Skip to main

5 Tips Memilih Distributor Farmalkes Profesional dan Resmi

Menurut Permenkes 1191/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Penyalur Alat Kesehatan, dijelaskan bahwa distributor alat kesehatan harus berbentuk badan hukum dan memiliki izin untuk pengadaan, penyimpanan dan distribusinya ke fasilitas kesehatan (Faskes) sesuai ketentuan perundang-undangan.

Untuk itu, setiap distributor alkes harus memiliki izin resmi dari pemerintah dan badan hukum baik untuk pengadaan hinggi distribusi. Klinik Anda mau mencari distributor alat-alat kesehatan, wajib memastikan 5 hal ini.

Tips Memilih Distributor Farmasi dan Alat Kesehatan

Selain mampu memenuhi cara distribusi kesehatan yang baik, distributor farmalkes juga menjadi penanggung jawab teknis penuh. Permintaan alat kesehatan juga bertugas memberikan pemahaman yang sesuai atas syarat dan ketentuan berlaku.

1. Distributor Tersertifikasi dan Resmi

Alat kesehatan maupun obat-obatan yang ditawarkan harus memenuhi standar yang ditentukan oleh pihak terkait. Misalnya untuk obat yang didistribusikan harus mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berdasarkan Permenkes No 4 tahun 2014 tentang Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik menyatakan bahwa distributor alat kesehatan harus memiliki sertifikasi sebagai penyalur alat kesehatan.

Adanya sertifikasi bagi penyalur alkes bertujuan agar mencegah beredarnya produk palsu atau ilegal untuk diperdagangkan serta sebagai manajemen mutu atas alat kesehatan dan obat-obatan tersebut.

2. Ketersediaan Alat Kesehatan yang Lengkap

Pilih distributor mampu menyuplai seluruh alkes dan obat-obatan yang Anda butuhkan. Produk yang ditawarkan memiliki informasi spesifikasi yang jelas dan mendetail.

Selain itu, distributor alkes mampu secara konsisten menyediakan obat dan alkes yang dibutuhkan faskes dalam jangka waktu lama. Tujuannya adalah agar Anda tidak mengalami kesulitan untuk melakukan restocking produk sewaktu-waktu.

Ketersediaan obat dan alkes ini juga termasuk produk-produk impor yang didatangkan dari luar negeri. Menurut Kemenkes dalam cara distribusi alat kesehatan juga harus memenuhi syarat dokumentasi pasif maupun aktif.

Sistem dokumentasi pasif meliputi standar operasional dan spesifikasi produk. Sistem dokumentasi aktif adalah rekaman penerimaan, penyimpanan, distribusi hingga penjualan.

3. Distributor yang Responsif

Distributor alat kesehatan harus memiliki customer service (CS) yang responsif. Tugas CS tidak hanya menginformasikan terkait stok produk secara real time namun mampu membantu menemukan solusi dan menyelesaikan masalah dari pusat penyedia perbekalan farmasi.

Distributor alat kesehatan yang dapat diandalkan selalu responsif terhadap pertanyaan yang diberikan. Distributor memiliki rekam jejak yang baik dengan riwayat ulasan positif dari klien yang telah bekerjasama sebelumnya.

Layanan pengirimannya tepat waktu dan bisa di-tracking oleh klien. Pengiriman berperan penting saat mengelola bisnis di bidang apapun. Selain responsif pastikan distributor alkes mampu memenuhi jadwal pengiriman.

4. Proses Pemesanan Mudah

Pastikan Anda memilih distributor yang menawarkan kemudahan dalam proses pemesanan atau pembelian alkes. Sehingga proses penyetokan mudah dilakukan, hemat waktu dan meminimalisir kesalahan saat memesan.

5. Sistem Pembayaran Fleksibel

Sistem pembayaran yang ditawarkan mempermudah dalam pembelian. Pilih distributor farmasi dan alat kesehatan yang menyediakan tempo pembayaran yang panjang sehingga tidak menyulitkan operasional bisnis faskes.

Dalam pembelian alkes, sebaiknya faskes bisa menggunakan metode pembayaran di tempat. Tujuannya barang bisa langsung dicek saat menerima dan sesuai dengan harapan faskes. Apabila terjadi ketidaksesuaian pesanan maka alkes bisa langsung dikembalikan saat itu juga.

Penawaran harga alkes yang diberikan cocok dengan kemampuan finansial faskes. Dengan begitu faskes bisa mendapatkan keuntungan maksimal atas pengadaan obat dan layanan alkes tersebut

Rekomendasi Distributor Farmalkes Terpercaya

Untuk memenuhi kebutuhan obat dan alat kesehatan faskes, Anda bisa menggunakan Farmasi Pintar, distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai pengadaan BHP, obat, alat kesehatan dan lainnya untuk klinik, praktek mandiri hingga apotek Anda.

Farmasi Pintar menyediakan konsultasi gratis via Whatsapp seputar pengadaan alkes dan obat. Keunggulan dari belanja di Farmasi Pintar di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Klinik Pintar memiliki lebih dari 600 mitra klinik di seluruh Indonesia dan apotek terafiliasi yang tersebar di 17+ provinsi
  • Kami menyediakan 1500+ obat dan alat kesehatan berkualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan pihak terkait seperti BPOM dan lainnya serta terjamin keaslian
  • Kami memberikan jaminan retur maksimal 6 bulan setelah pembelian sesuai faktur. Adanya jaminan ini bisa mencegah resiko kerugian yang dihadapi faskes di masa depan
  • Tempo pembayaran fleksibel hingga 90 hari dan menyediakan metode pembayaran di tempat (COD/Cash On Delivery)
  • Proses pemesanan alkes mudah, klinik Anda bisa memesan lewat WhatsApp atau lewat panggilan telepon.
  • Dengan menggunakan Aplikasi Klinik Pintar dan memesan alkes di Farmasi Pintar, Anda jadi lebih mudah mengecek stok obat dan alkes. Karena semua inventori bisa tercatat dalam Aplikasi Klinik Pintar
  • Anda berkesempatan mendapatkan diskon ongkir sebesar Rp50.000 ke seluruh Indonesia dengan syarat dan ketentuan berlaku. Selain itu terdapat diskon hingga Rp200.000 bagi pengguna khusus aplikasi Klinik Pintar.
  • Setiap pembelian alkes maupun produk obat akan otomatis muncul sebagai stok inventori pada modul inventori di Aplikasi Klinik Pintar. Hal ini membantu Anda melakukan manajemen stok obat lebih mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi Klinik Pintar

Farmasi Pintar bisa jadi solusi pengadaan obat-obatan dan alkes yang Kinik Anda butuhkan. Distributor alkes ini bisa Anda akses secara online dari mana saja dan kapanpun.

Sumber:

  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1191/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Penyalur Alat Kesehatan
  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 tahun 2014 tentang Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik
  • LegalUs. Ingin Jadi Penyalur Alat Kesehatan? Pahami Dulu IPAK!. 23 Juli 2021
Farmalkes
Pengadaan obat dan alkes klinik kini bisa lebih praktis bersama Klinik Pintar
  • Tempo pembayaran fleksibel hingga 45 hari

  • Dapatkan langsung potongan ongkos kirim

  • Diskon spesial untuk pengguna aplikasi

Info lengkap