google meet dengan jadwal Senin – Jumat dengan pembagian sesi yaitu:

      • Sesi pertama pukul 10:00-12:00 WIB;dan
      • Sesi kedua pukul 14:00-16:00
    • Pendampingan Offline

      Dilakukan setelah agenda Pelatihan Online berakhir sesuai permintaan mitra klinik dan bersifat opsional. Maksimal 1 (satu) sesi dengan durasi 2 (dua) jam. Trainer akan mendampingi klinik dalam menggunakan Aplikasi Klinik Pintar. Pendampingan ini akan diberikan secara offline di lokasi Anda pada hari selasa atau kamis sesuai kesepakatan. Saat ini pendampingan secara offline baru tersedia bagi pengguna di wilayah Jabodetabek.

    • Pendampingan Online

      Dilakukan selama 1 (satu) minggu setelah Agenda Pelatihan Online berakhir. Metode pendampingan dilakukan menggunakan media komunikasi whatsapp yang telah disediakan. Trainer akan standby dan proactive menanyakan penggunaan sistem selama durasi waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

    b. Ketentuan Migrasi Data

    Layanan Migrasi data ini dilakukan untuk membantu Anda memindahkan data klinik baik data yang diinput manual atau data dari sistem yang dipakai sebelumnya ke Aplikasi Klinik Pintar. Migrasi data ini tidak wajib dilakukan karena Anda dapat melakukan penginputan data secara manual, namun ada beberapa data yang perlu diinput sebelum melayani pasien menggunakan Aplikasi Klinik Pintar seperti data layanan, data poliklinik, dan data pasien. Pendaftaran Aplikasi Klinik Pintar sudah termasuk satu kali layanan migrasi yang terdiri dari :

    • Data Layanan

      Data layanan diperlukan dalam pembuatan rekam medis, minimal terdapat satu layanan di dalam rekam medis.

    • Data Poliklinik

      Data poliklinik diperlukan untuk mendaftarkan pasien rawat jalan, menghubungkan layanan, dan membuat jadwal praktik tenaga medis.

    • Data Pasien

      Data pasien diperlukan untuk mendaftarkan pasien rawat jalan. Jika tidak dilakukan migrasi data, maka Anda akan memulai pencatatan data pasien dari awal.

    • Rekam Medis

      Data rekam medis diperlukan untuk melihat riwayat rekam medis pasien dari pencatatan sebelumnya. Jika tidak dilakukan migrasi data, maka data pasien Anda tidak memiliki riwayat rekam medis sebelumnya.

    • Master Data Inventori

      Master data inventori diperlukan untuk pencatatan jumlah stok yang tersedia, jumlah stok masuk, dan jumlah stok keluar.

    Layanan ini berlaku selama maksimal 7 (tujuh) hari kerja sejak Anda menjalani pelatihan penggunaan Aplikasi Klinik Pintar. Jika sudah melewati batas waktu 7 (tujuh) hari Anda belum memberikan data untuk dilakukan migrasi data, maka layanan ini tidak dapat digunakan atau hangus dan Anda perlu melakukan penginputan data secara manual.

  7. Kewajiban Pengguna

    a. Kewajiban Pembayaran

    Saat ini Anda dapat menggunakan dan/atau mengakses Aplikasi Klinik Pintar secara gratis tanpa dikenakan biaya.

    b. Kewajiban Umum

    Anda menjamin bahwa Aplikasi Klinik Pintar hanya digunakan untuk keperluan internal bisnis Anda yang benar dan secara sah, dengan Syarat dan Ketentuan dan pemberitahuan yang diumumkan oleh Klinik Pintar atau ketentuan yang tercantum di Website.

    c. Syarat Akses

    Anda harus memastikan bahwa semua nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang diperlukan untuk mengakses Aplikasi Klinik Pintar tersimpan dengan aman dan secara rahasia. Anda harus segera memberitahu Klinik Pintar mengenai pemakaian kata sandi (password) Anda dari pihak yang tidak berwenang, atau pelanggaran keamanan lainnya, dan Klinik Pintar akan melakukan pengaturan ulang (reset) terhadap kata sandi (password) Anda, dan Anda harus melakukan semua tindakan lainnya yang dianggap cukup penting oleh Klinik Pintar untuk mempertahankan atau meningkatkan keamanan sistem komputer dan jaringan Aplikasi Klinik Pintar, dan akses Anda kepada Layanan Aplikasi Klinik Pintar. Sebagai syarat dari Ketentuan-ketentuan ini, saat mengakses dan menggunakan Layanan Aplikasi Klinik Pintar, Anda harus:

