Skip to main

Persiapkan Hal Ini Sebelum Anak Menjalani Tes COVID-19

Untuk mengetahui apakah anak terinfeksi COVID-19 atau tidak, Anda dapat mengamati gejala yang dialami anak. Umumnya, COVID-19 menyebabkan gejala, seperti batuk, demam, pilek, dan sakit tenggorokan.

Guna mendapatkan diagnosis akurat, Anda bisa mengajak anak tes COVID-19. Bagi orang dewasa, tes COVID-19 kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman saat tes COVID-19 ini dapat menjadi kekhawatiran sendiri bagi orangtua dan anak. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tes COVID-19 anak berjalan lancar. Berikut tipsnya.

1. Menjelaskan Apa itu Tes COVID-19

Sebagian besar anak-anak mungkin ketakutan ketika mendengar dirinya akan mengikuti tes kesehatan. Oleh karena itu, orangtua perlu menjelaskan prosedur serta hal yang akan dilakukan saat tes polymerase chain reaction (PCR) atau antigen.

Anda bisa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan disesuaikan dengan usia anak. Misalnya, jelaskan mengenai virus yang merupakan kuman berbahaya. Kuman bisa menyebabkan anak jadi sakit dan tidak bisa bermain dengan teman-temannya.

2. Beri Tahu Proses Pemeriksaan atau Tes

Menerangkan kepada anak tentang proses yang terjadi saat tes juga penting dilakukan. Penjelasan dapat membantu anak-anak bersikap lebih tenang saat pemeriksaan nanti.

Sementara itu, orang tua bisa menjelaskan, karena kuman sangat kecil dan tidak bisa dilihat kasat mata, maka perlu diperiksa oleh dokter menggunakan alat mikroskop.

Jelaskan kepada anak, satu-satunya cara melihat kuman di dalam tubuh adalah dengan menggunakan kapas panjang yang dimasukkan ke dalam hidung dan mulut.

Anda dapat memberi tahu tes tersebut akan menimbulkan rasa geli di hidung, seperti ingin bersin, namun rasa tersebut hanya muncul dalam waktu sebentar. Lalu, minta anak untuk tidak mendorong saat kapas panjang dimasukkan ke dalam hidung.

3. Berikan Rasa Aman dan Nyaman

Agar tes COVID-19 anak berjalan lancar, orangtua dapat memberikan rasa nyaman dan aman kepada anak. Caranya dengan menjelaskan bahwa Anda akan berada di sana untuk menemani selama proses tes hingga akhir.

Anda juga dapat membawa barang favorit anak saat tes COVID-19, misalnya boneka, selimut, atau buku cerita kesukaannya. Membawa barang favorit milik anak dapat membantu mereka tetap rileks saat di klinik atau laboratorium. Dengan demikian, anak bisa lebih tenang dan kooperatif menjalani pemeriksaan COVID-19.

Usai tes, Anda bisa memberikan hadiah berupa makanan atau minuman kesukaan anak. Memberikan kudapan favorit kepada anak dapat membuatnya menjadi lebih tenang dan berpikir bahwa tes COVID-19 bukanlah hal yang menakutkan.

4. Pilih Klinik atau Layanan Tes COVID-19 Tepercaya

Tidak mudah menghadapi rasa takut anak saat hendak melakukan tes COVID-19 di rumah sakit. Pasalnya, sebagian anak memiliki rasa takut tersendiri ketika melihat suasana klinik atau rumah sakit.

Solusinya, gunakan layanan tes COVID-19 home service. Orangtua dapat mengakses layanan dari Klinik Pintar ID untuk melayani Tes COVID-19 (PCR dan Antigen) di rumah agar pemeriksaan anak jadi lebih mudah, aman, dan nyaman.

  • Tes COVID-19 PCR di rumah.
  • Tes COVID-19 Antigen di rumah.

Tes COVID-19 yang bermitra dengan Klinik Pintar ID memiliki layanan pemeriksaan yang sesuai standar SOP medis, tepercaya, dan nyaman.

Semua prosedur untuk layanan home service dilakukan sesuai standar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Tenaga medis yang bertugas sudah memiliki izin, terlatih, dan menggunakan APD sekali pakai.

Orangtua juga bisa mengatur jadwal dan tempat di mana ingin menggunakan layanan tes COVID-19.

Untuk memeriksa dan memilih jenis layanan, biaya, hingga kota jangkauan, Anda bisa mengakses secara online di situs resmi Klinik Pintar.

Sources:

  • Children Hospital of Philadelphia. 2022. Preparing Your Child for Drive-through COVID-19 Testing.
  • MayoClinic Health System. 2022. Helping your children prepare for a COVID-19 test