Skip to main

Ketahui Manfaat, Efek Samping, hingga Harga Implan Gigi

Tak bisa dipungkiri, gigi yang tanggal atau copot dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Namun tanpa disadari, gigi yang copot bukan hanya menimbulkan masalah estetika saja, melainkan ada beberapa dampak buruk yang akan kamu rasakan jika gigi copot tanpa menggantinya.

Pasalnya, ketika gigi tanggal karena cedera atau penyakit, seseorang dapat mengalami komplikasi seperti pengeroposan tulang secara cepat, gangguan bicara, atau masalah mengunyah yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untungnya berkat kemajuan teknologi, kini kamu bisa mengganti gigi yang hilang dengan implan gigi. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan implan gigi, yuk ketahui manfaat dan efek samping implan gigi berikut ini!

Konsultasikan Segera

Apa Itu Implan Gigi?

Implan gigi adalah prosedur penggantian akar gigi dengan akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut. Prosedur implan gigi melibatkan pemasangan bahan logam khusus, seperti titanium ke dalam rahang, yang kemudian menyatu dengan tulang untuk menopang gigi buatan atau crown gigi.

Keunggulan utama implan gigi adalah kemampuannya untuk meniru fungsi dan penampilan gigi alami, memberikan hasil yang tahan lama dan nyaman. Selain itu, implan gigi juga dapat mencegah resorpsi tulang, yang sering terjadi setelah kehilangan gigi.

Manfaat Implan Gigi

Berikut beberapa manfaat implan gigi yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang Rahang

Jika tidak ada gigi, tulang rahang akan rusak karena kurangnya rangsangan. Jika tidak ada implan yang dipasang pada tahun pertama setelah gigi tanggal, area tulang tersebut akan kehilangan 25% volumenya, dan pengeroposan tulang akan terus berlanjut selama bertahun-tahun.

Dibandingkan gigi palsu, implan gigi dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang rawan. Sebab, implan menggantikan akar dan gigi, yang mana ini dapat membantu proses mengunyah kembali normal, sehingga implan memberikan rangsangan yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang alami dan mencegah penurunan massa tulang.

Sedangkan penggunaan gigi palsu, cenderung akan kendur seiring waktu, lalu bergesekan dengan punggung tulang sehingga dapat mempercepat pengeroposan tulang.

2. Mencegah Kerusakan Gigi Sekitar

Ketika satu atau beberapa gigi hilang, gigi di sekitarnya cenderung mengalami pergeseran atau miring untuk mengisi celah tersebut. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan membuat gigimu keluar dari posisinya dan dapat memengaruhi masalah gigitan, kemampuan mengunyah, hingga bisa membuatmu kesulitan membersihkan gigi dengan baik.

Dari sini, manfaat implan gigi yang bisa kamu dapatkan yaitu bisa membantu mencegah pergeseran atau kerusakan gigi sekitarnya dan mencegah masalah gigitan.

Baca Juga:

3. Mencegah Penyakit Gusi

Implan gigi sebenarnya tidak secara langsung mencegah penyakit gusi, tetapi dapat membantu mencegah masalah gusi akibat gigi yang hilang. Pasalnya, ketika gigi hilang, tulang rahang di sekitarnya cenderung mengecil karena kehilangan dukungan dari gigi tersebut.

Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan pergeseran gigi di sekitarnya dan celah di antara gigi, yang menjadi tempat ideal untuk bakteri berkembang biak akibat sisa makanan yang terperangkap dan sulit dibersihkan.

Manfaat implan gigi ini dapat membantu menggantikan gigi yang hilang dan mencegah perubahan struktural pada rahang. Dengan begitu, implan dapat membantu mencegah masalah gusi seperti peradangan, perdarahan, dan infeksi.

Konsultasikan Segera

4. Mengembalikan Fungsi Mengunyah Gigi

Implan gigi adalah solusi yang sangat efektif untuk mengembalikan fungsi mengunyah. Pasalnya, implan gigi dirancang untuk menggantikan akar gigi yang hilang dengan memberikan kestabilan dan kekuatan yang mirip dengan gigi aslinya.