    • Tidak mencoba untuk melemahkan keamanan atau integritas dari sistem komputer atau jaringan Aplikasi Klinik Pintar, atau jika Layanan-nya dikelola (hosted) oleh pihak ketiga, sistem komputer atau jaringan pihak ketiga tersebut;
    • Tidak menggunakan atau menyalahgunakan Aplikasi Klinik Pintar dengan cara apapun yang dapat mengganggu kemampuan pengguna lain untuk menggunakan Layanan atau Website Aplikasi Klinik Pintar;
    • Tidak mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah kepada materi apapun selain yang sudah dinyatakan dengan jelas bahwa Anda telah mendapatkan izin untuk mengaksesnya, atau untuk mengakses sistem komputer Aplikasi Klinik Pintar dimana Layanan-nya dikelola (hosted);
    • Tidak mengirimkan, atau memasukan kedalam Website dan perangkat lunak Aplikasi Klinik Pintar: berkas (file) apapun yang dapat merusak alat komputer atau perangkat lunak orang lain, materi yang bersifat menghina, atau Data yang melanggar hukum apapun (termasuk Data atau materi lainnya yang terlindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang dimana Anda tidak memiliki otorisasi untuk menggunakannya);
    • Tidak mencoba untuk mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering untuk program komputer apapun yang dipakai untuk memberi Layanan Aplikasi Klinik Pintar, atau untuk menggunakan Website diluar penggunaan yang diperlukan dan dimaksudkan.

    d. Batasan Penggunaan

    Penggunaan Layanan Aplikasi Klinik Pintar mungkin dapat dibatasi melingkup, tapi tidak terbatas kepada, volume transaksi bulanan dan jumlah panggilan yang Anda diizinkan untuk gunakan dengan memanggil kepada application programming interface Aplikasi Klinik Pintar. Bila ada, batasan-batasan tersebut akan ditentukan dan dicantumkan pada Layanan yang terkait.

    e. Syarat Komunikasi

    Sebagai syarat pada Ketentuan ini, jika Anda memakai alat komunikasi apapun yang tersedia melalui Website (seperti forum apapun atau ruang pesan singkat), Anda setuju untuk memakai alat-alat komunikasi tersebut hanya untuk tujuan yang sah. Anda tidak boleh memakai alat-alat komunikasi tersebut untuk memasang atau menyebarkan materi apapun yang tidak terkait dengan pemakaian Layanan-nya, termasuk (tapi tidak terbatas dengan): menawarkan barang dan jasa untuk dijual, surat elektronik komersial yang tidak diminta atau diinginkan, berkas (file) yang dapat merusak alat komputer atau perangkat lunak orang lain, bahan-bahan yang mungkin dapat menghina pengguna Layanan atau Website yang lain, atau materi yang melanggar hukum apapun (termasuk materi yang terlindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang dimana Anda tidak memiliki hak untuk memakainya).

    f. Tanggung Jawab Ganti Rugi

    Anda membebaskan Aplikasi Klinik Pintar dari semua: tuntutan, gugatan, biaya kerugian, kerusakan, dan kehilangan yang timbul sebagai hasil dari pelanggaran Anda kepada Syarat dan Ketentuan ini, atau kewajiban apapun yang mungkin Anda punya kepada Aplikasi Klinik Pintar, termasuk (tapi tidak terbatas kepada) biaya apapun yang berkaitan kepada perolehan Biaya Akses apapun yang sudah jatuh tempo tetapi belum Anda bayar.

  8. Jaminan Layanan

    Aplikasi Klinik Pintar memiliki jaminan minimal 90% (sembilan puluh persen) uptime (Bisa diakses) per bulan. Jaminan tersebut tidak berlaku apabila:

    a. Masalah yang timbul berasal dari koneksi jaringan internet Anda;

    b. Masalah berasal dari Pihak Ketiga atau diluar kendali kami (seperti Google, BPJS, dan lain-lain).

