Skip to main

Penyebab Jerawat dan Cara Mengobatinya

Jerawat itu sendiri merupakan gangguan yang terjadi pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat dapat muncul apabila folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak yang berlebih.

Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan penyumbatan pori-pori. Peradangan ini nantinya akan menyebabkan munculnya benjolan pada permukaan kulit yang berisi nanah.

Penyebab Jerawat yang Harus Diketahui

Berikut ini akan dijelaskan penyebab dan faktor risiko jerawat dapat muncul.

1. Produksi Sebum yang Berlebih

Penyebab munculnya jerawat dapat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Sebum itu sendiri merupakan suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak dan bertugas untuk menjaga kulit agar tetap lembut. Umumnya, peningkatan sebum akan terjadi pada usia remaja yang disebabkan oleh peningkatan hormon androgen, bahkan produksi sebum dapat meningkat hingga 5 kali lipat.

2. Penebalan Keratin pada Folikel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa jerawat muncul karena terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh penebalan keratin pada folikel dan menumpuk pada folikel. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan pada kulit.

3. Peradangan

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa jerawat terjadi karena adanya pelepasan sel-sel peradangan di pembuluh darah. Akan tetapi, hingga kini tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan peradangan ini dapat terjadi. Namun, para ahli menduga kondisi ini terjadi karena adanya faktor genetik.

4. Bakteri

Jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori-pori dan peradangan. Dalam hal ini, bakteri cutibacrium acnes lah yang menyebabkan terjadinya peradangan serta penyumbatan tersebut. Oleh karena itu, penyebab jerawat yang terakhir, yaitu bakteri.

Apa Saja Obat Jerawat?

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat tentu tidak sabar ingin mengetahui bagaimana menangani jerawat yang tepat. Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan dijelaskan beberapa menangani jerawat yang bisa Anda terapkan.

Apabila Anda memiliki masalah pada jerawat, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menangani jerawat di rumah. Rajin mencuci muka, tetapi maksimal hanya dua kali dalam sehari.

Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Jadi cucilah tangan Anda terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Perhatikan pola makan juga penting. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin.

Hindari produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan iritasi, seperti alkohol, scrub wajah, dan astringent.

Selain melakukan penanganan di rumah, Anda juga bisa menangani jerawat dengan menggunakan obat-obatan. Di bawah ini merupakan beberapa obat yang dapat Anda konsumsi. Antibiotik anti jerawat. Untuk mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan

Demikianlah informasi mengenai penyebab jerawat dan cara menanganinya dengan baik dan benar.

Baca Juga:

  • Jangan Disepelekan, Stres Sebabkan Enam Penyakit Kronis Ini
  • 7 Fakta dan Manfaat ASI yang Perlu Diketahui
  • Lakukan SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Sumber: Cleveland Clinic . 2020. Acne.