Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi hingga Biayanya

Pernahkah dokter gigimemberitahumu bahwa kamu memerlukan perawatan saluran akar gigi? Jika iya, kamu tidak sendirian. Sebab, tak sedikit masalah gigi yang perlu diselamatkan dengan perawatan saluran akar gigi.

Meski prosedur perawatan saluran akar gigi telah terbukti dapat membantu mengatasi kerusakan pada gigi, dan menyembuhkan infeksi maupun pembusukan pada daerah gigi, sayangnya masih banyak yang takut untuk menjalani proses perawatan saluran akar gigi karena khawatir akan sakit.

Padahal, perawatan saluran akar tidak lebih menyakitkan dibandingkan prosedur gigi biasa, seperti pencabutan gigi bungsu. Sebab, sebelum dilakukan perawatan, dokter akan memberikan anestesi sehingga proses perawatan saluran akar gigi tidak menimbulkan rasa sakit.

Lantas, seperti apa proses perawatan saluran akar gigi dan berapa biayanya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak selengkapnya!

Konsultasikan Masalah Gigimu Segera

Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar gigi atau dalam bahasa medisnya endodontik, adalah suatu prosedur medis yang bertujuan untuk menyelamatkan gigi yang mengalami kerusakan atau infeksi pada jaringan lunak di dalam akar gigi dengan menghilangkan pulpa gigi yang terinfeksi di bagian tengah gigi.

Perawatan saluran akar dirancang untuk menghilangkan bakteri dari saluran akar yang terinfeksi, mencegah infeksi ulang pada gigi dan menyelamatkan gigi asli.

Sebelum memahami perawatan saluran akar gigi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu anatomi gigi. Di dalam gigi, di bawah enamel putih dan lapisan keras yang disebut dentin, terdapat jaringan lunak yang disebut pulpa. Sebuah gigi memiliki hingga 4 saluran yang berisi pulpa gigi.

Pulpa berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan ikat serta membentuk jaringan keras di sekitar gigi. Pulpa memanjang dari mahkota gigi hingga ujung akar dan terhubung dengan jaringan di sekitar akar.

Pulpa memiliki penting selama pertumbuhan dan perkembangan gigi. Sebab, pulpa memberikan nutrisi ke gigi dan juga bertanggung jawab atas sensasi rasa sakit jika gigi mengalami kerusakan.

Perawatan saluran akar diperlukan ketika pulpa mengalami peradangan atau infeksi yang biasanya disebabkan oleh pembusukan yang dalam, prosedur gigi yang berulang-ulang, atau adanya retakan pada gigi.

Jika peradangan atau infeksi pulpa tidak diobati, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit atau menyebabkan abses.

Kapan Harus Melakukan Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar diperlukan bila hasil rontgen gigi menunjukkan bahwa pulpa telah rusak akibat infeksi bakteri. Pulpa bisa meradang jika terinfeksi bakteri, sehingga bakteri bisa berkembang biak dan menyebar.

Konsultasikan Masalah Gigimu Segera

Gejala infeksi pulpa meliputi:

• Nyeri saat makan atau minum makanan dan minuman panas atau dingin
  • Sakit gigi parah yang hingga tidak merespon obat pereda nyeri
  • Sakit gigi parah saat menggigit atau mengunyah
  • Gusi bengkak dan terasa lunak
  • Nanah keluar di sekitar gigi yang terinfeksi
  • Perubahan warna pada gigi atau gigi menjadi lebih gelap
  • Gigi terasa longgar
  • Pipi atau rahang bengkak

Penting untuk segera konsultasi ke dokter gigi terdekat jika kamu mengalami gejala yang telah disebutkan di atas. Jika kamu memiliki gigi yang terinfeksi atau rusak parah, perawatan saluran akar dapat menyelamatkan gigi tersebut.

Perlu diingat bahwa jika gigi terinfeksi, pulpanya tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Tidak segera melakukan perawatan ke dokter gigi atau membiarkan gigi yang terinfeksi di dalam mulut justru dapat memperburuk keadaan.

Proses Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar umumnya memerlukan lebih dari satu kali pertemuan. Berikut langkah-langkah umum dalam proses perawatan saluran akar:

• Dokter gigi akan memeriksa dan mengambil rontgen gigi menggunakan sinar-X, kemudian memberikan anestesi lokal
  • Setelah gigi mati rasa, dokter akan memasang lapisan pelindung kecil yang disebut “dental dam” di area tersebut untuk mengisolasi gigi dan menjaganya tetap bersih dan bebas air liur selama prosedur
  • Dokter gigi endodontik membuat lubang pada mahkota gigi untuk mengakses pulpa gigi yang terinfeksi atau meradang. Kemudian, saluran akar gigi akan dibersihkan menggunakan instrumen khusus untuk menghapus jaringan pulpa yang terinfeksi
  • Setelah saluran akar bersih, dokter gigi akan mengisi saluran tersebut dengan bahan pengisi yang biasanya berupa gutta-percha untuk mencegah bakteri kembali masuk

Setelah proses perawatan saluran akar gigi selesai, dokter gigi akan melakukan pemantauan untuk memastikan kesuksesan perawatan.

Pada beberapa kasus, diperlukan kunjungan lanjutan atau tindakan tambahan, seperti memasang mahkota atau restorasi lain pada gigi untuk melindungi dan mengembalikannya ke fungsi awalnya.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Perawatan Saluran Akar Gigi

Setelah melakukan perawatan saluran akar gigi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan pemulihan setelah perawatan memberikan hasil yang optimal. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah melakukan perawatan saluran akar gigi:

• Hindarilah menggigit atau mengunyah makanan yang keras untuk sementara waktu
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Dokter gigi biasanya akan memberikan petunjuk perawatan setelah perawatan saluran akar. Pastikan kamu mematuhi semua petunjuk dokter dengan baik
  • Jika dokter meresepkan obat penghilang rasa sakit atau antibiotik, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai petunjuk
  • Jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara lembut, menggunakan benang gigi, dan berkumur dengan larutan antiseptik
  • Hentikan kebiasaan merokok yang dapat menghambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi
  • Jadwalkan kunjungan kontrol rutin sesuai dengan petunjuk dokter gigi untuk memantau perkembangan penyembuhan atau apabila kamu mengalami masalah setelah melakukan perawatan saluran akar gigi

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi.jpg

Pada dasarnya, biaya perawatan saluran akar gigi berbeda-beda pada tiap fasyankes, perbedaan harga ini biasanya dilihat dari seberapa kompleks masalahnya dan gigi mana yang terkena.

Konsultasikan Masalah Gigimu Segera

Bagi kamu yang membutuhkan perawatan saluran akar gigi, kamu bisa melakukannya di Klinik Muslimedika by Klinik Pintar. Klinik gigi di Tebet ini memberikan beragam layanan komprehensif, mulai dari pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut rutin, scaling, pencetakan gigi palsu, penambalan gigi, cabut gigi, behel gigi, bedah mulut, dan rontgen gigi, hingga perawatan saluran akar gigi.

Dengan dokter gigi terbaik di Tebet yang berpengalaman dan terampil, klinik ini mampu memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk berbagai masalah gigi dan mulut. Untuk biaya perawatan saluran akar gigi di klinik gigi Tebet ini mulai dari Rp650.000 saja.

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik dari klinik gigi Muslimedika.

American Association of Endodontists. Root Canal.

Health Direct. Root canal treatment.

NHS UK. Root canal treatment.

Cleveland Root Canal.