Skip to main

Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa? Ini Hukumnya!

Masih banyak umat Islam yang bertanya-tanya, bolehkah sikat gigi saat puasa Ramadan? Jawaban atas pertanyaan tentang apakah sikat gigi membatalkan puasa memang perlu dicari tahu oleh umat Islam.

Hal ini agar para muslim dapat menjalankan puasa Ramadan dengan lebih nyaman dan terhindar dari perkara yang bisa membatalkan ibadah puasa mereka.

Oleh karena itu, yuk simak bagaimana hukum sikat gigi saat puasa!

Hukum Sikat Gigi saat Puasa

Lantas, bolehkah sikat gigi saat puasa? Hukum sikat gigi saat puasa diperbolehkan, asalkan pasta gigi yang digunakan untuk sikat gigi tidak berlebihan karena khawatir bisa tertelan.

Selain itu, apakah gosok gigi membatalkan puasa, jawabannya adalah tidak. Sebab, busa atau bekas pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi biasanya akan dikeluarkan kembali melalui berkumur.

Namun, apabila ada material yang masuk ke dalam tubuh seperti air, pasta gigi, atau bulu sikat gigi, maka puasanya batal meski dilakukan tanpa sengaja.

Hal ini karena hukum masuknya makanan, minuman, atau sesuatu ke dalam tubuh saat puasa adalah batal.

Batas Waktu Sikat Gigi saat Puasa

Sebagai solusinya, umat Islam perlu memahami batas waktu sikat gigi saat puasa agar ibadahnya terhindar dari hal-hal yang dapat membatalkannya.

Sebaiknya, waktu sikat gigi dilakukan setelah sahur atau sebelum waktu imsak tiba.

Lalu, apakah boleh sikat gigi setelah imsak atau pada siang hari? Sikat gigi saat siang hari seperti ketika sebelum waktu zuhur tiba, tetap diperbolehkan.

Namun disarankan untuk sikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi karena dikhawatirkan akan tertelan dan bisa membatalkan puasa.

Selain itu, janganlah berkumur secara berlebihan setelah menyikat gigi karena mungkin dapat membatalkan puasa.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Puasa

Usai memahami hukum sikat gigi saat puasa, tak ada salahnya juga bagi kamu untuk mencari tahu tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa Ramadan.

1. Menyikat Gigi dengan Benar

Salah satu tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yakni pastikan untuk menyikat gigi dengan benar.

Bersihkanlah gigi dengan gerakan melingkar secara hati-hati. Hindari untuk menggosoknya terlalu keras karena bisa merusak bagian gigi.

Pilih juga sikat gigi dengan bulu yang lembut agar kamu bisa menyikat gigi secara lebih aman dan nyaman.

Selain itu, gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride, ya. Penggunaan pasta gigi berfluoride akan melindungi bagian gigi dari kerusakan dan masalah lainnya.

2. Bersihkan Juga Bagian Lidah

Ketika puasa, kamu mungkin memiliki kekhawatiran akan timbulnya bau mulut karena tidak makan dan minum selama sehari penuh.

Nah, salah satu cara mencegah timbulnya bau mulut yang tidak nyaman dan bisa menurunkan kepercayaan diri, kamu bisa coba membersihkan lidah secara rutin.

Dengan membersihkan lidah, kamu dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut dan penyakit mulut lainnya. Jadi, napas pun menjadi lebih segar dan bebas bau mulut.

Bagian lidah yang bersih juga akan membantu kamu untuk merasakan makanan dan minuman dengan lebih nikmat karena bisa meningkatkan sensitivitas rasa.

3. Menggunakan Dental Floss

Jangan lupa untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa Ramadan, ya.

Hal ini karena dental floss akan membantu kamu untuk menjangkau area-area sekitar gigi yang mungkin tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi biasa.

Jadi, sisa makanan dan kotoran pada sela-sela gigi bisa benar-benar bersih.

Ketika gigi dan mulut bersih, kamu dapat mencegah timbulnya plak dan berbagai penyakit yang menyebabkan kerusakan gigi.

4. Perhatikan Pola Makan

Selain menjaga kebersihan gigi, memerhatikan setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi selama puasa juga penting untuk kesehatan mulut, lho.

Dalam hal ini, kamu sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis pada saat sahur maupun berbuka. Sebab, makanan manis bisa menyebabkan kerusakan pada gigi mulai dari penumpukan plak hingga gigi berlubang.

Tidak hanya makanan manis, kamu juga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman dengan rasa asam yang tinggi.

Makanan asam dapat merusak bagian enamel pada gigi hingga menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Sebaliknya, ganti dengan makanan yang sehat agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Dalam hal ini, kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Sayur dan buah yang dikonsumsi akan menyediakan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, sayur dan buah yang bergizi akan membantu tubuh kamu tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

5. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa selanjutnya yakni cobalah untuk mengonsumsi air putih yang cukup.

Dengan hidrasi yang baik, tubuh bisa menggantikan cairan yang hilang melalui pernapasan, keringat, dan urine. Jadi, kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan bisa berpuasa dengan nyaman.

Hidrasi yang cukup juga akan membantu mulut memproduksi air liur sebagai pertahanan alami tubuh terhadap berbagai potensi kerusakan gigi.

Sama seperti kebutuhan cairan harian seperti biasanya, pastikan kamu tetap mengonsumsi 2 liter air setiap hari di bulan Ramadan, ya.

Demikian penjelasan seputar hukum sikat gigi saat puasa sekaligus tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama Ramadan.

Apabila kamu mengalami gejala tidak nyaman pada gigi atau mulut, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter gigi terdekat.

Kamu bisa menemui dokter gigi di Klinik Muslimedika Tebet by Klinik Pintar atau Klinik Muslimedika Bintaro by Klinik Pintar.

Klinik Muslimedika by Klinik Pintar memiliki fasilitas medis modern yang lengkap dan didukung oleh tenaga ahli profesional di bidangnya.

Dengan kesehatan gigi dan mulut yang prima, kamu pun bisa menjalani ibadah puasa Ramadan dengan lebih nyaman.

Untuk membantumu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa, Klinik Muslimedika Bintaro by Klinik Pintar menghadirkan beragam promo spesial #RamadanWaktunyaSehat.

Apa saja promo serta syarat dan ketentuannya? Yuk simak selengkapnya di Website Klinik Muslimedika Bintaro by Klinik Pintar.

Baca Juga:

Sumber:

Muslim.or.id. Bolehkah Memakai Pasta Gigi Ketika Berpuasa?.

NU Online. Hukum Gosok Gigi di Siang Hari saat Berpuasa.

NU Online. Hukum Berkumur dan Sikat Gigi saat Puasa, Begini Penjelasannya.

Mediclinic. Dental Care during Ramadan.

Drs. Nicolas & Asp. 5 Oral Care Tips While Fasting During Ramadan.

Konsultasikan Masalah Gigi di Klinik