Risiko dan Efek Samping Implan Gigi

Risiko dan Efek Samping Implan Gigi.jpg

Mirip dengan operasi apa pun, pemasangan implan gigi juga menimbulkan beberapa risiko kesehatan. Masalah jarang terjadi, dan bila terjadi, biasanya masalah kecil dan mudah diobati. Berikut beberapa efek samping implan gigi yang dapat terjadi:

1. Infeksi

Infeksi adalah risiko umum setelah pemasangan implan gigi. Meskipun langkah-langkah kebersihan yang ketat telah dilakukan selama prosedur, infeksi masih bisa terjadi selama masa pemulihan, terlebih jika kamu tidak menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

Saat mengalami infeksi, kamu akan mengalami gejala berupa pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di sekitar area implan.

2. Peradangan dan Nyeri

Efek samping implan gigi selanjutnya yaitu peradangan dan nyeri. Beberapa pasien mungkin mengalami peradangan atau nyeri setelah pemasangan implan.

Meski begitu, biasanya ini bersifat sementara selama proses penyembuhan, tetapi dalam beberapa kasus, kamu memerlukan intervensi tambahan untuk mengatasi efek samping ini. Oleh karena itu, dibutuhkan konsultasi berkala ke dokter gigi.

3. Kegagalan Implan

Meskipun jarang terjadi, kegagalan implan bisa menjadi risiko yang bisa kamu alami. Kegagalan implan sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya integrasi tulang atau masalah teknis selama pemasangan. Jika implan gagal, perlu dilakukan prosedur tambahan untuk menggantinya.

Selain itu, kegagalan implan gigi juga bisa terjadi karena perkembangan bakteremia. Dalam beberapa kasus, bakteri dapat mencemari implan itu sendiri selama pemasangannya. Bakteri tersebut kemudian dapat menginfeksi lokasi implan dan sekitarnya.

Perawatan Implan Gigi

Meskipun implan gigi dirancang tahan lama, namun sama seperti gigi asli, implan gigi juga memerlukan perawatan. Jika kamu memiliki atau sedang mempertimbangkan untuk melakukan implan gigi, penting untuk memahami kebutuhan perawatan apa saja yang diperlukan agar gigi tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Sebenarnya, perawatan implan gigi ini sama dengan gigi biasa, seperti:

  • Menyikat gigi dua kali sehari
  • Membersihkan gigi dengan benang setiap hari
  • Sering menggunakan obat kumur dan berkumur
  • Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan implan Anda
  • Menghindari makan makanan keras seperti kacang-kacangan dan es
  • Menghindari merokok atau menggunakan segala bentuk produk tembakau
  • Menjaga pola makan yang sehat

Konsultasikan Segera

Rekomendasi Klinik Gigi dan Harga Implan Gigi

Bagi kamu yang memiliki masalah gigi tanggal dan ingin melakukan prosedur implan gigi, kamu bisa mengunjungi Klinik Muslimedika Tebet by Klinik Pintar. Klinik Muslimedika adalah pilihan yang tepat untuk pemasangan implan gigi.

Klinik gigi di Tebet ini tidak hanya menyediakan layanan kesehatan gigi yang berkualitas, namun juga memberikan perawatan gigi yang aman, nyaman dan sesuai dengan prinsip Islam.

tetapi juga memiliki tim profesional yang berpengalaman dalam pemasangan implan. Dengan pendekatan yang holistik dan nilai-nilai keislaman yang diterapkan, Klinik Muslimedika dapat memberikan perawatan gigi yang aman, nyaman, dan sesuai dengan prinsip-prinsip etika medis Islam.

Dengan tim dokter gigi Tebet yang berpengalaman, klinik gigi Tebet ini menyediakan pemasangan gigi palsu lepasan, crown, dan implan dengan presisi tinggi.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan implan gigi namun masih khawatir akan keamanannya, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi terbaik di Tebet yang telah kami hadirkan.

Lantas, berapa harga implan gigi di Klinik Muslimedika by Klinik Pintar? Nah, untuk harga implan gigi di klinik ini masuk ke dalam layanan perawatan gigi palsu dengan harga mulai dari Rp2 juta saja.

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan perawatan gigi yang maksimal dari tim dokter gigi yang berpengalaman. Yuk segera periksakan gigimu!

Sumber:

Twilight Dental Group. Are Implants Safe? The Benefits and Risks of Dental Implants.

Mary River Dental. Advantages And Disadvantages Of Dental Implants. 24 Januari 2023.

Daas Dentistry. Our Guide to Dental Implants – The Benefits and Risks. 28 Agustus 2019.

University Dentistry. The Benefits of Dental Implants.

Amankan Jadwal Anda di Klinik