Skip to main
  • Blog
  • 7 Mitos Diabetes yang Perlu Diluruskan

7 Mitos Diabetes yang Perlu Diluruskan

Tag: Diabetes

Tahukah Sahabat Pintar, bahwa banyak merebak mitos diabetes di masyarakat? Diabetes atau penyakit gula adalah penyakit metabolik kronis yang banyak menyerang orang di seluruh dunia.

Menurut catatan International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021, Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah pengidap penyakit gula sebanyak 19,47 juta.

Karena termasuk kondisi yang bisa memicu komplikasi serius seperti penyakit jantung dan stroke, banyak informasi serta mitos diabetes yang beredar serta harus diluruskan.

Berikut mitos serta fakta diabetes yang perlu Anda ketahui.

1. Diabetes Karena Banyak Konsumsi Makanan Manis

Faktanya, diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (glukosa).

Glukosa tinggi diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau merespon insulin secara efisien. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel dan diubah tubuh menjadi energi. Jadi, mitos diabetes yang satu ini kurang tepat.

Fakta sebenarnya adalah makanan manis mengandung kalori tinggi yang bisa memicu kelebihan berat badan atau obesitas.

Ketika mengalami obesitas atau kelebihan lemak, tubuh akan lebih sulit merespons insulin. Dengan demikian, kadar gula darah jadi lebih tinggi dan menyebabkan terjadinya diabetes.

2. Diabetes Bisa Disembuhkan

Faktanya, diabetes adalah penyakit kronis (berlangsung lama) dan belum ada obatnya. Akan tetapi, penyakit diabetes bisa dapat dikelola untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Pengobatan diabetes saat ini bersifat mengelola gula darah agar tetap di kadar normal sehingga kemunculan gejala penyakit ini bisa diminimalkan.

3. Diabetesi Harus Menghindari Karbohidrat

Faktanya, karbohidrat dapat meningkatkan glukosa karena dipecah menjadi gula darah guna menyediakan energi bagi sel-sel tubuh. Karbohidrat juga merupakan makronutrien yang hadir di berbagai makanan, termasuk buah dan sayuran.

Oleh karena itu, tidak mudah untuk menghindari karbohidrat secara total. Diabetesi (sebutan bagi penderita diabetes) diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat dalam takaran yang tepat.

Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi untuk menentukan asupan serta pola diet yang tepat untuk kondisi diabetes.

4. Diabetes Merupakan Penyakit Keturunan

Faktanya, penyakit diabetes bukanlah penyakit keturunan. Apabila orangtua, kerabat, atau kakek-nenek mengidap diabetes, belum tentu Anda akan mengalami kondisi serupa.

Menurut berbagai studi, kondisi yang juga dikenal sebagai penyakit gula ini dapat dicegah.

Mulai cegah diabetes dari sekarang dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga atau beraktivitas fisik dan menjaga berat badan ideal.

5. Hanya Orang Gemuk yang Terkena Diabetes

Faktanya, sekitar 85 persen orang yang mengidap diabetes, khususnya diabetes tipe 2, mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Akan tetapi, 15 persen sisanya adalah orang yang memiliki berat badan normal. Dengan begitu, mitos diabetes yang hanya bisa menyerang orang gemuk itu tidak tepat atau salah.

6. Obat Diabetes Bisa Sebabkan Sakit Ginjal

Faktanya memang benar bahwa kebanyakan minum obat dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun. Namun, mitos minum obat diabetes dapat memicu sakit ginjal tidak benar, ya.

Sebaliknya, jika tidak mengonsumsi obat diabetes secara rutin, kadar glukosa dalam darah akan meningkat tidak terkendali. Jika kadar gula darah tinggi, ginjal akan kesulitan mengolahnya dan berisiko menyebabkan gangguan pada organ vital tersebut. Oleh sebab itu, diabetes wajib konsumsi obat teratur dan periksa ke dokter secara rutin untuk menjaga kondisi kesehatannya.

7. Diabetesi Perlu Obat Insulin

Faktanya, hanya beberapa orang dengan diabetes yang memerlukan tambahan insulin untuk mengelola kadar gula dalam darahnya.

Sebagian pasien diabetes lainnya dapat diberikan obat-obatan, perubahan gaya hidup, dan rekomendasi olahraga untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun perlu diperhatikan, jika diabetesi tidak mendapatkan pengobatan dengan tepat dan tidak mematuhi saran medis dari dokter, tidak menutup kemungkinan bahwa di kemudian hari memerlukan insulin tambahan.

Itu dia mitos dan fakta diabetes yang perlu diketahui. Untuk konsultasi mengenai penyakit diabetes, Sahabat Pintar bisa menggunakan Layanan Telekonsultasi Dokter Spesialis Klinik Pintar.

Baca Juga:

Sumber:

  • MNorthwestern Medicine. 2022. 5 Surprising Facts About Diabetes
  • HealthHub. 2022. Diabetes Myths and Facts
  • IDF. 2022. IDF Diabetes Atlas 10th edition 2021

Cari Tahu Risiko Pradiabetes

Layanan Terkait

Lihat Semua
Home Service - Pemeriksaan Screening Diabetes

Home Service - Pemeriksaan Screening Diabetes

Layanan ke rumah
ke Rumah
Mulai dari

Rp 1.571.000