7 Tanda Awal Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan yang sebenarnya harus diwaspadai namun bisa dihindari. Sakit gigi berlubang yang tidak ditangani dikarenakan dapat menyebabkan masalah komplikasi gigi yang cukup serius dan mengganggu kesehatan. Berikut ini 7 (tujuh) tanda awal gigi Anda mulai berlubang.

Tanda Awal Gigi Berlubang

Seperti masalah-masalah kesehatan yang lain, gigi yang berlubang juga ada tanda-tandanya. Biasanya penderita gigi berlubang tidak menyadari bahwa giginya mulai tidak sehat. Jika Anda merasakan tujuh tanda berikut Anda bisa memeriksakan kesehatan gigi pada dokter gigi terdekat.

Bau Mulut

Sebagian orang yang memiliki bau mulut tidak sadar bahwa mereka sedang punya bau mulut. Beberapa orang di antara penderita bau mulut baru sadar ketika ada orang lain yang memberitahu. Padahal jika di runtut ternyata bau mulut adalah tanda awal terjadinya gigi berlubang.

Menurut penelitian gigi yang berlubang juga akan menyebabkan bau mulut pada penderita. Hal ini karena terjadinya penumpukan bakteri karena ada sisa makanan pada gigi yang tidak dibersihkan. Gigi berlubang yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan bau mulut yang berkepanjangan.

Keluarnya Darah

Makanan yang Anda kunyah jika tidak dibersihkan dengan baik akan sangat mungkin menjadi sarang bakteri. Bakteri ini merupakan momok yang harus Anda hindari karena bisa menyebabkan banyak masalah gigi. Sebenarnya menghindarkan gigi dari bakteri cukup mudah yaitu dengan membersihkan gigi secara rutin dan berkala.

Bakteri pada gigi jika dibiarkan akan menginfeksi dan menyerang saraf. Selain muncul rasa nyeri, infeksi yang parah juga bisa menimbulkan keluarnya darah dari sela-sela gigi.

Jadi saat gigi Anda mengeluarkan darah, Anda patut waspada. Jangan-jangan gigi dalam rongga mulut sudah terinfeksi oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

Gangguan Tidur

Pola hidup yang kurang sehat khususnya pada organ mulut dan gigi dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang. Gejala awal yang mungkin timbul ada munculnya rasa nyeri tanpa melihat waktu. Banyak juga yang mengalami rasa nyeri ketika jam istirahat di malam hari.

Akibatnya tidur menjadi tidak nyenyak dan berkualitas. Padahal tidur malam menjadi salah satu obat untuk bisa beraktivitas dengan semangat di pagi hari. Gejala kesulitan tidur karena gigi yang nyeri bisa menjadi pertanda bahwa lapisan dari gigi mulai digerogoti oleh bakteri jahat.

Baca Juga: Cara Merawat Gigi Berlubang

Gigi Menjadi Sensitif dan Nyeri

Selain serangan nyeri yang mendadak pada gigi, tanda awal gigi berlubang juga ditandai dengan gigi menjadi sensitif. Nyeri juga bisa timbul saat Anda memakan makanan panas, dingin dan bahkan tanda yang paling parah adalah nyeri saat makan makanan yang manis. Rasa sakit ini muncul karena lapisan enamel pada gigi mulai berkurang atau bahkan sudah hilang sama sekali.

Kehilangan enamel ini akan mengakibatkan dentin menjadi terekspos dan jika dentin maka bakteri akan menyerang saraf gigi. Jadi saraf menjadi terlampau sensitif karena perubahan suhu.

Munculnya Stain pada Gigi

Tanda awal sakit gigi berlubang lainnya adalah muncul noda pada gigi. Noda ini bisa berwarna putih, coklat ataupun hitam. Jika dibiarkan noda ini akan berkembang semakin luas. Noda biasanya mengikuti alur dari permukaan gigi.

Jika noda sudah muncul, Anda lebih baik langsung ke dokter gigi untuk mengobatinya. Jangan menunggu hingga gigi terasa nyeri karena itu berarti keadaan gigi sudah sangat memburuk. Hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja sebelum gigi menjadi berlubang.

Jika sudah berlubang maka proses penambalan gigi akan memerlukan waktu yang lama. Apalagi jika sudah terkena syaraf, dokter biasanya akan menunggu hingga rasa sakit mereda dan baru melakukan tindakan setelahnya.

Nyeri Saat Mengunyah Makanan

Kecenderungan lainnya yang menjadi awal munculnya sakit gigi berlubang adalah nyeri pada saat mengunyah. Jadi tanda gigi berlubang tidak hanya sensitif terhadap panas/dingin atau rasa sakit yang tiba-tiba muncul namun juga nyeri saat mengunyah. Bakteri yang telah menumpuk dan menggerogoti enamel gigi seiring berjalannya waktu akan sampai pada titik saraf gigi.

Jika gigi yang mulai berlubang tadi dipergunakan untuk mengunyah makanan seringnya akan timbul rasa sakit. Rasa ini akan mengurangi kenikmatan makanan yang dimakan. Jika nafsu makan berkurang karena rasa sakit saat mengunyah sudah dipastikan tubuh kekurangan asupan kalori sehingga tubuh menjadi lemah dan kurang gizi.

Terdapat Lubang Kecil di Gigi

Tanda yang pasti gigi akan berlubang adalah munculnya lubang kecil. Lubang-lubang ini merupakan pekerjaan bakteri yang berhasil merusak enamel dari gigi. Apalagi ditambah kebersihan gigi yang sangat kurang.

Jika sudah muncul lubang di gigi jangan menunda lagi ke dokter gigi. Hal ini karena lubang kecil tersebut tidak bisa diobati secara manual di rumah. Lubang tersebut akan terus menerus membesar.

Cara yang paling ampuh datang ke praktik dokter gigi dan meminta untuk menutup lubang tersebut. Biasanya dokter akan membersihkan terlebih dahulu sebelum melakukan penambalan pada gigi yang mulai berlubang.

Apabila gigi berlubang dapat diketahui lebih awal kemungkinan besar lubang pada gigi tidak membesar. Saraf gigi juga tidak akan terserang bakteri dan menyebabkan rasa sakit. Namun yang paling penting menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi secara rutin dan berkunjung secara berkala setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi akan menghindarkan Anda dari gigi berlubang.

Clinicmayo. Cavities/tooth decay

Clavelandclinic. Cavities