Skip to main
  • Blog
  • Cara Mencegah Penularan Flu dan Pilek di Kantor

Cara Mencegah Penularan Flu dan Pilek di Kantor

Tag: Kesehatan

Banyak perusahaan menerapkan kembali kebijakan bekerja di kantor. Kembali ke kantor menjadi tantangan sendiri bagi karyawan di tengah cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan.

Cuaca yang tidak menentu rentan menyebabkan karyawan terkena dan tertular penyakit flu. Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang gejalanya ditandai dengan bersin, pilek, bahkan terkadang disertai demam.

Karyawan yang mengidap gejala flu umumnya tidak mampu bekerja maksimal. Supaya proses kerja berjalan lancar, perusahaan bisa mengupayakan beberapa hal ini demi mencegah pilek di kantor.

1. Memastikan Sirkulasi Udara di Ruang Kerja Baik

Influenza adalah virus yang dapat ditemukan di udara. Virus ini juga dapat bertahan lebih lama di cuaca dingin, seperti ruangan ber-AC di kantor.

Guna mencegah penyebaran flu, perusahaan dapat mengatur sirkulasi udara di ruangan kerja kantor. Sebagai contoh, perusahaan dapat membuka jendela di kala jam makan siang. Perusahaan juga dapat menyediakan alat penyaring udara atau air purifier di setiap ruangan.

2. Sediakan Alat untuk Membersihkan Diri

Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengimbau perusahaan menyediakan tisu, hand sanitizer, dan tempat sampah bersih di setiap sudut ruangan sebagai cara mencegah penularan pilek dan flu di kantor.

Memberikan panduan dan peringatan untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah menggunakan toilet juga penting diterapkan ke karyawan. Pasalnya, penyakit flu juga bisa menular lewat sentuhan tangan atau lewat sentuhan benda.

3. Memberikan Vaksin Flu

Center for Disease Control and Prevention menganjurkan perusahaan untuk memberikan vaksin flu pada karyawan.

Menurut studi yang dipublikasi oleh jurnal Vaccine tahun 2021, pemberian vaksin flu kepada orang dewasa dapat menurunkan risiko masuk (intensive care unit) ICU sebesar 26 persen.

Vaksin juga dapat menurunkan risiko kematian akibat flu sebesar 31 persen. Kedua kesimpulan tersebut berlaku ketika dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak divaksinasi.

Pemberian vaksin flu dapat dilakukan di kantor atau di klinik yang telah bekerja sama dengan perusahaan. Perusahaan dapat memberikan program vaksinasi flu karyawan dengan mengakses Layanan Vaksinasi Influenza Dewasa dari Klinik Pintar.

4. Berikan Akses Konsultasi ke Dokter

Masih diwartakan dari laman CDC, perusahaan dapat menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau cuti sakit apabila kondisi kesehatan karyawan sedang tidak sehat.

Karyawan yang tampak memiliki gejala flu atau sakit selama di kantor juga dapat bekerja di ruangan terpisah dari yang lain.

Selain itu, penting untuk memberikan akses layanan konsultasi kesehatan di kantor. Perusahaan dapat bermitra dengan Klinik Pintar untuk memberikan Layanan Telekonsultasi Dokter Spesialis kepada karyawan.

Tidak sekadar memberikan konsultasi online dengan tenaga medis, perusahaan juga dapat memantau kondisi kesehatan karyawan, memberikan pencegahan, dan pengobatan sebagai bagian dari program mensejahterakan karyawan.

Sumber:

  • Center for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. Preventing the Spread of Flu in the Workplace.
  • Center for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. What are the benefits of flu vaccination?
  • Vaccine. Diakses 2022. Does influenza vaccination attenuate the severity of breakthrough infections? A narrative review and recommendations for further research.

Layanan Terkait

Lihat Semua
Home Service - Vaksinasi Influenza - Dewasa

Home Service - Vaksinasi Influenza - Dewasa

Layanan ke rumah
ke Rumah
Mulai dari

Rp 489.000