Skip to main

Daftar Penyakit yang Dapat Sembuh dengan Fisioterapi

Fisioterapi adalah rehabilitasi fisik untuk berbagai penyakit yang dilakukan oleh terapis tersertifikasi. Tujuan dilakukannya perawatan ini adalah untuk meningkatkan mobilitas pasien, memperbaiki gangguan, fungsi dan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik saat mengalami cedera atau cacat.

Bentuk layanan fisioterapi sendiri meliputi program latihan gerakan atas perintah dokter, terapi okupasi, terapi elektroterapi dan masih banyak lagi lainnya. Adapun beberapa penyakit yang bisa dipercepat penyembuhannya melalui terapi fisioterapi antara lain adalah sebagai berikut:

Konsultasikan segera.

Cedera Sendi

Saat melakukan gerakan olahraga yang keliru maupun tidak bisa menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga terjatuh mampu menimbulkan cedera. Berdasarkan Naraya Health, seseorang yang melakukan terapi fisioterapi akan mampu mengurangi rasa sakit pada sendi yang terkilir.

Selain itu terapi ini dapat membantu Anda agar tidak tergantung pada obat penghilang nyeri saja. Saat melakukan terapi, pasien bisa mendapatkan pijatan dan terapi panas atau dingin yang bertujuan menghilangkan nyeri sendi.

Gangguan Fleksibilitas

Thumbnail - Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Fisioterapi 2.jpg

Pasien yang baru pulih dari cedera atau menjalani operasi akan membutuhkan banyak waktu beristirahat. Untuk menjalani aktivitas normalnya, fleksibilitas menjadi tantangan tersendiri.

Tubuh tidak bisa leluasa digerakkan seperti sebelumnya karena timbul rasa sakit dari bekas operasi maupun cedera. Layanan fisioterapi membantu Anda mengatasi masalah fleksibilitas ini. Dengan begitu otot bisa berkoordinasi dengan baik dan mengembalikan kekuatannya.

Inkontinensia Urine

Ketidakmampuan seseorang untuk menahan buang air disebut dengan Inkontinensia Urine. Dalam mengobati kondisi ini Anda tidak perlu menjalani operasi cukup dibantu dengan fisioterapi.

Pasien Inkontinensia Urine yang melakukan terapi ini akan belajar untuk latihan dasar panggul khusus. Selain itu juga diharapkan mampu mengubah gaya hidup buruknya serta direkomendasikan makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan panggul.

Gangguan Neurologis

Neurologis merupakan cabang ilmu kesehatan yang terkait dengan sistem saraf manusia. Perawatan ini mampu membantu pasien dengan gangguan saraf seperti mengalami kelumpuhan akibat penyakit stroke yang dideritanya.

Rutin menjalani perawatan akan mampu mengembalikan kemampuan otot yang lumpuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu terapi ini juga baik dijalani oleh pasien yang menderita penyakit Parkinson dan Multiple Sclerosis.

Gangguan Pernapasan dan Kardiovaskular

Keunggulan dari layanan fisioterapi adalah mengobati gangguan pernapasan dan kardiovaskular. Gangguan pernapasan disini bisa berupa asma yakni peradangan pada saluran pernapasan.

Fisioterapis akan merekomendasikan teknik pernapasan yang tepat untuk mengobati gangguan. Walaupun metode ini cukup efektif namun tidak bisa menjadi pengganti obat dokter.

Selain itu penyakit kardiovaskular seperti masalah jantung dan pembuluh darah dapat diatasi oleh terapi ini. Fisioterapi biasanya dilakukan pada penderita penyakit jantung kronis maupun rehabilitasi usai pasien mengalami serangan jantung.

Vertigo

Vertigo ditandai dengan rasa pusing yang menyebabkan sensasi berputar. Penyebabnya adalah gangguan pada saraf yang menghubungkan telinga. Peran terapi fisioterapi adalah mengurangi gejala dari vertigo.

Terapi ini juga mampu menurunkan kambuhnya vertigo di kemudian hari, pusing berkurang dan meminimalisir durasi episode vertigo bahkan mengatasi kesulitan berjalan akibat penyakit ini.

Kanker

Kanker umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Terapi mendukung pasien kanker dalam mengelola rasa sakit yang dihadapinya. Dengan manajemen rasa sakit ini dengan baik maka bisa pula meningkatkan kualitas hidup seseorang. Penderita kanker bisa mendapatkan kekuatan untuk beraktivitas seperti semula.

Osteoporosis

Dengan bertambahnya umur maka persendian juga otot tubuh akan mulai melemah. Resikonya Anda bisa rentan terkena cedera maupun komplikasi lainnya. Dengan berkonsultasi kepada fisioterapis maka Anda bisa memperoleh saran untuk meningkatkan koordinasi dan gerakan yang mendukung kekuatan otot. Andapun akan mampu menstimulasi pertumbuhan tulang bagi penderita osteoporosis.

Sindrom Carpal Tunnel

Bagi penderita Sindrom Carpal Tunnel, saat tahap awal diagnosis akan disarankan melakukan terapi fisioterapi. Tujuannya adalah agar mengurangi peradangan dan inflamasi pada tubuh.

Dalam terapinya, penderita Sindrom Carpal Tunnel akan memakai pijatan, latihan peregangan hingga kompres es untuk mengurangi nyeri yang dihadapi.

Baca juga:

Menjaga Kesehatan Mental

Seseorang yang mengalami gangguan mental seperti depresi dan lainnya juga disarankan mengikuti terapi ini. Anda yang mengalami demensia bisa pula mengikuti terapi fisioterapi untuk meningkatkan kualitas hidup.

Konsultasikan segera.

Kesehatan Wanita dan lainnya

Wanita yang sedang hamil hingga pasca persalinan tak jarang akan mengalami masalah kewanitaan. Misalnya saja nyeri panggul hingga kanker payudara. Terapi ini akan mampu mencegah penyakit tersebut terjadi serta pasien bisa lebih kuat usai menjalani persalinan.

Bagi Anda yang berminat menjalani fisioterapi bisa langsung ke Klinik Neuro Care. klinik ini menyediakan dokter saraf berpengalaman serta profesional dan fisioterapis tersertifikasi. Kantornya beralamatkan di Jl. Wijaya I no. 1 Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan DKI Jakarta. Klinik buka setiap Senin-Sabtu dan Anda bisa membuat temu janji bahkan registrasi online sebelum menjalani terapi.

Sumber:

Narayana Health. How Can Physiotherapy Help With Recovery?. 23 April 2022

Amankan jadwal Anda di klinik.