  9. Dukungan Pengguna

    Anda dapat menghubungi kami melalui:

    a. Email: [email protected]

    b. Whatsapp Support: +62 811-841-335

    Kami akan merespon pesan anda dalam jam operasional kami yaitu hari senin – jumat pukul 09.00 s/d 18.00 WIB. Untuk pesan yang masuk diluar jam operasional dan pada hari-hari besar keagamaan, cuti bersama, atau hari libur lainnya yang ditetapkan Pemerintah maupun yang ditetapkan oleh Penyedia Layanan yang menyebabkan tidak tersedianya Dukungan Pengguna, maka kami akan membalas pesan anda pada jam operasional.

  10. Layanan Pendukung

    a. Dalam hal terdapat gangguan dalam penggunaan Aplikasi Klinik Pintar kami akan menerima dan/atau merespon laporan Anda dalam jangka waktu maksimal 2 (dua) jam untuk selanjutnya memberikan layanan pendukung berikut:

    • Level 0

      Layanan ini diberikan apabila terjadi kesalahan dalam penggunaan Aplikasi Klinik Pintar yang menyangkut transaksi utama klinik atau menghalangi pemberian layanan kepada Pasien, seperti rawat jalan, rekam medis, dan pembayaran. Layanan ini akan diberikan dalam jangka waktu maksimal 3 (tiga) jam setelah laporan kami terima.

    • Level 1

      Layanan ini diberikan apabila terjadi kesalahan di Aplikasi Klinik Pintar yang tidak menghalangi Klinik dalam memberikan layanan kepada Pasien (rawat jalan, rekam medis, dan pembayaran). Layanan ini akan diberikan dalam jangka waktu maksimal 3 (tiga) jam setelah laporan kami terima. Apabila laporan anda masuk diluar waktu operasional kami, maka kami akan meneruskan laporan anda pada hari operasional.

    b. FAQ & Help

    Anda dapat menemukan pertanyaan dan jawaban yang mungkin anda butuhkan sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Klinik Pintar dengan mengakses link https://bantuan.klinikpintar.id

    c. Komunikasi Berbagi Layar

    Dengan persetujuan Anda kami dapat memberikan bantuan penggunaan secara daring (online) apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dalam menjalankan aplikasi pada perangkat Anda.

  11. Jaminan dan Pengakuan

    a. Anda menjamin bahwa, jika Anda mendaftar untuk menggunakan Aplikasi Klinik Pintar atas nama orang lain, Anda memiliki wewenang untuk menyetujui Ketentuan-ketentuan ini atas nama orang tersebut, dan menyetujui bahwa dengan mendaftar untuk memakai Aplikasi Klinik Pintar, Anda mengikat orang yang Anda atas namakan untuk, atau dengan niat untuk, membuat tindakan atas nama mereka kepada setiap kewajiban manapun yang telah Anda setuju pada Ketentuan-ketentuan ini, tanpa membatasi kewajiban Anda sendiri kepada ketentuannya.

    b. Anda mengakui dan menjamin bahwa:

