7 Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut yang Paling Sering Terjadi

Masih banyak orang yang belum sadar pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gigi dan mulut dapat membuat kualitas hidup jadi menurun. Bahkan, penyakit mulut dan gigi dapat menjadi tanda bahwa kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak baik.

Oleh sebab itu, ketahui tujuh masalah gigi dan mulut yang paling umum dialami orang dewasa maupun anak-anak berikut ini.

1. Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis adalah penyakit mulut yang dapat membuat seseorang jadi tidak percaya diri.

Menurut studi dari International Dental Journal of Science, kondisi gigi dapat menjadi 85 persen penyebab orang mengalami bau mulut. Kondisi gigi dan mulut tersebut di antaranya:

• Penyakit gusi.
  • gigi berlubang.
  • Kanker mulut.
  • Mulut kering.
  • Bakteri di lidah.

Apakah obat kumur bisa menghilangkan bau mulut? Obat kumur hanya bisa mengatasi napas tidak sedap sementara. Kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Konsultasikan Segera

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah masalah kesehatan gigi dan penyakit mulut yang cukup umum terjadi. Gigi berlubang diawali oleh kerusakan akibat adanya plak. Plak yang bercampur dengan asam dan gula dari makanan yang Anda konsumsi dapat menyerang lapisan email gigi.

Cara terbaik untuk mencegah kerusakan gigi adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari, flossing setiap hari, dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Selain itu, Sahabat Pintar bisa membatasi konsumsi makanan ringan dan minuman tinggi gula untuk mencegah penumpukan plak di gigi.

3. Radang Gusi

Kondisi ini adalah infeksi gusi di sekitar gigi. Penyakit gusi juga merupakan penyebab utama orang dewasa mengalami kehilangan gigi atau gigi ompong.

Sahabat Pintar tidak boleh mengabaikan masalah gusi yang satu ini, ya. Sebab beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gusi dan masalah jantung. Penumpukan plak di bawah garis gusi dapat menyebabkan kondisi penyakit gusi.

Tanda bila seseorang mengalami penyakit gusi adalah:

• Gusi mudah berdarah.
  • Gusi bengkak.
  • Bau mulut.
  • Gusi turun.
  • Gigi mudah tanggal atau copot.

4. Gigi Sensitif

Gigi sensitif adalah kondisi kesehatan gigi dan mulut yang paling sering terjadi. Kondisi ini dapat membuat Sahabat Pintar menjadi tidak nyaman saat mengonsumsi makanan bersuhu dingin atau panas.

Kondisi gigi sensitif dapat disebabkan oleh gigi berlubang, email atau tambalan gigi yang aus, penyakit gusi, gigi retak, atau akar gigi yang terbuka.

5. Sariawan

Sariawan adalah kondisi yang banyak dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi kesehatan gigi dan mulut ini ditandai dengan adanya luka pada jaringan gusi dan mulut serta menimbulkan rasa nyeri,

Sariawan bisa diakibatkan oleh gigi berlubang, gigi patah yang tajam, karang gigi, dan sisa akar gigi. Selain itu, sariawan dapat disebabkan oleh penyakit seperti cacar air atau kekurangan zat besi.

6. Impaksi Gigi

Gigi bungsu atau impaksi gigi merupakan salah satu penyebab sakit gigi yang paling sering dialami orang dewasa.

Kondisi ini ditandai ketika gigi bungsu paling belakang tumbuh, namun tidak mendapat ruang yang cukup. Dampaknya, gigi bungsu akan menekan jaringan gigi lain sehingga menyebabkan rasa nyeri hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Konsultasikan Segera

7. Noda di Gigi

Kondisi ini adalah masalah kesehatan gigi dan gusi yang umum terjadi. Penyebab gigi kuning dan terdapat noda adalah makanan, obat-obatan, merokok, dan trauma.

Untuk mengatasi noda pada gigi, Sahabat Pintar dapat konsultasi dengan dokter gigi. Nantinya, dokter dapat melakukan perawatan seperti menggunakan bahan pemutih dan lampu khusus.

Sahabat Pintar juga dapat menggunakan pasta gigi yang fungsi khususnya menghilangkan noda di permukaan dan mencerahkan gigi.

Itu dia ketujuh masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi dan dapat dialami siapa pun. Untuk mencegah kondisi di atas, sebaiknya rutin periksa ke dokter gigi setiap enam bulan dan rawat gigi dengan menyikat gigi, flossing, dan menghindari kebiasaan yang merusak gigi.

VeryWell. 2022. The Most Common Dental Problems

WebMD. 2022. 15 Tooth Problems