Skip to main

6 Manfaat Bergabung Menjadi Mitra Klinik Paripurna

Klinik merupakan fasilitas kesehatan primer yang memiliki peran penting bagi kesehatan masyarakat. Sayangnya, terdapat banyak permasalahan serta kendala di klinik, sehingga perlu segera mendapatkan solusi yang tepat sasaran.

Mari ketahui beberapa kendala klinik di Indonesia serta solusi yang bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Masalah yang Dihadapi Klinik di Indonesia

Berbagai faktor seperti kurangnya kemampuan klinik beradaptasi dengan perkembangan teknologi, layanan dan fasilitas yang tidak memadai, serta minimnya strategi pengembangan bisnis, dapat menyebabkan bisnis klinik yang stagnan.

Perlu diketahui, sebagian besar data kesehatan belum diperbarui dan tidak konsisten. Pandemi COVID-19 juga membuat tersadar akan pentingnya digitalisasi, terutama di sektor kesehatan primer, seperti klinik, yang berperan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan.

Oleh sebab itu, Klinik Pintar menyediakan solusi secara menyeluruh terhadap permasalahan tersebut.

Tidak hanya melalui digitalisasi, Klinik Pintar menyediakan program bergabung menjadi mitra untuk memberdayakan klinik agar lebih maju melalui jaringan pendukung yang terintegrasi.

Manfaat Menjadi Mitra Klinik Pintar

Guna menjawab permasalahan yang ada di klinik, Klinik Pintar telah menyiapkan solusi melalui program kemitraan.

Terdapat beberapa manfaat yang didapat ketika bergabung bersama Klinik Pintar. Simak ulasannya di sini.

1. Sistem Operasional Klinik yang Terdigitalisasi

Salah satu kendala utama klinik adalah sulitnya mendapatkan operational system (OS) yang canggih dan efeisien.

Kini, klinik membutuhkan sistem operasional yang terdigitalisasi, mulai dari pendaftaran pasien, operasional rawat jalan, hingga transaksi pembayaran.

Dengan bergabung menjadi mitra Klinik Pintar, klinik paripurna mendapatkan sistem operasional terdigitalisasi dari teknologi yang terintegrasi (saling terhubung).

Sistem tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan mitra klinik, efisien, canggih, modern, dan efektif untuk operasional bisnis.

Di antaranya, bergabung menjadi mitra klinik paripurna bisa mendapatkan manfaat sistem operasional, seperti:

  • Pasien dapat mendaftar secara mandiri melalui platform pendaftaran online dari sistem digital Klinik Pintar.
  • Mendapatkan perangkat pendukung untuk menjalankan sistem operasional di klinik seperti tablet dan kiosk.
  • Supaya lebih efisien dalam melayani pasien, klinik mendapatkan teknologi chatbot di WhatsApp Klinik Pintar.
  • Mitra klinik mendapatkan platform telekonsultasi menggunakan video yang dapat terhubung dengan rekam medis pasien.
  • Mendapatkan laporan yang aktual, lengkap, dan informatif. Utamanya mengenai pendapatan klinik, komisi dokter, hingga statistik klinik.

2. Renovasi Klinik

Tampilan klinik, baik eksterior maupun interior, yang bersih dan modern dapat menjadi daya tarik bagi pasien yang ingin mencari tempat perawatan kesehatan serta pengobatan. Tidak dimungkiri, renovasi bangunan dan fungsi ruangan sangat dibutuhkan bagi setiap klinik untuk bisa berkembang.

Klinik dengan fasad bangunan atau desain ruangan yang menarik, bersih, dan modern dapat membuat pasien merasa nyaman.

Sebagian besar pasien umumnya juga menentukan kualitas perawatan dari tampilan klinik. Maka itu, renovasi atau perbaikan klinik dapat menjadi salah satu strategi tepat untuk meningkatkan kunjungan pasien.