    • Anda memiliki wewenang untuk menggunakan Aplikasi Klinik Pintar untuk mengakses informasi dan Data yang Anda masukan kedalam Website, termasuk informasi atau Data apapun yang dimasukan kedalam Aplikasi Klinik Pintar oleh siapapun yang Anda telah beri kewenangan untuk menggunakan Aplikasi Klinik Pintar.
    • Anda juga berwenang untuk mengakses informasi dan data yang sudah di proses, yang disediakan untuk Anda melalui penggunaan Anda pada Aplikasi Klinik Pintar (maupun informasi dan Data itu Anda miliki sendiri atau milik orang lain).
    • Klinik Pintar tidak bertanggung jawab kepada siapapun selain Anda, dan tidak ada maksud apapun dalam Perjanjian ini untuk memberi manfaat kepada siapapun selain Anda. Jika Anda memakai Aplikasi Klinik Pintar atas nama atau untuk manfaat seseorang selain Anda (maupun organisasi berbadan hukum atau tidak, atau lainnya), Anda menyetujui bahwa:
      • Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk melakukannya;
      • Anda bertanggung jawab atas memberi wewenang kepada siapapun yang Anda berikan akses kepada informasi atau Data, dan Anda menyetujui bahwa Klinik Pintar tidak memiliki tanggung jawab untuk menyediakan siapapun akses kepada informasi atau Data tersebut tanpa otorisasi Anda, dan boleh menunjukan permohonan apapun untuk mendapatkan informasi kepada Anda untuk di layani;
      • Anda membebaskan Klinik Pintar dari klaim apapun atau kehilangan yang terkait pada: Penolakan Klinik Pintar untuk menyediakan akses pada siapapun kepada informasi atau Data Anda sesuai dengan ketentuan ini; Penyediaan informasi atau Data oleh Klinik Pintar kepada siapapun berdasarkan otorisasi Anda.
    • Penyediaan, akses kepada, dan pemakaian Aplikasi Klinik Pintar tersedia sebagaimana adanya dan pada resiko Anda sendiri.
    • Klinik Pintar tidak menjamin bahwa penggunaan Aplikasi Klinik Pintar tidak akan pernah terganggu atau bebas dari kesalahan. Di antara lain, operasi dan ketersediaan sistem yang digunakan untuk mengakses Layanan, termasuk layanan telepon umum, jaringan komputer dan internet, bisa sulit untuk diprediksi dan mungkin bisa dari waktu ke waktu mengganggu atau mencegah akses kepada Layanan. Klinik Pintar dengan bagaimanapun tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut, atau pencegahan akses kepada penggunaan Layanan.
    • Untuk menentukan bahwa Aplikasi Klinik Pintar memenuhi keperluan bisnis dan operasional di fasilitas kesehatan Anda dan bisa digunakan sesuai dengan tujuan adalah tanggung jawab Anda sendiri.
    • Anda tetap memiliki tanggung jawab untuk mematuhi semua Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Kesehatan, dan produk hukum Republik Indonesia lainnya yang menyinggung tentang kesehatan, pengelolaan fasilitas kesehatan, dan pemberian pelayanan kesehatan yang berlaku. Adalah tanggung jawab Anda untuk memeriksa bahwa penyimpanan dan akses kepada Data Anda melalui Aplikasi Klinik Pintar tetap mematuhi undang-undang yang berlaku kepada Anda (termasuk undang-undang apapun yang membutuhkan Anda untuk menyimpan arsip).

    c. Klinik Pintar tidak menjamin bahwa fitur pada Aplikasi Klinik Pintar akan memenuhi keperluan Anda, atau bahwa akan sesuai untuk tujuan yang Anda niatkan. Untuk menghindari keraguan, semua ketentuan atau jaminan yang bisa diartikan dikecualikan sejauh yang diizinkan oleh hukum, termasuk (tanpa batasan) jaminan penjualan, kesesuaian untuk tujuan, dan tanpa pelanggaran.

    d. Anda menjamin dan menunjukkan bahwa Anda sedang memperoleh hak untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi Klinik Pintar untuk tujuan bisnis dan bahwa, sampai batas maksimum yang diizinkan oleh hukum, jaminan konsumen berdasarkan hukum atau undang-undang yang dimaksudkan untuk melindungi konsumen non-bisnis di yurisdiksi manapun tidak berlaku untuk penyediaan Layanan, Website, atau ketentuan ini.

  12. Kekayaan Intelektual

    a. Pengguna mengakui, menyetujui dan menerima bahwa Klinik Pintar memiliki hak eksklusif untuk menggunakan merek: nama, nama hukum, nama perusahaan, usaha atau nama dagang, tanda, logo atau slogan yang identik atau mirip dengan merek atau kombinasi atau variasi dari merek untuk kepentingan promosi, penjualan, pelayanan, dan kemitraan di saluran manapun tanpa terkecuali.

    b. Pengguna mengakui, menyetujui, dan menerima bahwa Klinik Pintar merupakan pemegang hak cipta dan pemilik atas teknologi kesehatan yang dikembangkan atas nama Klinik Pintar, maupun nama turunannya.

