Skip to main
  • Blog
  • 4 Hal yang Meningkatkan Kepuasan Pasien Berobat di Klinik

4 Hal yang Meningkatkan Kepuasan Pasien Berobat di Klinik

Tag: Klinik

Kepuasan pasien berobat di klinik menjadi prioritas utama bagi setiap penyedia maupun fasilitas pelayanan kesehatan. Faktor kepuasan pelanggan terhadap klinik pastinya berhubungan dengan tujuan ingin lekas pulih dan kembali sehat.

Selain itu, klinik perlu memberikan pelayanan sesuai harapan masyarakat sehingga menimbulkan kepuasan dalam diri pasien. Bila pasien puas dengan pelayanan yang diberikan, niscaya pasien akan mempercayai kualitas layanan sehingga akan kembali berkunjung untuk berobat.

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal penting yang berperan menentukan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan di klinik. Berikut di antaranya.

1. Pelayanan yang Cepat

Kepuasan pelanggan di klinik kesehatan bisa dimulai dari seberapa cepat staf dan tenaga medis memberikan pelayanan kepada pasien. Pasalnya, umum ditemukan bahwa antrean pasien di klinik kerap mengular.

Maka itu, tenaga medis dan staf seharusnya dapat melayani dengan cepat dan salah satu caranya menggunakan sistem operasional di klinik secara digital. Hal ini bisa diupayakan dengan memulai pendaftaran pasien yang dilakukan secara online di website atau aplikasi klinik.

Selain itu, penggunaan aplikasi klinik juga dapat dilakukan untuk menemukan dan menginput data rekam medis pasien serta melakukan sistem pembayaran yang kini umum dilakukan secara nontunai.

Penggunaan sistem digital dapat membuat pelayanan di klinik semakin efisien dan efektif sehingga meningkatkan kepuasan pasien.

2. Pelayanan yang Ramah

Keramahan staf dan tenaga medis turut menjadi hal yang membuat kepuasan pasien meningkat saat berobat di klinik.

Keramahan tersebut dapat diwujudkan dengan komunikasi efektif. Misalnya, dokter yang memeriksa pasien umumnya akan menjelaskan kondisi kesehatan dengan cara berbicara transparan.

Komunikasi efektif ini juga bisa dilakukan adalah dengan mendengar keluhan pasien dengan seksama.

Selain itu, membuat sesi konsultasi dengan tanya jawab singkat, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, atau menggunakan gambar atau video untuk menjelaskan kondisi pasien pun dapat dicoba.

Staf di klinik dan dokter juga dapat menjelaskan informasi kepada pasien dengan nada ramah dan tidak lupa disertai dengan senyuman hangat.

3. Klinik Memiliki Fasilitas Nyaman

Bangunan dan fasilitas yang nyaman merupakan hal penting yang dapat menunjang kepuasan pasien saat berobat di klinik.

Bangunan klinik yang nyaman dan adanya fasilitas memadai menandakan bahwa pelayanan kesehatan di faskes memiliki standar yang baik.

Mulailah memerhatikan kondisi ruangan di klinik. Setidaknya, pastikan klinik seperti memiliki ruang parkir luas, ruangan periksa yang bersih tertata rapi, sejuk, dan memiliki jarak cukup luas untuk bergerak

Dengan demikian, kenyamanan dan kepuasan pasien saat berobat di klinik pun bisa didapatkan.

4. Terhubung dengan BPJS Kesehatan dan Asuransi

Sebagian besar masyarakat sudah terdaftar ke dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan asuransi swasta.

Oleh sebab itu, umumnya masyarakat akan memilih klinik atau fasilitas kesehatan yang terhubung dengan BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta.

Klinik kesehatan dianjurkan memiliki sistem pelayanan yang terintegrasi dengan keduanya. Solusinya, klinik dapat bergabung dengan jaringan atau perusahaan yang menyediakan manfaat kemitraan klinik yang lengkap.

Pada umumnya, kemitraan menawarkan paket keuntungan yang menghubungkan langsung antara aplikasi klinik, PCare BPJS Kesehatan, serta sistem operasional klinik lainnya secara digital.

Nantinya, seluruh data mulai dari rekam medis pasien, rujukan pasien, dan riwayat pengobatannya lainnya dapat tersambung dengan PCare BPJS Kesehatan.

Pastinya hal ini dapat membuat kepuasan pasien meningkat. Tidak hanya itu, kemudahan ini dapat membuat menghemat waktu, tempat, biaya, dan lainnya untuk bisnis klinik sendiri.

Itu dia keempat hal dasar yang dapat meningkatkan kepuasan pasien saat berobat di klinik.

Guna mewujudkan hal tersebut, klinik bisa bergabung menjadi mitra Klinik Pintar. Klinik Pintar merupakan jaringan klinik digital yang berperan sebagai mitra operasional bagi para klinik untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pasien.

Dengan bergabung, klinik dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terstandarisasi, terhubung, dan tepat sasaran sebagai kunci mengatasi berbagai permasalahan industri kesehatan Indonesia.

Baca Juga:

Sumber:

  • Relies. 2022. How to Improve Patient Satisfaction and Experience Scores.
  • Hapusa. 2022. Tips to Improve Patient Satisfaction.
  • Health Catalyst. 2022. The Top Five Recommendations for Improving the Patient Experience.

Mari Bermitra dan Tingkatkan Produktivitas Usaha Klinik Anda