Skip to main

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Pernahkah kamu mengalami kesemutan? Ya, kesemutan memang menjadi salah satu keluhan umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Meski biasanya hanya berlangsung sebentar, namun tetap saja kesemutan di kaki atau tangan rasanya tidak nyaman.

Kesemutan yang biasanya berlangsung sebentar mungkin bukanlah masalah yang serius. Pasalnya, kesemutan yang bersifat sementara umumnya terjadi karena duduk atau tidur dalam posisi yang kurang baik sehingga saraf menjadi tertekan dan menyebabkan sensasi kesemutan di kaki atau tangan.

Namun, kamu perlu berhati-hati apabila kesemutan yang kamu alami cenderung menyakitkan dan berlangsung secara terus menerus. Sebab, bisa jadi kesemutan yang kamu alami di tangan atau kaki menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang serius dan memelukan pengobatan yang tepat.

Bagi kamu yang sering mengalami telapak tangan kesemutan, yuk cari tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab tangan kesemutan dan bagaimana cara mengatasinya.

Konsultasikan segera.

Penyebab Tangan Kesemutan

Thumbnail 2 - Penyebab Tangan Sering Kesemutan.jpg

Penyebab umum dari masalah kesemutan pada tangan yaitu karena aliran darah yang terbatas ke area tangan. Hal ini dapat terjadi ketika kamu tidur dalam posisi yang tidak nyaman sehingga menekan saraf di tangan.

Di balik karena aliran darah yang terbatas, ada penyebab tangan kesemutan lainnya, seperti:

1. Saraf Kejepit

Tak hanya di punggung, saraf kejepit juga bisa menyerang anggota tubuh lain seperti tangan dan kaki. Salah satu jenis penyakit saraf terjepit di pergelangan tangan adalah Carpal Tunnel Syndrome, yang mana kondisi ini lebih banyak memengaruhi orang dewasa.

Selain menimbulkan gejala kesemutan, saraf kejepit juga ditandai dengan sensati melemahnya otot pada anggota tubuh terkait.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Pengobatan Saraf Kejepit

2. Neuropati Diabetik

Neuropati terjadi akibat kerusakan saraf. Meskipun ada banyak jenis neuropati, neuropati neuropati diabetik menjadi salah satu gangguan saraf yang paling sering memengaruhi tangan dan kaki.

Pada neuropati diabetik, kerusakan saraf terjadi akibat gula darah yang tinggi dalam aliran darah. Selain merusak saraf, hal itu juga dapat merusak pembuluh darah yang mensuplai saraf. Ketika saraf tidak menerima cukup oksigen, fungsi saraf pun berangsur-angsur menurun.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome adalah kondisi umum yang terjadi ketika saraf median tertekan saat bergerak melalui pergelangan tangan. CTS dapat terjadi karena cedera, gerakan berulang, atau kondisi peradangan.

Gejala yang dialami penderita carpal tunnel syndrome pun tak hanya kesemutan saja, melainkan juga merasakan mati rasa pada jarinya, kecuali jari kelingking dan sebagian jari manis.

4. Radang Sendi

Telapak tangan kesemutan juga bisa disebabkan oleh rheumatoid arthritis, yaitu suatu kondisi autoimun yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada persendian. Tak hanya sering terjadi di pergelangan tangan dan tangan, gejala rheumatoid arthritis juga dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya, termasuk pergelangan kaki dan kaki.

Peradangan dari kondisi tersebut dapat memberi tekanan pada saraf hingga menyebabkan kesemutan.

5. Kecemasan

Bagi kamu yang masih bertanya tangan kesemutan karena apa? Ya, salah satu penyebab tangan kesemutan bisa jadi karena kamu sedang mengalami kecemasan. Pasalnya, orang yang mengalami kecemasan dapat mengalami hiperventilasi, di mana kondisi ini dapat menyebabkan kesemutan. Selain kesemutan, salah satu tanda kamu sedang mengalami hiperventilasi biasanya berupa napas yang sangat cepat.

Faktor Risiko Tangan Sering Kesemutan

dr. Laresi, Sp. N, dokter spesialis saraf dari Klinik Saraf Neuro Care menjelaskan bahwa Kesemutan merupakan gejala yang ditimbulkan karena adanya gangguan pada saraf, khususnya saraf sensoris (peraba).

Risiko kesemutan di tangan dapat meningkat pada kondisi-kondisi tertentu seperti adanya penyakit diabates (kencing manis) yang tidak terkontrol, kekurangan vitamin khususnya B12, atau penggunaan otot leher, bahu, dan tangan yang berlebihan dan terus menerus.

Konsultasikan segera.

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan

Sebelum mengetahui cara mengatasi tangan kesemutan, dr. Laresi merekomendasikan agar kamu melakukan konsultasi ke dokter spesialis saraf terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebabnya.

Namun, beberapa cara mengatasi kesemutan yang bisa dilakukan sebelum konsultasi dengan dokter saraf adalah dengan cara mengistirahatkan tangan, mengurangi kegiatan yang membutuhkan kerja otot yang berat (mengangkat benda berat) atau monoton dan berulang. Selain itu, Sahabat Pintar juga bisa melakukan senam relaksasi otot tangan dan leher.

Apabila kamu telah melakukan cara mengatasi kesemutan seperti yang dijelaskan oleh dr. Laresi , namun kondisi tangan kesemutan tak kunjung membaik sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter saraf.

Selain itu, kamu juga perlu segera mencari perawatan medis, apabila mengalami kondisi berikut:

  • Bila kesemutan disertai dengan kelemahan otot yang mendadak atau perlahan
  • Bila kesemutan muncul segera setelah terjadi cedera di area kepala, leher atau punggung
  • Kondisi kesemutan tidak kunjung membaik meski telah minum obat lebih dari 3 hari

Semakin dini kita memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendeteksi penyebab dan gejala kesemutan, maka akan semakin baik untuk mencegah terjadinya kondisi kesehatan yang lebih serius. Yuk jangan tunda untuk lakukan konsultasi ke dokter saraf!

Sumber:

Medical News Today. Tingling in Feet or Hands. 5 Januari 2023.

Verywell Health. Tingling in Hands. 21 April 2023.

Healthline. Tingling in Hands and Feet. 3 Februari 2023.

KHealth. Symptom Tingling in Hands.

Amankan jadwal Anda di Klinik.