Skip to main

FAQ - Home Service Vaksinasi Anak dan Dewasa

Klinik Pintar menghadirkan layanan Home Service vaksinasi anak dan dewasa dengan pelayanan sesuai standar IDI, vaksinasi aman di tengah pandemi dengan pelayanan terbaik.

Jenis vaksinasi apa saja yang tersedia?

Layanan vaksinasi Home Service menyediakan jenis vaksinasi lengkap untuk dewasa dan anak sesuai dengan rekomendasi WHO, PAPDI (tahun 2017) dan IDAI (tahun 2020). Katalog Jenis Vaksin Anak dan Dewasa

Prosedur Layanan Vaksinasi Dewasa dan Anak

  1. PHS (Paramedic Home Service) datang ke rumah pasien sesuai jadwal yang disepakati melalui WhatsApp

  2. Layanan Home Service dilakukan oleh petugas profesional yang memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) profesi aktif.

  3. PHS akan memberikan edukasi persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pasca tindakan. Di antaranya:

    a. PHS menjelaskan jenis dan manfaat vaksin yang akan diberikan dan cara pemberian

    b. PHS menjelaskan secara singkat prosedur tindakan

    c. PHS menjelaskan kemungkinan KIPI dan tatalaksana

    d. PHS mengecek tanggal kadaluarsa vaksin

  4. PHS akan meminta identitas pasien (nama, orang tua/wali, usia, tanggal lahir pasien, alamat dan nomor telepon).

  5. PHS mengecek jenis imunisasi atau vaksinasi yang sudah didapat sebelumnya.

  6. PHS melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan kontra indikasi yang pernah dialami sebelumnya.

  7. Pasien mengisi e-form persetujuan tindakan medis.

  8. PHS melalukan vaksinasi sesuai dengan SOP medis Klinik Pintar.

  9. PHS akan menunggu selama 30 menit untuk memantau KIPI.

  10. Pasien akan diberikan E-Sertifikat setelah vaksinasi selesai.

Bagaimana jika terjadi KIPI?

KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) adalah sebuah istilah yang digunakan di bidang kedokteran untuk suatu kondisi yang terjadi berhubungan dengan imunisasi.

Terdapat faktor-faktor yang kemungkinan dapat terjadinya KIPI, seperti contohnya riwayat alergi. Agar KIPI tidak terjadi, maka tenaga medis akan memastikan bahwa tidak ada faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian KIPI, sehingga kemungkinan terjadinya KIPI bisa diminimalisir. Untuk jenis KIPI dan penanganannya bisa dilihat di sini.

Apa yang harus dilakukan ketika anak memiliki kondisi tertentu sebelum vaksinasi?

Untuk vaksinasi anak, jika terdapat kondisi yang mengharuskan konsultasi dengan dokter sebelum vaksinasi, orang tua bisa memesan layanan telekonsultasi langsung dengan tim Dokter Spesialis Anak kami. Penjadwalan telekonsultasi akan dilakukan melalui WhatsApp Chat dibantu oleh customer support Klinik Pintar.

Layanan vaksinasi anak dan dewasa di Klinik Pintar diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat agar tidak lagi menunda vaksinasi meski di tengah pandemi.

Punya pertanyaan terkait vaksinasi anak? Simak artikel FAQ ini.