Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya

Sampai saat ini, sakit kepala masih menjadi salah satu keluhan umum yang hampir dialami oleh setiap orang. Meski begitu, gejala sakit kepala yang dialami bisa berbeda-beda. Salah satu di antaranya yaitu sakit kepala sebelah yang bisa terjadi di sisi kiri maupun kanan kepala.

Saat kamu mengalami sakit kepala sebelah, rasa sakitnya bisa datang perlahan atau tiba-tiba dan mungkin terasa tajam atau tumpul dan berdenyut.

Dalam beberapa kasus, sakit kepala menjalar ke leher, gigi, atau di belakang mata. Lantas, apa penyebab sakit kepala sebelah?

Penyebab Sakit Kepala Sebelah

dr. Laresi Indah, Sp. S, Dokter Spesialis Saraf dari Klinik Neuro Care by Klinik Pintar menjelaskan bahwa sakit kepala sebelah umumnya masuk ke dalam gejala nyeri kepala primer tipe migrain. Pengertian dari kata primer adalah tidak ditemukannya adanya gangguan/penyakit yang mendasari munculnya gejala nyeri kepala tersebut.

Sedangkan bila nyeri kepala tersebut dikarenakan adanya proses suatu penyakit yang mendasari, maka disebut sebagai nyeri kepala sekunder. Adapun beberapa penyebab nyeri kepala sekunder yaitu tumor atau kanker otak, infeksi otak, gangguan pembuluh darah otak, autoimun, atau akibat cedera/trauma otak.

Agar kamu bisa mengatasi rasa sakit kepala dengan tepat, penting untuk mengetahui penyebab pasti sakit kepala yang kamu alami beserta ciri-ciri. Berikut beberapa penyebab sakit kepala sebelah.

1. Migrain

body image - Sering Alami Migrain_ Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya.jpg

Migrain adalah sakit kepala yang dirasakan pada satu sisi kepala. Artinya bisa sakit kepala sebelah kiri atau kanan. Saat seseorang mengalami migrain, gejalanya dapat melemahkan dan meliputi:

• Nyeri luar biasa di sisi kiri (atau kanan) kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Sensitivitas terhadap suara (fonofobia)
  • Sensitivitas terhadap cahaya (fotofobia)
  • Sensitivitas terhadap bau

Umumnya sakit kepala migrain dapat memburuk saat kamu melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau naik tangga. Sakit kepala ini bisa muncul dengan gejala lain seperti penglihatan kabur dan adanya kilatan cahaya, yang bisa terjadi sebelum atau selama sakit kepala.

Baca Juga: Sering Alami Migrain? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Stroke

Stroke juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah, yang berarti sakit kepala bisa di sebelah kiri atau kanan. Namun, sakit kepala akibat stroke sering kali dikaitkan dengan penglihatan ganda, kelemahan pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, dan gejala neurologis lainnya.

Stroke terjadi ketika ada sesuatu yang menghalangi suplai darah ke bagian otak atau ketika pembuluh darah di otak pecah. Hal ini menyebabkan darah menggenang di area sekitar sel otak, sehingga memutus suplai oksigen. Stroke adalah keadaan darurat medis. Jika kamu mengalami tanda-tanda stroke atau melihatnya pada orang lain, segera lakukan konsultasi ke dokter saraf.

Ada sejumlah gejala stroke yang biasanya terjadi mendadak dan kamu dapat mengenali gejala ini dengan mudah menggunakan slogan SeGeRa Ke RS, yang berarti:

• Se (Senyum tidak simetris atau tampak mulut mencong ke salah satu sisi, tersedak, sulit menelan air minum)
  • Ge (Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba)
  • Ra (Bicara pelo/tiba-tiba tidak dapat bicara/tidak dapat mengerti kata-kata/bicara tidak nyambung)
  • Ke (Kebas atau baal, atau kesemutan separuh tubuh)
  • R (Rabun, pandangan satu mata kabur, terjadi tiba-tiba)
  • S (Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya, gangguan keseimbangan seperti terasa berputar, dan gerakan sulit dikoordinasi)

3. Arteritis Temporal

Arteritis temporal adalah kondisi di mana adanya peradangan pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah di sisi kiri kepala terkena, hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala sebelah kiri, kehilangan penglihatan sementara, dan kesulitan mengunyah.

Rasa sakit ini cenderung memburuk saat palpasi, sehingga membuat tugas-tugas umum seperti menyisir rambut atau tidur miring menjadi lebih sulit. Selain sakit kepala, gejala lainnya mungkin termasuk demam dan rasa tidak enak badan secara umum.

