Skip to main
  • Blog
  • Cara Sederhana untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Apotek

Cara Sederhana untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Apotek

Tag: Klinik, Farmalkes

Bisnis apotek yang menyediakan pengadaan obat-obatan dan alat kesehatan (alkes) selalu menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Ada banyak strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan omset bisnis apotek. Pemilik bisnis apotek dan klinik bisa mulai dengan menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan dengan cara berikut ini.

1. Memahami Risiko Bisnis

Bisnis apa pun memiliki tantangan serta dan risiko kerugian. Oleh sebab itu, perlu diketahui terlebih dahulu masalah atau kendala yang kerap terjadi di bisnis apotek.

Tujuan identifikasi masalah ini berguna mengantisipasi masalah ke depannya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa kendala yang kerap terjadi pada bisnis pengadaan obat dan alat kesehatan:

  • Stok barang habis, rusak, atau kedaluwarsa
  • Kenaikan harga produk yang dijual
  • Keliru menentukan opname barang
  • Kecurangan yang dilakukan karyawan atau pelanggan

Pemilik apotek dan juga staf yang bertanggung jawab dapat menelaah satu per satu masalah di atas. Setelah itu, cobalah meminimalkan risikonya dengan melakukan strategi yang tepat.

Selain itu, guna meningkatkan pendapatan, cobalah menetapkan omset yang ingin dicapai dalam beberapa waktu tertentu. Menentukan pendapatan yang ingin diraih bisa dicapai secara realistis sesuai strategi bisnis yang Anda pilih.

2. Desain Apotek Semenarik Mungkin

Kebanyakan desain apotek tidak terlalu menarik karena mementingkan fungsi dan efisiensinya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika pemilik bisnis ingin mendesain apotek agar lebih estetik, nyaman, serta menarik.

Misalnya, kenyamanan di apotek bisa diwujudkan dengan tata letak ruang tunggu dan rak tempat obat dipajang. Tidak lupa, jika menyediakan sistem self service, pastikan letak antar rak dibuat senyaman mungkin agar pelanggan mudah mengambil dan menemukan produk.

Menyediakan ruang yang cukup luas untuk pelanggan menunggu antrean atau sekadar berjalan-jalan juga dapat menjadi ide menarik.

Desain interior juga dapat dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan pendapatan bisnis apotek. Pilihannya bisa dengan mengatur cahaya yang tepat, mengecat ruangan dengan warna yang nyaman seperti biru atau putih, dan menyediakan fasilitas penunjang seperti televisi atau Wifi.

3. Menampilkan Testimoni

Menampilkan review atau testimoni positif dari pelanggan juga dapat menjadi cara meningkatkan pendapatan bisnis apotek.

Pasalnya, jika testimoni dari pelanggan dapat membantu calon konsumen lainnya untuk menemukan produk atau layanan apotek yang lebih baik. Testimoni dapat dipajang di banner, website, dan media sosial milik apotek.

Selain itu, cobalah menampilkan testimoni kepuasan pelanggan dengan menayangkannya di televisi milik apotek. Tayangan ini dapat disaksikan oleh konsumen di ruang tunggu.

4. Promosi

Promosi merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan kunjungan pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis apotek. Cobalah memasang iklan promosi dan diskon dari produk tertentu di website, media sosial, atau melalui Whatsapp blast.

Tidak dimungkiri, pelanggan yang tertarik dengan promosi akan mengunjungi apotek dan membeli produk.

Di samping itu, menggunakan strategi kartu loyalitas pelanggan juga patut dicoba. Misalnya, Anda bisa memberikan satu produk gratis jika pelanggan sudah bertransaksi dengan jumlah tertentu.

5. Berikan Pelatihan Kepada Karyawan

Hal penting yang tidak boleh luput dalam menjalani bisnis apotek adalah memberikan pelayanan dan pengalam terbaik bagi pelanggan.

Bagaimana cara mencapai kepuasan pelanggan? Berikan pelatihan atau training kepada karyawan, staf kasir, customer service, admin media sosial, maupun semua orang yang terlibat dalam operasional apotek.

Pelatihan yang bisa dilakukan adalah pemahaman produk yang dijual dan cara berkomunikasi yang baik serta efektif dengan pelanggan.

Dapatkan pasokan obat-obatan dan alat kesehatan berkualitas dengan garansi harga termurah dan proses yang mudah dengan berbelanja di Farmasi Pintar.

Baca Juga:

Sumber: Retail Management Solutions. 2022. Increase Your Pharmacy Profits with These Simple Strategies

Belanja Obat dan Alat Kesehatan Berkualitas