Skip to main

Pentingnya Ulasan atau Online Review Terhadap Bisnis Klinik

Saat hendak mencari klinik dokter atau fasilitas kesehatan untuk berobat, umumnya calon pasien akan melihat review online atau ulasan di internet seperti laman Google terlebih dahulu.

Review yang terdapat di internet dapat menjadi salah satu faktor yang meyakinkan pasien untuk berkunjung ke klinik. Tidak hanya itu, pasien juga dapat mengetahui kualitas pelayanan di klinik dokter dari ulasan pasien lain yang pernah berkunjung.

Oleh karena itu, ulasan atau review online di klinik penting dipantau guna menjaga kualitas standar pelayanan dan mengembangkan bisnis. Terdapat beberapa hal yang perlu pemilik klinik ketahui tentang pentingnya online review atau ulasan daring klinik.

Pentingnya Ulasan Online Terhadap Bisnis Klinik

Ulasan di internet memengaruhi pendapat calon pasien tentang keputusan mereka untuk mengunjung klinik. Menurut Local Consumer Review Survey 2022 dari Bright Local, ini pentingnya ulasan online bagi usaha, termasuk klinik:

1. Ulasan atau Review Online Membentuk Opini Calon Pasien

Mayoritas calon pasien menggunakan ulasan di internet untuk membentuk opini tentang kualitas pelayanan di klinik.

Menurut survei, hanya 9 persen konsumen yang tidak membaca ulasan online. Sementara itu, 68 persen orang membentuk opini mereka hanya dengan membaca 1-6 ulasan di internet.

2. Ulasan Dipercaya Sebagai Rekomendasi Pribadi

Calon pasien dapat mempercayai ulasan yang ditulis di internet sebagai rekomendasi pribadi dari orang lain.

Sebanyak 84 persen orang mempercayai review online seperti halnya rekomendasi pribadi. Lalu, 74 persen konsumen mengatakan bahwa ulasan yang positif membuat mereka lebih percaya dan yakin akan berkunjung ke klinik dokter.

3. Membantu Meningkatkan Kunjungan ke Klinik

Ulasan di internet bukan hanya sekadar opini pasien terhadap kualitas layanan di klinik. Review online dapat membantu klinik mendapatkan pasien baru atau bahkan membuat calon pasien enggan berkunjung.

Masih menurut survei dari Bright Local, sebanyak 60 persen konsumen mengatakan bahwa ulasan negatif membuat mereka tidak ingin berkunjung ke klinik.

Lalu, hanya 14 persen konsumen yang akan mempertimbangkan untuk menggunakan bisnis dengan peringkat bintang 1-2.

Manfaat Lain Ulasan atau Review Online Pasien

Ulasan online dapat memengaruhi peringkat klinik Anda di mesin pencarian seperti Google. Dilansir dari PatientPop, hampir 75 persen orang mengklik 10 hasil pencarian organik di halaman pertama Google.

Google menggunakan algoritma yang tepat untuk menentukan peringkat situs atau pencarian klinik.

Selain itu, tiga faktor utama seperti relevansi (sesuai dengan yang pasien cari), jarak atau kedekatan, dan prominence (seberapa menonjol informasi klinik) juga menjadi pertimbangan klinik Anda berada di laman mesin pencarian internet.

Di samping itu, menurut Google, jumlah dan skor ulasan diperhitungkan untuk menentukan peringkat klinik dokter di mesin pencari.

Dengan kata lain, semakin banyak jumlah ulasan dan review online positif terhadap klinik, semakin mudah juga informasi mengenai klinik Anda muncul di mesin pencari seperti Google.

Secara tidak langsung, hal tersebut membuat semakin banyak pasien yang bergerak mengunjungi klinik dokter Anda sebagai tempat berobat.

Misalnya, ketika terdapat ulasan negatif terhadap klinik dokter. Ulasan tersebut dapat menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan di klinik. Pemilik klinik, tenaga kesehatan, dan star pun dapat melakukan langkah untuk memperbaiki kualitas pelayanan.

Oleh karena itu, review online tidak hanya sekadar menjadi ulasan semata dari pasien terhadap pengalamannya di klinik Anda.

Akan tetapi, hal itu juga dapat membantu pemilik klinik mengelola dan merencanakan strategi bisnis serta pemasaran ke depannya, terutama dalam meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Gabung Menjadi Mitra Klinik Pintar untuk Tingkatkan Layanan di Klinik

Tidak mudah menjalankan bisnis klinik tanpa strategi dan peningkatan kualitas layanan yang tepat. Untuk memudahkan dan meningkatkan kunjungan pasien, klinik dapat bergabung menjadi mitra Klinik Pintar.

Mitra Klinik Pintar mendapatkan manfaat, seperti sistem digitalisasi klinik untuk operasional, upaya meningkatkan standar pelayanan, dan pengembangan bisnis.

Apabila ketiga hal tersebut dikelola dengan baik, secara tidak langsung ulasan pasien mengenai pengalaman dan pelayanan di klinik dokter dapat menjadi positif. Hal tersebut dapat membawa manfaat tersendiri bagi bisnis klinik.

Mari bergabung menjadi mitra Klinik Pintar untuk mengembangkan usaha serta tingkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Baca Juga:

  • 6 Manfaat Bergabung Menjadi Mitra Klinik Paripurna
  • Catat, Ini 5 Cara Berkomunikasi yang Efektif dengan Pasien
  • 5 Tips Meningkatkan Kunjungan Pasien ke Klinik

Sumber:

  • Bright Local. 2022. Local Consumer Review
  • PatientPop. 2022. 4 Step to improve your Google Review Star Rating
  • PatientPop. 2022. The importance of online patient reviews for healthcare practices.

Mari Bermitra dan Tingkatkan Produktivitas di Klinik Anda