Skip to main
  • Blog
  • Penyebab Sembelit pada Pekerja Kantoran dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sembelit pada Pekerja Kantoran dan Cara Mengatasinya

Tag: Kesehatan

Apakah Sahabat Pintar yang bekerja di kantor pernah mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB)? Bila ya, sebaiknya ketahui penyebab sembelit yang membuat perut terasa tidak nyaman.

Dilansir dari Healthline, sembelit adalah kondisi yang ditandai ketika tubuh tidak mengalami keinginan atau melakukan buang air besar dalam waktu empat hari berturut-turut.

Kondisi yang juga disebut konstipasi ini merupakan gangguan sistem pencernaan yang sering dialami pekerja kantoran akibat kekurangan cairan dan jarang konsumsi makanan berserat.

Di samping itu, ada beberapa penyebab susah BAB lainnya yang perlu diketahui. Simak hal-hal yang menyebabkan sembelit di kantor sekaligus cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Sembelit di Kantor

Berikut merupakan empat penyebab susah BAB pada pekerja kantoran yang harus diwaspadai.

1. Duduk Terlalu Lama

Sekitar separuh lebih waktu Sahabat Pintar dalam sehari dihabiskan untuk bekerja di kantor.
Bekerja di kantor mengharuskan Sahabat Pintar untuk duduk di depan komputer atau laptop dalam jangka waktu lama dan dilakukan rutin, sekitar lima hari dalam seminggu.

Tanpa disadari hal itu dapat menjadi penyebab sembelit. Gangguan pencernaan ini dapat terjadi karena posisi duduk terlalu lama akan membuat kontraksi otot pencernaan semakin jarang terjadi. Dampaknya, feses yang berada di pencernaan akan lebih lama keluar dan menyebabkan konstipasi.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Sahabat Pintar dapat mengambil waktu istirahat dari duduk. Cobalah untuk berdiri dan bergerak dari kursi kantor setiap 30 menit hingga 1 jam sekali.

Lakukan peregangan atau berjalan-jalan santai di sekitar meja kerja guna memancing kontraksi otot tubuh termasuk pencernaan.

2. Kurang Mengonsumsi Cairan

Tidak dimungkiri, keasyikan bekerja dapat membuat Sahabat Pintar lupa untuk minum air dalam jumlah cukup. Tidak hanya itu, lokasi tempat air minum yang jauh dari meja kerja juga membuat sebagian orang jadi malas bergerak.

Sayangnya, kebiasaan kurang mengonsumsi cairan dapat memicu dehidrasi yang menjadi penyebab sembelit kronis (berlangsung lama).

Perlu diketahui, ketika dehidrasi, usus besar menyerap air dari sisa makanan yang tubuh konsumsi. Dampaknya, makanan yang diolah dalam sistem pencernaan menjadi feses akan menjadi lebih kering. Feses yang kering umumnya lebih sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan susah BAB.

Bagaimana cara mengatasinya? Sahabat Pintar bisa menyediakan botol minum ukuran besar di meja kerja.

Penuhi botol minum tersebut dengan air putih dan konsumsi setiap 30 menit sekali. Orang dewasa diketahui perlu memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 2 liter atau 8 gelas air per hari.

Membawa botol minum kapasitas besar dapat mengatasi rasa malas gerak. Hal ini juga dapat membantu Sahabat Pintar memenuhi kebutuhan cairan selama di kantor.

3. Mengonsumsi Makanan Kurang Serat

Saat bekerja di kantor, kebanyakan dari Sahabat Pintar mungkin akan mengonsumsi makan siang siap saji dengan memesannya lewat aplikasi antar makanan online.

Makanan siap saji umumnya mengandung tinggi lemak dan karbohidrat yang dapat menjadi penyebab sembelit.

Padahal, untuk membantu menyehatkan saluran pencernaan sekaligus mencegah konstipasi, tubuh membutuhkan makanan berserat. Makanan, seperti sayur, buah, dan biji-bijian umumnya mengandung serat tinggi yang dibutuhkan tubuh guna mendukung kerja sistem pencernaan.

Untuk mencegah gangguan pencernaan yang satu ini, Sahabat Pintar bisa memilih lauk sayur saat makan siang. Sahabat pintar juga dapat menyiapkan bekal penuh makanan berserat yang berisi sayur, buah, serta biji-bijian untuk membantu mengatasi susah buang air besar di kantor.

4. Stres Berlebihan

Setiap pekerjaan dapat memicu tekanan emosional yang akhirnya menyebabkan terjadinya stres. Stres merupakan respons yang normal di kehidupan sehari-hari.

Namun, stres dapat dikelola dengan baik supaya tidak menyebabkan masalah kesehatan fisik seperti susah BAB.

Saat stres, metabolisme tubuh berjalan lebih lambat dan menyebabkan makanan dalam tubuh semakin sulit untuk dicerna. Dampaknya, feses di saluran pencernaan akan lebih lama keluar dari tubuh dan menjadi penyebab susah buang air besar.

Dikutip dari Medical News Today, ketika stres, seseorang cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, atau jadi malas berolahraga. Faktor-faktor ini juga dapat menjadi penyebab susah BAB.

Bila demikian, Sahabat Pintar dapat mencoba cari tahu pemicu stres yang juga menjadi penyebab sembelit.

Sembari itu, lakukan hal yang membuat stres perlahan mereda, seperti meditasi, melakukan hobi dan hal yang disukai, atau berolahraga ringan usai pulang kantor. Olahraga diketahui dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmitter endorfin yang menimbulkan perasaan senang.

Itu dia keempat penyebab sembelit atau susah BAB pada pekerja kantoran sekaligus cara untuk mengatasinya.

Apabila gangguan pencernaan ini berlangsung dalam waktu lama, Sahabat Pintar dapat melakukan telekonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dari Klinik Pintar. Dokter dapat mengidentifikasi penyebab dan memberikan obat serta perawatan sembelit yang tepat.

Baca Juga:

Sumber:

  • Healthline. 2022. What You Should Know About Constipation
  • MayoClinic. 2022. Exercise and stress: Get moving to manage stress
  • WebMD. 2022. Dietary Fiber for Constipation
  • WebMD. 2022. How Drinking Fluids Can Help You Manage Constipation

Layanan Terkait

Lihat Semua
Telekonsultasi Spesialis via Video Call

Telekonsultasi Spesialis via Video Call

Mulai dari

Rp 181.000