    c. Klinik Pintar berhak untuk menempuh jalur hukum sebagaimana yang diperlukan sesuai pelanggaran atas ketentuan tentang Kepemilikan atas merek dan teknologi oleh pengguna.

    d. Kepemilikan dan semua Hak Kekayaan Intelektual yang didapat pada Aplikasi, Website, dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Layanan tetap menjadi hak milik Klinik Pintar.

    e. Kepemilikan dan semua Hak Kekayaan Intelektual yang terkait dengan fasilitas kesehatan Pengguna akan tetap menjadi hak milik Anda. Anda memberi izin kepada Aplikasi Klinik Pintar untuk memakai, menyalin, mengirim, menyimpan, dan melakukan backup untuk informasi dan Data Anda dengan maksud dan tujuan memberi Anda akses kepada dan agar dapat menggunakan Aplikasi Klinik Pintar, atau untuk tujuan lainnya yang terkait dengan penyediaan Aplikasi Klinik Pintar untuk Anda.

    f. Anda sangat disarankan untuk menyimpan salinan untuk semua Data yang Anda masukan ke dalam Aplikasi Klinik Pintar. Klinik Pintar mematuhi kebijakan dan menjalani prosedur terbaik untuk mencegah kehilangan data, termasuk rutinitas sistem untuk backup data, tetapi tidak membuat jaminan apapun bahwa tidak akan pernah adanya kehilangan Data.

    g. Para pihak sepakat untuk menjaga kerahasiaan data dan informasi satu sama lain serta tidak akan melakukan upaya-upaya untuk membocorkan rahasia tersebut demi mendapat keuntungan sendiri maupun bagi pihak ketiga.

    h. Para pihak sepakat untuk mengupayakan paling tidak dengan tingkat usaha perlindungan terhadap data dan informasi tersebut sebagaimana pihak yang menerima akan melakukannya untuk menjaga data dan informasi sepanjang bahwa tingkat perlindungan yang diberikan cukup layak untuk mencegah adanya pengungkapan yang tidak tepat atau penggunaan yang tidak sah atas Informasi tersebut.

    i. Para pihak juga sepakat untuk membatasi akses terhadap data dan informasi dari pihak lainnya kepada para pegawainya yang memiliki kepentingan untuk mengetahui Informasi tersebut dan memberitahukan kepada para pegawainya yang telah memperoleh informasi tersebut mengenai kewajiban-kewajiban mereka menurut syarat dan ketentuan ini.

    j. Atas penemuan sesuatu pengungkapan yang tidak tepat atau penggunaan yang tidak sah atas Informasi tersebut, maka para pihak sepakat untuk segera melakukan usaha-usaha yang layak untuk mencegah sesuatu pengungkapan atau penggunaan yang tidak benar lebih lanjut terhadap data dan informasi tersebut.

  13. Keadaan Kahar / Force Majeure

    a. Yang dimaksud dengan keadaan kahar atau force majeure dalam perjanjian ini adalah peristiwa-peristiwa yang berada di luar kemampuan Anda dan Klinik Pintar yang dapat mempengaruhi kinerja dan pelaksanaan kegiatan para pihak yang meliputi, namun tidak terbatas pada: bencana alam (gempa bumi, topan badai, banjir, petir, kebakaran), sabotase, terorisme, perang, ledakan, kerusuhan warga, huru-hara, pemogokan, peraturan/larangan pemerintah.

    b. Dalam hal terjadi keadaan kahar, pihak yang mengalami keadaan kahar tersebut wajib memberitahukan kepada pihak lainnya secara tertulis dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja kalender terhitung sejak tanggal timbulnya keadaan kahar tersebut perihal penangguhan pelaksanaan kewajibannya, alasan dari penangguhan tersebut, dan perkiraan lamanya penangguhan.

    c. Para pihak menyepakati bahwa pihak yang tidak mengalami keadaan kahar tidak dapat mengajukan tuntutan hukum apapun terhadap pihak yang mengalami keadaan kahar karena tidak melaksanakan kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini selama berlangsungnya keadaan kahar sebagaimana disepakati bersama dalam musyawarah.

