Skip to main
  • Blog
  • 7 Fakta dan Manfaat ASI yang Perlu Diketahui

7 Fakta dan Manfaat ASI yang Perlu Diketahui

Tag: Kesehatan

Tahukah Sahabat Pintar, bahwa manfaat ASI tak sekadar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi? Pada dasarnya, air susu ibu memiliki peran penting bagi kehidupan anak mulai dari lahir hingga ia tumbuh dewasa.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan ibu menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi.

Hal ini bertujuan mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bayi yang optimal. Ketahui apa saja fakta serta manfaat ASI berikut ini.

1. Melindungi Bayi dari Penyakit

Salah satu manfaat ASI adalah melindungi bayi dari risiko penyakit yang bisa menyerang kekebalan tubuhnya.

Hal ini karena ASI mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari penyakit seperti diare dan pneumonia. Dua penyakit tersebut merupakan kondisi yang menyebabkan kematian anak di seluruh dunia.

Selain itu, remaja dan orang dewasa yang diberi air susu ibu saat bayi cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Pemberian ASI eksklusif juga menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 dan lebih mungkin memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

2. Mencegah Ibu Terkena Penyakit

Ibu yang menyusui memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara, kanker ovarium, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan depresi pascapersalinan.

Semakin lama seorang wanita memberikan ASI kepada buah hatinya yang masih bayi, semakin rendah risiko untuk mengidap beberapa penyakit tertentu.

3. Warna ASI Bisa Berubah

Tahukah Sahabat Pintar, bahwa warna ASI dapat berubah-ubah? Ya, warna ASI yang keluar saat ibu menyusui tidak selalu sama, teksturnya pun akan berbeda.

Terdapat dua jenis air susu ibu, yakni foremilk dan hindmilk. Foremilk adalah ASI yang keluar saat bayi mulai menyusui. Tekstur foremilk cenderung encer dan warnanya cenderung putih kebiruan.

Lalu, hindmilk merupakan cairan yang keluar sebelum sesi menyusu selesai. Warna hindmilk sedikit kekuningan dan sedikit kental karrna mengandung lemak lebih tinggi.

4. Rasa ASI Bisa Berubah

Selain warna, rasa ASI juga bisa berubah-ubah, tergantung dari asupan atau makanan yang ibu konsumsi. Oleh sebab itu, ibu tidak dianjurkan membatasi asupan atau ragam makanan yang dikonsumsi.

Makan beragam asupan hidangan selama masa menyusui dapat mencegah anak menjadi picky eater atau memilih-milih makanan ketika ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat.

5. Baik untuk Pencernaan Bayi

Manfaat ASI lainnya adalah mengandung dua jenis protein, yakni whey dan kasein. Komposisi protein whey sekitar 60 persen dan kasein 40 persen membuat ASI jadi lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

6. Meningkatkan Skor IQ Anak

Menurut studi dari jurnal BMC Pregnancy and Childbirth, anak yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki IQ sekitar 2,1 poin lebih tinggi. Hal ini berlaku ketika dibandingkan dengan anak yang hanya mengonsumsi susu formula.

Tidak hanya itu, anak yang mengonsumsi campuran ASI dan susu formula dilaporkan memiliki IQ 1,5 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang hanya diberikan susu formula.

Kendati begitu, skor IQ anak tidak hanya didasari oleh pemberian ASI sewaktu bayi. Faktor lain seperti lingkungan tempat tinggal dan pendidikan yang diberikan oleh orangtua juga dapat memengaruhi kecerdasan anak.

7. Mengandung Hormon Penting

Manfaat ASI lainnya adalah mengandung beberapa hormon yang dapat memengaruhi perkembangan bayi. Berikut hormon yang terkait dengan pemberian air susu ibu:

  • Melatonin: membantu ritme sirkadian yang mengatur tubuh bayi bangun dan waktunya tidur.
  • Tiroksin: membantu mematangkan usus dan metabolisme bayi Anda.
  • Epidermal Growth Factor (EGF): membantu mengembangkan dan mematangkan saluran pencernaan bayi.
  • Leptin: membantu mengontrol berat badan dan nafsu makan bayi.
  • Endorfin: membantu mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman bagi bayi.

Itu dia ketujuh fakta serta manfaat ASI yang perlu Sahabat Pintar ketahui. Untuk tahu penjelasan lebih lanjut mengenai ASI, Sahabat Pintar dapat berkonsultasi langsung dengan dokter.

Baca Juga:

Sumber:

  • Medela. 2022. 14 Fascinating Facts About Breastfeeding
  • BMC Pregnancy Childbirth. 2022. Breastfeeding, prenatal depression and children’s IQ and behaviour: a test of a moderation model.
  • UNICEF. 2022. 8 facts on breastfeeding
  • Kindred Bravely. 2022. 5 Fascinating Facts About Breast Milk

Konsultasi Kesehatan dengan Dokter Spesialis

Layanan Terkait

Lihat Semua
Telekonsultasi Spesialis via Video Call

Telekonsultasi Spesialis via Video Call

Mulai dari

Rp 181.000