Skip to main
  • Blog
  • Tips Membuat Ruang Tunggu Klinik Terasa Nyaman dan Tidak Membosankan

Tips Membuat Ruang Tunggu Klinik Terasa Nyaman dan Tidak Membosankan

Tag: Klinik

Tidak semua orang senang berkunjung ke klinik kesehatan. Berobat ke klinik umumnya dianggap sebagai hal menyeramkan karena tindakan medis yang rasanya tidak nyaman atau hasil diagnosis dokter yang bikin hati berdebar.

Belum lagi, saat menunggu konsultasi dengan dokter, pasien umumnya dihadapkan dengan antrean yang cukup panjang. Salah satu cara agar pasien merasa nyaman saat datang berobat adalah dengan membuat ruang tunggu klinik terasa nyaman.

Tips Membuat Ruang Tinggi Klinik Terasa Nyaman

Kenyamanan di ruang tunggu juga dapat membuat kunjungan pasien meningkat. Bagaimana cara membuat ruang tunggu klinik terasa lebih nyaman? Intip beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pertimbangkan untuk Ganti Furnitur dan Tata Letak Bangku

Kursi ruang tunggu klinik umumnya saling berdempetan, saling berhadapan, atau saling membelakangi.

Perlu diketahui, pasien yang berobat umumnya datang dalam keadaan kurang baik sehingga mereka membutuhkan privasi. Duduk saling berdekatan dan rentan bersentuhan dengan orang lain dapat membuat mereka tidak nyaman.

Pemilik klinik dapat mempertimbangkan mengganti furnitur seperti meja atau kursi yang bisa digeser atau dipindahkan. Furnitur meja dan kursi tersebut dapat digunakan pasien untuk berdiskusi dengan keluarga.

Memberikan ruang tunggu keluarga atau ruang tunggu private juga dapat membantu meningkatkan kenyamanan pasien saat berobat ke klinik.

2. Sediakan Sarana Hiburan

Hiburan di ruang tunggu klinik, seperti televisi, majalah, dan beberapa unit gadget bermanfaat mengurangi stres dan membuat waktu berlalu lebih cepat.

Karena itu, pertimbangkan untuk menambahkan berbagai bentuk hiburan untuk melayani pasien dari segala usia, termasuk:

  • Bila memungkinkan, siapkan beberapa layar televisi dengan saluran berbeda. Klinik bisa menyetel saluran memasak, olahraga, dan berita terkini.
  • Majalah atau buku bacaan terbaru juga dapat menjadi hiburan saat menunggu di ruang tinggi klinik. Pemilik klinik dapat menyediakan buku dan majalah topik kesehatan sebagai alat menghalau jenuh saat pasien di ruang tunggu.
  • Jika luas ruang tunggu klinik terbatas, cobalah menambahkan beberapa unit iPad atau tablet gadget yang dilengkapi dengan aplikasi e-book dan video game di dalamnya. Video game terbukti efektif menghilangkan stres, frustrasi, dan emosi negatif.

3. Sediakan Ruang Tunggu Khusus

Beberapa pasien yang berkunjung ke klinik umumnya harus izin, cuti, atau bahkan mengesampingkan pekerjaannya.

Untuk sebagian pasien, waktu menunggu antrean bisa digunakan sembari mengerjakan pekerjaan mereka yang tertunda.

Klinik bisa mempertimbangankan untuk menambahkan beberapa hal ini supaya pasien tetap produktif saat menunggu antrean:

  • Koneksi WiFi gratis.
  • Banyak saklar listrik.
  • Meja kerja untuk individu atau komunal.

Bila memungkinkan, sediakan pula area bermain anak. Area tersebut dapat membuat anak-anak yang ikut menunggu antrean dokter tetap tenang dan terhibur tanpa mengganggu kenyamanan pasien lain.

4. Atur Ruangan Menjadi Lebih Nyaman

Sebagian besar klinik atau rumah sakit memiliki suasana yang dingin atau kaku. Agar pasien nyaman saat berada di ruang tunggu, pemilik klinik dapat memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Atur pencahayaan. Hindari penggunaan lampu fluorescent yang cahayanya terlalu terang. Dianjurkan memadukan cahaya dari lampu dan cahaya alami dari jendela klinik.
  • Putar musik. Musik yang lembut dapat membuat pasien jadi lebih relaks. Pasang musik pop instrumental atau musik klasik agar ruang tunggu klinik terasa lebih nyaman.
  • Tambahkan dekorasi. Tanaman dan bunga di dalam ruang klinik membuat ruang tunggu terlihat lebih nyaman dan bisa mengurangi tingkat stres.
  • Camilan dan air minum gratis. Tidak ada salahnya memberikan camilan dan minuman gratis kepada pasien. Camilan dapat membuat tingkat stres pasien jadi lebih menurun.
  • Menyediakan asisten di ruang tunggu. Untuk membuat pasien merasa benar-benar disambut dan diperhatikan, sediakan staf untuk menyapa, membimbing, dan membantu pasien saat menunggu di ruang tunggu klinik.

5. Bergabung Menjadi Mitra Klinik Pintar

Untuk mewujudkan klinik yang memiliki standar pelayanan dan fasilitas memadai, pemilik klinik dapat bergabung menjadi mitra Klinik Pintar.

Dengan bergabung bersama Klinik Pintar, pemilik klinik bisa menciptakan standar fasilitas klinik yang tepercaya, jelas (transparan), dan nyaman.

Bermitra dengan Klinik Pintar juga dapat meningkatkan kualitas pengalaman pasien untuk mengakses berbagai perawatan kesehatan dengan standar yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pemilik klinik juga bisa mendapatkan dukungan pengembangan dan pengelolaan bisnis, baik secara online melalui e-commerce, online payment, hingga asuransi

Untuk bergabung bersama Klinik Pintar, Anda bisa daftar di sini https://klinikpintar.id/untuk-klinik/registrasi