Skip to main
  • Blog
  • Pemeriksaan Kesehatan Wanita yang Perlu Dilakukan Rutin

Pemeriksaan Kesehatan Wanita yang Perlu Dilakukan Rutin

Sahabat Pintar pernah mendengar skrining atau pemeriksaan kesehatan wanita? Sebagian Sahabat Pintar mungkin bertanya-tanya manfaat serta prosedur apa yang didapat ketika melakukan tes kesehatan wanita.

Tes atau pemeriksaan ini bertujuan mendeteksi risiko penyakit yang umum menyerang wanita, seperti kanker dan gangguan organ reproduksi.

Untuk tahu ulasan lengkapnya, Sahabat Pintar bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Manfaat Tes Kesehatan Wanita

Sahabat Pintar wanita dianjurkan rutin melakukan tes kesehatan, bahkan ketika merasa kondisi tubuhnya sedang baik-baik saja.

Tidak hanya bertujuan mendeteksi penyakit kanker, skrining juga dapat melihat gejala dan mencegah munculnya kondisi kesehatan serius.

Setelah mendapat hasil skrining kesehatan, dokter dan Sahabat Pintar dapat merencanakan perawatan serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Sebagai contoh, untuk Sahabat Pintar wanita yang sudah menikah dan aktif secara seksual. Sahabat Pintar mungkin memiliki pertanyaan tentang perubahan organ intim setelah melahirkan atau menstruasi tidak teratur.

Nantinya, hasil dari pemeriksaan kesehatan dapat memberikan rekomendasi perawatan lanjutan. Sahabat Pintar bisa mendapatkan pemeriksaan lanjutan seperti pap smear atau vaksin human papillomavirus (HPV) yang dapat melindungi dari kanker serviks dan beberapa penyakit menular seksual.

Beragam Tes Pemeriksaan Kesehatan Wanita

Sebelum melakukan medical check up atau skrining kesehatan, Sahabat Pintar wanita dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Dokter bisa membantu merekomendasikan pemeriksaan yang tepat berdasarkan tujuan perawatan Sahabat Pintar, riwayat kesehatan pribadi, riwayat keluarga, dan usia.

Manfaat, risiko, skrining, dan prosedur pemeriksaan kesehatan dapat berubah seiring bertambahnya usia wanita.

Berikut merupakan beberapa tes atau pemeriksaan kesehatan umum pada wanita:

1. Pap Smear

Sahabat Pintar yang telah menikah atau aktif secara seksual dapat melakukan pemeriksaan pap smears. Pap smear merupakan tes yang dilakukan rutin per tahun untuk mencari tanda-tanda kanker serviks.

Sahabat Pintar juga dapat menjalani tes penyakit menular seksual (PMS) berdasarkan faktor risiko dan rekomendasi usia setelah berkonsultasi dengan dokter.

2. Skrining Kanker Payudara

Sahabat Pintar yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker kanker payudara dianjurkan menjalani pemeriksaan ini.

Skrining kanker payudara merupakan salah satu tes penting bagi wanita. Umumnya, skrining ini terdiri dari pemeriksaan fisik dan mammogram.

Risiko kanker payudara dapat dideteksi apabila ditemukannya gen BRCA1 atau BRCA2. Kedua gen tersebut juga berkaitan dengan kanker ovarium yang dapat menyerang wanita.

3. Tes Kepadatan Tulang

Tes kepadatan tulang merupakan pemeriksaan kesehatan wanita yang dapat dilakukan setelah menopause.

Dilansir dari WebMD, setelah menopause, wanita mulai kehilangan lebih banyak massa tulang. Oleh sebab itu, wanita rentan mengalami osteoporosis yang ditandai dengan kondisi tulang lemah dan rapuh.

Sahabat Pintar wanita usia 40-an dapat mencegah dan mengobati osteoporosis dengan melakukan tes kepadatan tulang.

4. Tes Darah dan Urine

Tes darah dan urine juga dapat mendeteksi tanda-tanda awal dari jenis penyakit atau kanker tertentu.

Hasil tes darah dapat membantu dokter mendiagnosis atau menemukan gejala ketidakseimbangan hormon, gangguan tiroid, kanker serviks, dan kanker payudara.

Sementara itu, hasil tes urine dan kreatinin dapat menunjukkan adanya risiko gangguan dalam tubuh. Gangguan yang dapat ditemukan di antaranya berkaitan dengan kesehatan ginjal, saluran kemih, hingga risiko diabetes pada wanita.

Kini Sahabat Pintar tidak perlu bingung untuk mendapatkan pemeriksaan darah dan urine. Sahabat Pintar dapat mengakses layanan Women’s Health Screening Klinik Pintar yang prosesnya mudah dengan biaya terjangkau.

Layanan Women’s Health Screening dari Klinik Pintar dapat dilakukan home service (area JADETABEK) atau datang langsung ke Klinik Permata Bunda:

Berikut tes atau pemeriksaan yang dapat dilakukan:

  • Pemeriksaan darah lengkap
  • Gula darah puasa/sewaktu
  • Profil lipid (Kolesterol LDL, Kolesterol HDL, Kolesterol Total, Trigliserida)
  • HbsAg
  • Urinalisis rutin
  • Kreatinin

Setelah keluar hasil dari tes darah dan urine, Sahabat Pintar wanita dapat melakukan konsultasi kedua dilakukan yang secara online (telekonsultasi).

Konsultasi kedua dilakukan untuk menjelaskan diagnosis, kesimpulan hasil tes, dan saran perawatan dari dokter. Apabila ditemukan risiko kesehatan serius, Sahabat Pintar dapat dirujuk ke RS Bunda.