Skip to main

Aplikasi Klinik Pintar Terintegrasi PCare BPJS Kesehatan

Salah satu hal yang paling penting dalam sistem klinik adalah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan. Selain memudahkan masyarakat untuk menjalankan tindakan kesehatan, Aplikasi klinik yang telah terintegrasi dengan PCare BPJS kesehatan akan memudahkan klinik dalam pelaporan kegiatan klinik, baik kapitasi maupun non kapitasi.

Lalu, apa itu PCare BPJS Kesehatan? Mengapa sangat dibutuhkan masyarakat? Mengapa klinik harus memiliki sistem yang terintegrasi dengan fitur ini?

PCare atau Primary Care adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, sehingga masyarakat mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan. Fitur yang tersedia seperti mengecek tagihan BPJS, pencarian faskes terdekat, dan lainnya.

Lalu, kemudahan apa saja yang tersedia di PCare BPJS? Berikut ulasannya.

...

Manfaat PCare BPJS

Sistem digital klinik yang telah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan akan memberikan kemudahan bagi pasien maupun klinik, seperti alur pendaftaran pasien yang lebih praktis, data pasien terintegrasi, proses diagnosis pasien lebih cepat, dan proses rujukan lebih mudah.

1. Diagnosis Pasien Lebih Cepat

PCare BPJS Kesehatan membantu untuk melakukan diagnosis pada pasien. Setiap pasien yang telah tercatat melalui sistem, maka tidak perlu melakukan check-up ulang, karena rekam medis tersimpan dalam sistem. Hal ini juga akan mempermudah tenaga kesehatan untuk mengecek riwayat penyakit pasien. Dengan begitu, proses pemeriksaan akan lebih cepat.

2. Data Pasien Terintegrasi

Salah satu kemudahan yang didapatkan klinik saat digitalisasi adalah terintegrasinya data pasien. Data pengobatan, riwayat kesehatan hingga rujukan pasien akan sangat mudah diakses karena terhubung dengan satu sistem yang saling terintegrasi dengan layanan atau fitur lainnya.

Pasien BPJS yang ingin berobat ke berbagai tempat, tidak perlu repot melakukan pengisian riwayat kesehatan atau data diri, karena data sudah terintegrasi. Tapi, tentu kemudahan ini hanya dapat dirasakan oleh klinik yang sudah menggunakan sistem digital.

3. Proses Pendaftaran

Sistem antrean di klinik menjadi hal penting untuk diterapkan dalam digitalisasi. Kehadiran sistem antrean ini akan membantu mencegah antrean yang mengular, sehingga kenyamanan pasien tetap terjaga. Dengan PCare BPJS Kesehatan proses pendaftaran pasien akan semakin mudah. Sistem digital yang mendukung adanya nomor antrean, membantu pasien agar tidak menunggu lama untuk mendapatkan layanan kesehatan. Semakin cepat pasien ditangani, semakin memperkecil risiko yang tidak diinginkan.

4. Proses Rujukan Pasien Lebih Mudah

Pasien membutuhkan rujukan ke rumah sakit atau laboratorium? Sistem ini akan membantu proses rujukan pasien jadi lebih mudah. Hal ini sangat penting bagi pengobatan pasien, sebab pasien yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan, maka proses pengobatannya akan melalui faskes tingkat pertama, yakni klinik, puskesmas dan praktik dokter umum.

Ketika pasien membutuhkan tindak lanjut oleh pihak rumah sakit, maka faskes tingkat pertama dapat mengeluarkan surat rujukan terlebih dahulu. Sehingga pasien dapat melakukan tindakan medis dengan cepat dan mudah.

...

Aplikasi Klinik Pintar Sudah Terintegrasi PCare BPJS

Untuk memudahkan operasional klinik dan memenuhi kebutuhan pasien, Aplikasi Klinik Pintar telah terintegrasi dengan sistem dari BPJS Kesehatan ini. Hal ini selaras dengan misi kami untuk meningkatkan layanan primary care di Indonesia. Kami mendorong klinik untuk melakukan digitalisasi dengan implementasi sistem klinik.

Kami siap membantu klinik untuk mendapat akses layanan PCare BPJS melalui implementasi Aplikasi Klinik Pintar. Mulai dari perencanaan, aktivasi, hingga melatih dan mendampingi tim medis dan staf klinik untuk penggunaannya.

Implementasi Aplikasi Klinik Pintar, untuk kemudahan operasional dan pelayanan pasien yang lebih optimal.

Butuh aplikasi klinik yang sudah integrasi Pcare BPJS?

Aplikasi
Aplikasi klinik berbasis web siap RME terbaik di Indonesia
  • Terhubung ke IHS SATUSEHAT
  • Terhubung ke PCare BPJS & Mobile JKN
  • Direkomendasikan oleh IDI
Info Lengkap