Skip to main
  • Blog
  • 5 Tips Meningkatkan Kunjungan Pasien ke Klinik

5 Tips Meningkatkan Kunjungan Pasien ke Klinik

Tag: Klinik

Setiap klinik tentu ingin berupaya agar kunjungan pasien tetap meningkat. Tidak serta merta hanya untuk mendapat profit berlebih.

Kunjungan pasien dapat menjadi pengembangan yang lebih baik bagi kliniknya. Misal, dengan adanya feedback dari pasien, klinik dapat mengembangkan pelayanan dan fasilitas kesehatan baru agar kebutuhan pasien bisa terpenuhi dengan baik.

Kemajuan dan perkembangan klinik dapat membuat kedua pihak, yakni pasien dan pemilik klinik merasa saling diuntungkan. Pasien akan merasa senang karena bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik.

Lima tips berikut dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan pasien ke klinik.

1. Sediakan Sistem Antrean Online

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan pasien ke klinik dengan menerapkan sistem antrean online. Pasien dapat melakukan pemesanan (booking) jadwal konsultasi terlebih dahulu di website atau aplikasi milik klinik.

Pemilik klinik juga bisa membuat pengingat jadwal konsultasi yang diberikan via email atau pemberitahuan di whatsapp.

Dengan demikian, pasien tidak harus menunggu lama dan bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan hal produktif lainnya.

Antrean online juga dapat memaksimalkan waktu dokter untuk memeriksa pasien. Selain itu, antrean online memudahkan staf dan perawat untuk mengatur kedatangan pasien dengan melihat daftar kunjungan melalui sistem digital di klinik.

2. Transparansi Harga Konsultasi dan Biaya Perawatan

Tidak ada salahnya memberi tahu harga atau biaya berobat ke klinik sejelas mungkin. Pemilik klinik dapat menunjukkan daftar harga konsultasi atau perawatan tepat di depan meja resepsionis atau di website klinik.

Melakukan transparansi harga konsultasi pengobatan dapat membuat pasien bisa mempersiapkan biaya cukup lebih awal.

Selain itu, sediakan pula beragam metode pembayaran, seperti cash, debit, kredit, atau transfer. Dengan pilihan metode pembayaran, pasien dapat merasa lebih nyaman saat bertransaksi.

3. Memberikan Diskon

Cara lain untuk meningkatkan kunjungan pasien ke klinik adalah dengan memberikan diskon.

Diskon dapat diberikan setelah pasien menyelesaikan pembayaran atau berencana mengikuti program lanjutan. Misalnya, pasien dokter gigi yang ingin mendapatkan treatment saluran akar gigi dapat diberikan diskon untuk seluruh perawat

Klinik juga dapat memberikan diskon kepada pasien pasien yang baru mendaftar atau mendaftar menjadi member. Informasi diskon bisa disampaikan saat pasien melakukan registrasi atau diberikan secara rutin melalui email newsletter dan media sosial.

4. Sediakan Konsultasi Online dengan Dokter

Tidak semua pasien bisa langsung pergi ke klinik saat mengalami gejala penyakit. Selain itu, tidak semua dokter spesialis yang bertugas ada di klinik saat pasien berkunjung tiba-tiba.

Oleh karena itu, klinik bisa menyediakan konsultasi online kepada pasien. Konsultasi online dapat dilakukan apabila kondisi kesehatan pasien tidak darurat atau membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin.

Apabila keluhan pasien cukup ringan, klinik dan dokter dapat menyarankan pengantaran obat ke rumah pasien. Sementara itu, bila keluhan pasien cukup parah, sarankan pasien untuk segera berobat ke klinik.

5. Tingkatkan Fasilitas dan Pelayanan di Klinik

Agar pasien merasa betah dan nyaman berkunjung, cobalah mempercantik ruangan dan meningkatkan fasilitas di klinik. Pemilik klinik bisa mengubah tata letak bangku atau desain interior di ruang tunggu serta ruang praktik dokter.

Solusi lain dengan bergabung menjadi mitra Klinik Pintar juga dapat menjadi pilihan. Dengan bergabung bersama Klinik Pintar, pemilik klinik bisa menciptakan standar fasilitas klinik yang tepercaya, jelas (transparan), dan nyaman.

Bermitra dengan Klinik Pintar juga dapat meningkatkan kualitas pengalaman pasien untuk mengakses berbagai perawatan kesehatan dengan standar yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pemilik klinik juga bisa mendapatkan dukungan pengembangan dan pengelolaan bisnis, baik secara online melalui e-commerce, online payment, hingga asuransi

Untuk bergabung bersama Klinik Pintar, Anda bisa daftar di sini https://klinikpintar.id/untuk-klinik/registrasi

Mari Bermitra dan Tingkatkan Produktivitas Usaha Klinik Anda