Skip to main
  • Blog
  • Tips Meningkatkan Kinerja dan Performa Karyawan di Klinik

Tips Meningkatkan Kinerja dan Performa Karyawan di Klinik

Tag: Klinik

Keberhasilan klinik dalam menjalankan bisnis dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien juga dapat didukung oleh faktor performa karyawan atau staf.

Staf atau karyawan klinik punya peran penting bagi kesuksesan bisnis. Kendati demikian, tidak mudah mendapatkan karyawan dengan kinerja baik.

Namun, pemilik klinik dan manajemen bisa memberikan pelatihan atau tips berikut agar kinerja karyawan maksimal.

Tips Meningkatkan Performa Karyawan Klinik

Berikut adalah tips meningkatkan kinerja karyawan klinik yang bisa Anda terapkan:

1. Pastikan Setiap Karyawan Memahami Tugasnya

Setiap staf di klinik memiliki tugas atau job desk masing-masing. Pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab pekerjaan merupakan hal penting yang harus dimiliki karyawan.

Setidaknya, karyawan tahu perannya dan manfaat yang dapat ia berikan saat mengerjakan tugasnya dengan benar. Pastikan juga karyawan tahu risiko yang akan berdampak pada klinik dan staf lain bila ia tidak mengerjakan tugasnya dengan tepat.

Pemilik atau kepala klinik bisa rutin memberikan briefing masing-masing tugas karyawan sesaat sebelum memulai kerja. Dengan demikian, staf klinik dapat mengingat dan mengetahui tugasnya.

2. Evaluasi

Untuk meningkatkan kinerja dan performa karyawan, manajemen klinik bisa melakukan evaluasi secara berkala. Buatlah metode evaluasi yang sesuai dengan kultur di klinik dan juga tugas karyawan.

Perlu diingat, evaluasi bertujuan menemukan masalah kerja yang hendak diperbaiki. Bila saat evaluasi ditemukan masalah atau kendala, tidak dianjurkan memarahi karyawan secara langsung.

Ketahui terlebih dahulu dasar dari permasalahan atau penyebab karyawan melakukan kesalahan, lalu Anda bisa mengajaknya berdiskusi. Lalu, tawarkan solusi dan jelaskan konsekuensi bila karyawan melakukan hal tersebut.

Dengan demikian, karyawan pun dapat merasa tidak dihakimi di depan umum. Harapan nya, staf dapat merenungi kesalahan dan menghindarinya di lain waktu.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja Nyaman

Kinerja karyawan dapat stabil atau meningkat dengan lingkungan kerja yang nyaman. Kenyamanan tidak hanya diwujudkan dengan minim konflik atau “gesekkan” dari sesama staf.

Kenyamanan juga bisa diwujudkan dengan apresiasi yang diberikan oleh manajemen. Sebagai contoh, bila staf melakukan pekerjaan hingga lembur di klinik, manajemen bisa memberikan bonus atau upah lebih.

Salah satu contoh cara ini dapat membuat staf merasa baik-baik saja saat diminta bekerja di luar jam kerja. Pekerjaan yang dihargai dengan baik akan memberikan rasa nyaman dan meningkatkan performa karyawan.

4. Berikan Training

Tidak dimungkiri, ke depannya klinik membutuhkan keterampilan atau kemampuan baru untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Bila demikian, umumnya perusahaan akan melakukan rekrutmen untuk mencari tenaga kerja dengan keahlian tersebut.

Namun, perusahaan juga memiliki pilihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan klinik dibandingkan merekrut tenaga kerja baru.

Oleh karena itu, klinik dapat memberikan pelatihan atau training secara berkala agar kemampuan dan pengetahuan staf terhadap hal baru dapat up to date.

5. Pakai Aplikasi Klinik untuk Operasional

Terakhir, gunakan sistem digital seperti aplikasi klinik. Sistem operasional yang masih menggunakan pencatatan di buku, berisiko tinggi menyebabkan kertas rusak, double, hilang maupun terselip jadi tinggi.

Menggunakan sistem operasional yang masih manual pun bisa berdampak kepada kinerja karyawan di klinik. Sistem manual dapat memakan waktu lebih lama, membuang biaya lebih besar, dan mengurangi efektivitas karyawan di zaman yang kini sudah menggunakan teknologi.

Beda halnya ketika menggunakan aplikasi klinik. Operasional di kantor dapat dilakukan melalui aplikasi dengan data yang saling terhubung. Singkatnya, karyawan tinggal tap-tap atau klik-klik di aplikasi, data mengenai pasien dan pekerja sudah terekam dan tersimpan dengan baik.

Baca Juga:

Sumber:

  • Ottawa University. 2022. How To Increase Employee Productivity in 2022
  • Medical Packaging. 2022. Ways to Improve Work Performance in Healthcare

Aplikasi Klinik Lengkap, Mudah, dan Gratis