Apa Itu ISPA? Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Baru-baru ini, topik seputar polusi udara di Jakarta menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, DKI Jakarta disebut sebagai kota kedua yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan situs pemantau kualitas udara IQAir, per 15 Agustus 2023, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 165 AQI US.

Tingginya polusi udara di Jakarta ini tentu menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kita. Sejumlah masalah kesehatan pun muncul seiring memburuknya polusi udara di Jakarta. Salah satu kasus penyakit yang terjadi akibat memburuknya kualitas udara yaitu penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Lantas, apa ISPA dan bagaimana gejalanya? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Konsultasikan Segera

Apa Itu ISPA?

ISPA adalah singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut. ISPA adalah infeksi yang menyerang bagian saluran pernapasan manusia, baik saluran pernapasan atas maupun bawah. ISPA merupakan jenis penyakit yang mudah menular dan dapat dialami oleh segala usia, baik anak-anak maupun lansia.

Infeksi biasanya dimulai di hidung dan secara bertahap mulai memengaruhi trakea dan paru-paru. Jika pengobatan tidak dilakukan tepat waktu, infeksi dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan dapat menimbulkan komplikasi yang serius.

Penyakit ini cukup berbahaya bagi anak-anak, orang dengan usia lanjut, dan seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau menderita gangguan daya tahan tubuh.

Berdasarkan jenisnya, ISPA dibagi menjadi dua kategori, yaitu infeksi saluran pernapasan atas yang sistem pernapasan bagian atas (hidung, tenggorokan, faring, laring, dan bronkus), sedangkan infeksi pernapasan bawah memengaruhi sistem pernapasan bagian bawah (trakea, pembuluh paru, paru-paru, dan diafragma).

Apakah ISPA Menular?

ISPA merupakan salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menular, terlebih di kalangan anak-anak. Orang yang memiliki masalah infeksi saluran pernapasan akut bisa menularkannya kepada orang lain dengan berbagai cara, seperti:

• Batuk atau bersin tanpa menutupi hidung atau mulut
  • Batuk atau bersin dengan menutup menggunakan tangan namun tangan orang yang terinfeksi ISPA menyentuh orang lain
  • Melalui udara ataupun sentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus atau bakteri penyebab ISPA

Gejala dan Cara Menangani Asma pada Anak

Gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Pada dasarnya, gejala yang ditimbulkan dari infeksi saluran pernapasan atas maupun pernapasan bawah berbeda-beda. Namun, ada sejumlah gejala umum yang dirasakan apabila kamu mengalami ISPA, di antaranya:

• Hidung tersumbat
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Kelelahan
  • Sakit badan

Ketika penyakit ISPA berkembang, kamu mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti:

• Kesulitan dalam bernafas
  • Tingkat darah oksigen rendah
  • Demam dan menggigil
  • Pingsan dan pusing

Jika gejalanya parah, kamu harus segera mencari bantuan medis untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Siapa yang Berisiko Terkena Infeksi Pernapasan Akut?

Tak bisa dipungkiri bahwa kita tidak bisa menghindar dari virus dan bakteri. Meski siapapun bisa terinfeksi virus dan bakteri penyebab ISPA, tapi ada beberapa faktor risiko tertentu yang dapat meningkatkan peluang seseorang terkena ISPA.

Faktanya, sistem kekebalan tubuh anak-anak dan orang lanjut usia lebih rentan terkena virus. Kasus ISPA pada anak lebih tinggi karena anak-anak cenderung terus menerus melakukan kontak dengan teman sebayanya yang bisa menjadi pembawa virus.

Terlebih, kurangnya tingkat kesadaran anak-anak untuk mencuci tangan, dan juga mereka kerap kali menggosok mata dan memasukkan jari ke mulut, yang mana hal ini dapat mengakibatkan penyebaran virus. Maka tak heran jika kasus ISPA pada anak cenderung tinggi.

Konsultasikan Segera

Kapan Harus ke Dokter?

Kamu harus segera mencari penanganan medis apabila terindikasi ISPA dengan disertai gejala berupa demam tinggi yang tak kunjung sembuh, kulit atau bibir pucat dan kebiruan, penyakit pernapasan disertai pusing, mual atau pusing, kesulitan menelan, batuk yang parah dengan frekuensi sering disertai dengan muntah, mengi (suara siulan bernada tinggi yang muncul pada saat bernapas).

FastMed. Are Respiratory Infections Contagious?. 21 April 2023

America's Best Care Plus. Acute Respiratory Infection: Causes, Symptoms, and Diagnosis.

Manipal Cigna Health Insurance. Things to keep in mind about acute respiratory infections. 2 Desember 2022