Alami Sakit Kepala Saat Haid? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Selain perut yang terasa nyeri, kebanyakan perempuan juga mengalami sakit kepala saat haid. Sakit kepala ini bisa berkisar dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala berdenyut. Berbagai jenis sakit kepala dapat terjadi saat kamu sedang menstruasi. Salah satu jenisnya adalah sakit kepala tegang.

Tak hanya saat menstruasi, beberapa perempuan juga mengalami sakit kepala bahkan sebelum periode menstruasi di mulai disertai dengan gejala nyeri payudara dan perubahan suasana hati. Kondisi ini sering disebut sebagai sindrom pramenstruasi (PMS). Lantas, kenapa perempuan sakit kepala saat haid dan bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa Perempuan Sakit Kepala Saat Haid?

Thumbnail-2Thumbnail-2---.png

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit kepala, namun sebagian besar sakit kepala yang berhubungan dengan menstruasi disebabkan oleh perubahan kadar estrogen dan progesteron.

Kadar estrogen biasanya akan meningkat di tengah siklus menstruasi. Hal ini mendorong pelepasan sel telur. Sedangkan progesteron adalah hormon penting yang mempersiapkan tubuh untuk melalui masa kehamilan.

Setelah ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium), kadar hormon menurun. Kadar estrogen dan progesteron berada pada titik terendah tepat sebelum menstruasi. Penurunan inilah yang yang menjadi alasan kenapa perempuan sakit kepala saat haid.

Tak hanya itu, penyempitan pembuluh darah yang terjadi pada beberapa perempuan ketika kadar estrogennya rendah juga dapat memicu sakit kepala saat menstruasi.

Faktor potensial lainnya yang dapat menyebabkan sakit kepala saat menstruasi, yaitu dehidrasi, kehilangan darah (terutama jika kamu menderita anemia), dan kurang tidur.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid

dr. Laresi Indah, Sp. N, Dokter Spesialis Neurologi dari Klinik Saraf Neuro Care by Klinik Pintar menjelaskan bahwa cara mengatasi sakit kepala saat haid secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu terapi farmakologi (obat-obatan) dan non farmakologi. Adapun cara mengatasi sakit kepala dengan metode non farmakologis yaitu dengan:

• Menjaga nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari yaitu gizi yang seimbang dan jam makan yang teratur (sebaiknya tidak makan besar lagi di atas pukul 18.00)
  • Tidur yang cukup 6-8 jam sehari
  • Melakukan exercise secara rutin
  • Minum air putih 2L per hari
  • Menghindari stress

Selain itu, dr. Laresi juga menyarankan agar semua pasien dengan nyeri kepala memiliki headache diary yang diberikan dokter dengan tujuan untuk memantau atau mengevaluasi pengobatan nyeri kepala yang dialami pasien.