Skip to main

Ampuh Turunkan Asam Lambung, Ini 5 Makanan untuk Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar (heartburn), rasa pahit di mulut, dan mual.

Cara menyembuhkan GERD tidak hanya dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan saja seperti antasida. Pasalnya, kini banyak pengobatan alami yang disebut dapat meredakan GERD.

Salah satu cara mencegah timbulnya gejala dan menyembuhkan penyakit GERD yaitu dengan memerhatikan pola makan yang seimbang dan memilih makanan yang sehat. Lantas, apa saja makanan untuk penderita GERD yang baik dikonsumsi? Yuk simak daftarnya!

Konsultasikan dengan Dokter Segera

1. Makanan Kaya Protein tanpa Lemak

Protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, tahu, putih telur, dan tempe merupakan pilihan makanan untuk penderita GERD yang aman dikonsumsi. Makanan kaya protein tanpa lemak ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa merangsang produksi asam lambung berlebihan.

Nah, cara terbaik untuk mengonsumsi makanan ini yaitu dengan cara direbus atau dipanggang.

2. Produk Susu

Susu kerap kali dianggap sebagai obat gerd alami karena mengandung kalsium dan protein, yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, susu memiliki varian yang berbeda. Oleh karena itu, pilih lah susu tanpa lemak. Sebab, lemak dapat merangsang produksi asam lambung.

Selain susu tanpa lemak, kamu juga bisa mengonsumsi produk susu lainnya seperti keju, kefir dan yogurt.

Yoghurt tidak hanya dapat memberikan sensasi menenangkan pada kerongkongan yang teriritasi, tetapi juga kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri yang sehat di usus, membantu melancarkan pencernaan, serta meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga:

3. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan telah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, termasuk sebagai obat GERD alami.

Satu atau dua cangkir sehari mungkin memberikan manfaat tiga kali lipat. Minuman yang menenangkan ini tidak hanya bersifat basa, tetapi juga anti inflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi gastroesophageal dan menenangkan perut.

Jahe juga dapat membantu meredakan mual, yang mana ini sangat bermanfaat bagi penderita GERD yang kerap mengalami muntah selama episode refluks asam.

Cara menyembuhkan GERD dengan jahe yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menambahkan jahe ke dalam smoothie, sup, tumisan, atau diseduh sebagai teh.

4. Makanan yang Mengandung Banyak Air

Makanan yang mengandung banyak air dapat membantu mengurangi gejala GERD karena dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada kerongkongan.

Buah-buahan seperti semangka, mentimun, dan melon adalah contoh makanan yang memiliki kandungan air tinggi dan dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung. Selain itu, sayuran seperti selada, seledri, timun, dan tomat juga mengandung banyak air.

5. Makanan Berserat Tinggi

Makanan untuk penderita GERD selanjutnya yaitu makanan yang mengandung serat tinggi. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko refluks asam.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan kaya serat, di antaranya:

  • Menjaga berat badan: Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada perut dan menyebabkan refluks asam
  • Mengurangi tekanan pada lambung: Makanan berserat tinggi cenderung lebih mudah dicerna, sehingga mengurangi beban kerja dan mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam
  • Mengatasi konstipasi: Penderita GERD sering mengalami konstipasi, dan serat dapat membantu mengatasi masalah ini dengan memperbaiki fungsi usus

Beberapa contoh makanan berserat tinggi yang baik untuk penderita GERD meliputi:

  • Buah-buahan dan sayuran: Apel, pir, brokoli, wortel, dan sayuran hijau berdaun
  • Biji-bijian utuh: Beras merah dan oatmeal
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: Kacang lentil, kacang hitam, dan biji chia
Konsultasikan dengan Dokter Segera

Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung

Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung.jpg

Selain dengan mengonsumsi makanan tertentu untuk GERD, menerapkan kebiasaan makan yang baik juga dapat membantu mencegah serangan mulas dan refluks asam berulang.

Berikut beberapa tips mencegah naiknya asam lambung yang bisa kamu terapkan:

  • Makanlah dalam porsi kecil dan lebih sering
  • Jangan berbaring setelah makan
  • Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Sebab, olahraga berat dapat mengirimkan asam ke kerongkongan
  • Jangan minum banyak air saat makan. Sebab, air dapat mengisi perut dan memberi tekanan lebih besar pada katup esofagus
  • Makan perlahan untuk mencegah banyaknya udara yang masuk
  • Jangan makan selama tiga sampai empat jam sebelum tidur. Jadi, tidak boleh makan malam atau ngemil tengah malam

Itu dia beberapa cara menyembuhkan GERD dengan berbagai makanan sehat yang memang direkomendasikan untuk para penderita GERD.

Bagi kamu yang mengalami gejala GERD seperti sensasi terbakar di dada, regurgitasi atau merasakan sensasi makanan atau cairan yang naik kembali dari lambung ke tenggorokan atau mulut, mual, muntah, dan gejala GERD lainnya, penting untuk segera melakukan konsultasi ke dokter.

Sebab, GERD yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan pada kerongkongan atau Barrett's esophagus.

Sumber:

Aarp. 8 Foods That Help Acid Reflux and Heartburn. 24 Juli 2023.

Mass General Brigham. The GERD Diet: Acid-Reducing Foods. 26 Juli 2023.

Amankan Jadwal Anda di Klinik