Skip to main

Maksimalkan Produktivitas Karyawan Melalui Program Kesehatan

Produktivitas karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan suatu perusahaan. Untuk mencapai tingkat produktivitas yang optimal, perusahaan perlu memperhatikan aspek kesehatan karyawan.

Oleh karena itu, menghadirkan program kesehatan di tempat kerja menjadi sebuah langkah penting dan berkelanjutan yang bisa dilakukan perusahaan demi mendukung dan memaksimalkan produktivitas karyawan.

Berikut beberapa strategi untuk mengoptimalkan produktivitas karyawan melalui program kesehatan.

Program Kesehatan Karyawan yang Bisa Perusahaan Berikan

Bagi Anda yang ingin menghadirkan program kesehatan karyawan namun bingung harus memulainya dari mana, berikut beberapa program kesehatan karyawan yang dapat diterapkan oleh perusahaan:

1. Program Pemeriksaan Kesehatan Karyawan

Image - Maksimalkan Produktivitas Karyawan Melalui Program Kesehatan.jpg

Meski sudah ada beberapa perusahaan yang memberikan program pemeriksaan kesehatan, baik itu pemeriksaan kesehatan saat proses perekrutan maupun pemeriksaan kesehatan rutin untuk karyawan, namun masih banyak perusahaan yang juga belum menerapkan pemeriksaan kesehatan untuk para karyawannya.

Padahal, memberikan akses kepada karyawan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting dilakukan. Pertama dengan memastikan kesehatan, karyawan cenderung lebih energik dan fokus dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan secara berkala juga dapat membantu mendeteksi dan mencegah potensi masalah kesehatan sejak dini, sehingga mengurangi risiko penyebaran penyakit di tempat kerja.

Ada begitu banyak jenis pemeriksaan kesehatan atau medical check up yang bisa perusahaan berikan untuk karyawan di antaranya tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, fungsi jantung, pemeriksaan penglihatan, pendengaran, hingga pemeriksaan kesehatan wanita.

Selain itu, akan lebih baik jika perusahaan dapat memberikan vaksin dan immune booster sesuai dengan yang dibutuhkan karyawan.

Daftar Program Kesehatan
Klik di Sini

2. Klinik Perusahaan dan Fasilitas Kebugaran

Membangun klinik perusahaan dan fasilitas kebugaran di tempat kerja memiliki banyak manfaat. Dengan adanya klinik perusahaan atau in house clinic, perusahaan dapat memprioritaskan kesehatan karyawan karena mereka dapat dengan mudah dan cepat dalam mengakses layanan kesehatan tanpa harus meninggalkan tempat kerja.

Selain itu, in house clinic juga memungkinkan perusahaan untuk memonitoring atau memantau kesehatan karyawan secara berkala serta mencegah tersebarnya penyakit.

Selain in house clinic, fasilitas kebugaran juga sangat penting karena dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan. Sebab melakukan kegiatan fisik secara teratur tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Asuransi Kesehatan

Selain menghadirkan klinik di perusahaan, Anda juga bisa memberikan jaminan kesehatan seperti asuransi. Penawaran asuransi kesehatan dianggap sebagai tunjangan yang sangat bernilai bagi karyawan. Sebab, ssuransi kesehatan membantu karyawan untuk mendapatkan akses lebih mudah ke perawatan medis dan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Dengan kesehatan yang terjaga, karyawan dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Bahkan asuransi dapat meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, lho! Hal ini karena karyawan merasa dihargai dan didukung dalam menjaga kesehatan mereka.

Baca Juga:

4. Program Penyuluhan dan Edukasi Kesehatan

Memberikan penyuluhan dan edukasi tentang kesehatan kepada karyawan juga tak kalah pentingnya. Pasalnya, seminar kesehatan dan program penyuluhan dapat membantu meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya gaya hidup sehat dan cara mengelola kesehatan secara keseluruhan.

Tak hanya itu, karyawan akan lebih memahami seputar penyakit dan kecelakaan akibat kerja, serta cara mengatasinya.

Corporate Managed Care by Klinik Pintar Siap Dukung Perusahaan Maksimalkan Produktivitas Karyawan

Menghadirkan program kesehatan karyawan di perusahaan mungkin terlihat mudah. Namun nyatanya, ada berbagai hal yang perlu perusahaan perhatikan sebelum menerapkan program kesehatan.