Di samping itu, pintu yang dibuka keluar ke dalam, stiker informasi/penunjuk arah di lantai, adanya ruangan khusus (seperti ruang laktasi) menjadi beberapa kriteria penilaian akreditasi klinik.

Saat bergabung bersama mitra Klinik Pintar, mitra klinik bisa mendapatkan manfaat renovasi fasad bangunan dan interior klinik yang sesuai serta mendukung pencapaian akreditasi.

3. Mendukung Akreditasi Klinik

Mitra Klinik Pintar akan didukung untuk mencapai standar akreditasi klinik. Akreditasi merupakan pengakuan fasilitas kesehatan klinik yang diberikan oleh lembaga atau penyelenggara independen.

Nilai dan ketentuan akreditasi ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, sehingga merupakan hal penting yang harus dipatuhi dan wajib diikuti setiap klinik di Indonesia.

Guna memiliki standar klinik yang telah ditetapkan Kemenkes, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian, seperti sistem administrasi, manajemen klinik, serta upaya kesehatan perorangan (klinis).

Diperlukan sistem yang terintegrasi dan perencanaan yang matang untuk meningkatkan serta menjaga standar klinik.

4. Pinjaman Modal untuk Pengembangan Klinik

Setiap bisnis klinik umumnya ingin berkembang pesat, semakin terdepan, serta maksimal dalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat. Namun, hal itu membutuhkan modal atau biaya pengembangan yang membutuhkan dana tidak sedikit.

Bermitra bersama Klinik Pintar membawa keuntungan tersendiri, yakni mendapatkan pinjaman modal untuk pengembangan klinik.

Dana pinjaman bisa didapat apabila mitra dan Klinik Pintar memiliki visi serta misi yang sama untuk membangun, memajukan, serta memberdayakan klinik.

Pinjaman modal untuk mitra klinik juga dapat digunakan untuk memaksimalkan penambahan alat kesehatan, obat-obatan, serta memaksimalkan kualitas pelayanan di klinik.

5. Akses Persediaan Obat dan Alat Kesehatan

Tidak semua klinik mendapatkan akses pengadaan alat kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkan. Padahal, ketersedian obat dan fasilitas alat kesehatan (alkes) menjadi hal penting untuk menunjang sistem perawatan dan pengobatan di klinik.

Dengan bergabung menjadi mitra Klinik Pintar, Anda bisa mendapatkan akses untuk pengadaan obat dan alat-alat kesehatan. Bersama Klinik Pintar, mitra klinik bisa mendapatkan alat kesehatan yang lengkap dengan harga terjangkau.

6. Mendukung Promosi dan Kegiatan Pemasaran Klinik

Promosi layanan, program pengobatan, atau kegiatan pemasaran sangat penting untuk meningkatkan pendapatan klinik. Promosi utamanya bertujuan mempersuasi pasien agar mau berobat di klinik serta menjangkau calon pasien dalam lingkup lebih luas.

Bergabung menjadi mitra Klinik Pintar mendapatkan benefit spesial, yakni diberikan dukungan untuk mengadakan kegiatan pemasaran dan promosi.

Di antaranya, mitra mendapatkan promosi branding klinik secara gratis melalui berbagai platform online. Klinik Pintar juga memberikan support berupa marketing kit, seperti banner, flyer, atau brosur yang mempermudah pasien untuk mengetahui serta mengakses berbagai layanan di klinik.

Tidak hanya itu, ketika bergabung menjadi mitra, Klinik Pintar dapat membantu menyediakan strategi marketing lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klinik.

Dengan demikian, mari bergabung menjadi bagian dari mitra Klinik Pintar untuk mengembangkan usaha, meningkatkan kualitas layanan dan standar medis Indonesia.

Untuk mendapatkan penawaran dan kerja sama menjadi mitra Klinik Pintar, Anda dapat mengakses link Kemitraan Klinik.

Baca Juga:

Mari Bermitra dan Tingkatkan Produktivitas Usaha Klinik Anda