4. Tumor atau Kanker Otak

Tumor atau kanker otak adalah salah satu penyebab utama sakit kepala sebelah yang serius. Tumor otak dapat menekan saraf-saraf di area tertentu dan menyebabkan rasa sakit pada satu sisi kepala. Tumor yang berkembang dapat menstimulasi saraf-saraf yang memicu rasa sakit.

Selain sakit kepala, gejala lain mungkin termasuk mual, muntah, kejang, atau perubahan perilaku. Penting untuk diingat bahwa tidak semua sakit kepala sebelah disebabkan oleh tumor, tetapi jika gejala-gejala ini muncul, segera konsultasi ke dokter saraf untuk mengetahui sakit kepala sebelah yang kamu alami.

5. Infeksi Otak

Infeksi otak, seperti meningitis juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Meningitis adalah peradangan selaput otak yang dapat menyebabkan sakit kepala yang hebat, terutama pada satu sisi kepala, baik itu sakit kepala sebelah kiri atau kanan.

Tak hanya meningitis, infeksi otak lainnya seperti ensefalitis juga dapat memicu gejala serupa. Infeksi otak umumnya disertai dengan gejala tambahan seperti demam tinggi, kelelahan, dan gangguan kesadaran. Penanganan segera oleh dokter saraf diperlukan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

6. Gangguan Saraf

Sakit kepala sebelah juga bisa muncul akibat kerusakan saraf pada tulang belakang, leher, dan kepala. Hal ini biasanya terjadi pada kasus neuralgia oksipital, arteritis sel raksasa , dan neuralgia trigeminal.

- Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital adalah jenis sakit kepala langka dan melemahkan yang umumnya menyerang satu sisi kepala. Disebabkan oleh kompresi saraf, sehingga menimbulkan nyeri yang sangat tajam, berdenyut, seperti syok di leher, belakang telinga, atau belakang kepala. Nyeri ini cenderung timbul di bagian leher, sebelum berpindah ke kulit kepala dan di belakang mata.

- Arteritis Sel Raksasa

Arteritis sel raksasa adalah peradangan pada arteri temporal yang terjadi sisi dahi dan dapat menyebabkan sakit kepala sisi kiri (atau unilateral). Tak hanya menyebabkan sakit kepala, arteritis sel raksasa juga dapat menyebabkan nyeri rahang , kehilangan penglihatan, demam, kelelahan, dan gejala lainnya.

- Neuralgia Trigeminal

Neuralgia trigeminal adalah kondisi nyeri kronis yang terjadi karena kerusakan pada saraf trigeminal, saraf besar bercabang tiga yang berada di kepala.

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh kompresi pembuluh darah, multiple sclerosis, stroke atau trauma kepala, dan kondisi lainnya. Pada trigeminal neuralgia, nyeri sakit kepala dapat berkisar dari tiba-tiba dan menusuk hingga nyeri dan rasa terbakar yang lebih terus menerus.

Faktor Gaya Hidup

Sakit kepala sebelah juga bisa terjadi karena faktor gaya hidup. Dengan memahami faktor-faktor ini, kamu jadi bisa mengetahui cara untuk mencegah dan meminimalkan dampak dari penyebab sakit kepala yang kamu alami. Adapun faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala antara lain:

• Melewatkan waktu makan. Bagi penderita migrain, makanan dan minuman tertentu bisa memicu serangan
  • Jadwal tidur yang tidak konsisten bisa menjadi penyebab sakit kepala belakang sebelah kiri
  • Stres dan ketegangan adalah pemicu migrain, yang mana migrain ini bisa terjadi di salah satu sisi kepala, baik kiri maupun kanan
  • Meskipun olahraga teratur membantu mencegah sakit kepala, memaksakan diri secara berlebihan dapat menyebabkan serangan sakit kepala

Konsultasikan Segera

Menurut dr. Laresi, selain mengonsumsi obat, jika seseorang telah didiagnosis oleh dokter saraf terkena sakit kepala tipe migrain, maka dapat dicegah dengan menghindari pemicu timbulnya migrain itu sendiri, seperti:

• Menjaga nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari yaitu gizi yang seimbang dan jam makan yang teratur (sebaiknya tidak makan besar lagi di atas pukul 18.00)
  • Tidur yang cukup 6-8 jam sehari
  • Melakukan exercise secara rutin
  • Minum 2 liter air putih per hari
  • Hindari stres

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat headache diary untuk memantau sakit kepala yang kamu alami. Apabila cara meredakan sakit kepala di rumah telah kamu lakukan, namun sakit kepala tak kunjung sembuh, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter saraf untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sumber Referensi:

Verywell Health. Why Do I Have a Headache on the Left Side of My Head?. 30 April 2023.

Tua Saude. Headache on the Left Side of Head: 7 Causes (& What to Do). Juli 2023.

National Headache Institute. Why Do I Have a Headache on the Left Side of My Head?. 15 Juni 2018.