Pasalnya, setiap karyawan memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, dan perusahaan perlu merancang program kesehatan yang tepat dan dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan kesehatan para karyawannya.

Namun dengan adanya Corporate Managed Care by Klinik Pintar, Anda tak perlu bingung dan khawatir lagi akan ketepatan program kesehatan karyawan. Sebab, Corporate Managed Care by Klinik Pintar menghadirkan berbagai program dan layanan kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan, di antaranya:

1. Layanan Kesehatan Umum

Layanan kesehatan umum merupakan solusi untuk perusahaan yang ingin memberikan akses layanan kesehatan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam layanan kesehatan umum ini, dapat memilih berbagai layanan, seperti:

  • Skrining Kesehatan

Skrining kesehatan karyawan yang dirancang untuk memonitoring kesehatan karyawan secara menyeluruh dan mengetahui risiko kesehatan yang dialami karyawan dengan lebih dini.

Dalam skrining kesehatan, terdapat Medical Check Up (MCU) yang terdiri dari pemeriksaan kesehatan umum, hematologi, gula darah, pemeriksaan fungsi jantung, dan panel hepatitis B, serta Additional Check-Up yang terdiri dari pemeriksaan penglihatan, pemeriksaan pendengaran, pemeriksaan kesehatan wanita, skrining kanker, hingga pemeriksaan narkoba.

  • Program Kesehatan Lanjutan

Dari hasil skrining kesehatan karyawan, perusahaan bisa memberikan program kesehatan lanjutan dalam bentuk program pencegahan, promosi, dan pengobatan, seperti:

  • Program pencegahan sindrom metabolik

  • Konten edukasi kesehatan atau seminar

  • Paket immune booster

  • Paket vaksin dewasa

  • Telemedisin Perusahaan

Jika perusahaan ingin memberikan akses kesehatan yang mudah dan cepat, perusahaan bisa memberikan layanan telemedisin. Dalam layanan ini, karyawan dapat melakukan konsultasi online dengan dokter umum maupun spesialis dan nantinya apabila diresepkan obat, Klinik Pintar akan membantu mengirimkan obat karyawan, sehingga akses kesehatan jadi menjadi lebih mudah, hemat waktu, dan hemat energi.

Daftar Program Kesehatan
Klik di Sini

2. In House Clinic (Klinik Perusahaan)

Apabila Anda ingin menghadirkan klinik sendiri di perusahaan atau perusahaan Anda sudah memiliki klinik namun manajemennya belum tertata dengan maksimal, Klinik Pintar hadir dengan solusi In House Clinic.

Selain membantu mengelola klinik perusahaan, In House Clinic by Klinik Pintar juga dilengkapi tenaga medis profesional dan peralatan medis terkelola dengan baik, menjamin solusi legal yang menyeluruh, menyediakan program kesehatan yang terkurasi, serta terdapat dashboard kesehatan karyawan sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengetahui kondisi kesehatan karyawan secara menyeluruh.

3. Blue Card, Asuransi Kesehatan tanpa Premi

Selain menghadirkan berbagai program yang dapat mendukung kesehatan dan produktivitas karyawan, Klinik Pintar juga memiliki produk asuransi unggulan yaitu Blue Card.

Blue Card adalah asuransi kesehatan termudah yang bisa perusahaan berikan kepada karyawan. Sebab, Blue Card hadir dengan sistem cashless dan tanpa premi bulanan.

Artinya, saat berobat di klinik jaringan dari Klinik Pintar, karyawan hanya perlu menunjukkan Blue Card dan biaya kesehatan akan tertagih ke perusahaan setiap bulannya.

Perusahaan pun akan mendapatkan dashboard khusus yang dapat memantau dan mengontrol langsung biaya kesehatan karyawan. Dengan begitu, perusahaan juga bisa merencanakan biaya dengan tepat tanpa khawatir biaya kesehatan karyawan membengkak.

Dengan memprioritaskan kesehatan karyawan, perusahaan tidak hanya mengoptimalkan produktivitas tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan berkelanjutan. Program kesehatan yang efektif bukan hanya investasi untuk karyawan, tetapi juga investasi dalam kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Yuk tingkatkan produktivitas karyawan dengan menghadirkan program kesehatan tepat sasaran untuk karyawan bersama Corporate Managed Care by Klinik Pintar!