    d. Dalam hal terjadi keadaan kahar, para pihak sepakat untuk melakukan musyawarah dan menyepakati secara tertulis tentang syarat-syarat serta ketentuan baru yang diberlakukan kepada para pihak setelah timbulnya keadaan kahar.

    e. Syarat-syarat dan ketentuan baru yang disepakati mengenai keadaan kahar akan menjadi satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

  14. Kontak Kami

    a. Jika pengguna memiliki pertanyaan, permintaan, atau keluhan terkait kebijakan privasi, keamanan data, atau data yang kami simpan silakan kirim email ke [email protected]

    b. Segala bentuk pemberitahuan, permintaan informasi atau komunikasi kepada atau tentang Pengguna akan dianggap telah diterima oleh Pengguna jika Klinik Pintar mengirimkan e-mail atau surat elektronik atau surat tertulis kepada Pengguna melalui alamat yang dicantumkan oleh Pengguna dalam akun Pengguna di Layanan Klinik Pintar; atau jika dianggap perlu oleh Klinik Pintar, Klinik Pintar memasang pengumuman secara umum ataupun terbatas di Layanan Klinik Pintar.

    c. Saat Anda pertama mendaftar untuk mengakses Layanan, Anda berhak memberikan evaluasi terhadap produk dan/atau layanan Aplikasi Klinik Pintar.

    d. Anda atau Klinik Pintar dapat melakukan pengakhiran Perjanjian apabila salah satu dan/atau seluruh kondisi berlaku sebagaimana dijelaskan dalam ketentuan berikut:

    • Anda lalai atau melakukan pelanggaran atas salah satu atau beberapa ketentuan dari Perjanjian ini, termasuk pelanggaran atas pernyataan atau jaminan salah satu pihak, dan tidak mampu untuk memperbaiki pelanggaran tersebut (apabila dimungkinkan untuk dapat diperbaiki) dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah tanggal pemberitahuan pelanggaran tertulis dari pihak lainnya;
    • Fasilitas kesehatan Anda dicabut izin usahanya, dilikuidasi atau karena alasan apapun tidak dapat menjalankan usahanya secara sebagian atau keseluruhan.
      • Fasilitas kesehatan Anda menjadi insolven atau pailit, memiliki tuntutan atau gugatan untuk dinyatakan insolven, penundaan pembayaran hutang atau pailit diajukan terhadap pihak tersebut baik oleh Anda sendiri maupun oleh krediturnya;
    • Adanya peraturan perundang-undangan di kemudian hari yang bersifat memaksa yang menyebabkan Anda tidak dapat meneruskan kerjasama dengan Aplikasi Klinik Pintar berdasarkan Perjanjian ini, maka Perjanjian ini dapat diakhiri dengan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Aplikasi Klinik Pintar dengan menyampaikan tanggal efektif pengakhiran Perjanjian yang dikehendaki;
    • Anda berniat untuk tidak melanjutkan Perjanjian ini karena alasan apapun, maka Perjanjian ini dapat diakhiri dengan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Aplikasi Klinik Pintar dengan menyampaikan tanggal efektif pengakhiran Perjanjian yang dikehendaki.

    e. Klinik Pintar tidak menyediakan pengembalian uang untuk periode berlangganan yang sudah dibayar oleh Anda untuk periode yang sedang berjalan.

    f. Pemutusan Ketentuan ini tidak mengurangi hak dan kewajiban para pihak yang masih harus dibayar sampai dengan tanggal terminasi. Anda akan tetap menanggung biaya yang masih harus dibayar dan jumlah yang jatuh tempo untuk pembayaran sebelum atau setelah pengakhiran, dan segera berhenti menggunakan Aplikasi Klinik Pintar.

  15. Penutup

    a. Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada dan ditafsirkan menurut Hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

    b. Apabila terdapat satu atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini batal, menjadi tidak berlaku, illegal, bertentangan, atau tidak dapat diterapkan sesuai dengan peraturan atau ketentuan hukum Republik Indonesia, maka Syarat dan Ketentuan ini harus tetap dianggap seolah-olah tidak memuat ketentuan tersebut tanpa mempengaruhi dan mengganggu keabsahan, keberlakuan, penerapan ketentuan lainnya dalam dokumen ini.